Sponsors Link

Fungsi ISO pada Kamera Hp yang Wajib Anda Ketahui

Sponsors Link

Sobat semua tentunya sudah akrab dengan dunia fotografi ya sobat, pasalnya dewasa ini pemasaran smartphone sudah menjamur di seluruh dunia.  Bahkan kaum awam tentang fotografi pun sudah tidak asing lagi dengan dunia fotografi ini, anda juga tentunya ya sobat?

ads

Seiring perkembangan smartphone yag dilengkapi dengan fitur kamera yang canggih, tidak jarang diantara kita yang kecanduan untuk melakukan photo sendiri atau bahasa kerennya disebut “ selfie” ya sobat, termasuk saya sendiri. Bagaimana dengan anda sobat? Saya rasa tidak jauh berbeda ya. Baca juga mengenai penyebab kamera hp tidak bisa fokus.

Seiring perkembangan dari smartphone yang dilengkapi dengan kamera yang canggih tersebut, membuat kreativitas para penggunanya juga bertambah dalam melakukan pengaturan – pengaturan dalam mengambil photo.

Pengertian ISO Pada Kamera Hp

Salah satu fitur kamera yang dimiliki oleh kamera android atau smartphone adalah ISO. ISO merupakan salah satu dari segitiga exsposure dalam fotografi, atau dengan kata lain ISO ini adalah salah satu elemen penting yang adlaa dalam perangkat kamera smartphone anda, yang berfungsi untuk menghasilkan gambar atau foto yang lebih bagus dengan hasil yang lebih tajam.

Bagi sobat semua yang memang selama ini hanya menggunakan kamera smartphe tanpa mengetahui perangkatapa dan fungsinya apa, ada baiknya sobat semua simak ulasan berikut ini ya sobat, agar selaiin bisa menggunakan kamera pada smartphone anda, anda juga mengerti akan perangkat yang terdapat dalam kamera tersebut. Yuk kita simak ulasan ini sobat. Baca juga mengenai kaca kamera hp retak.

Fungsi ISO pada Kamera Hp

Adapun fungsi ISO pada kamera hp anda adalah salah satu fitur yang ada pada kamera yang berfungsi untuk meningkatkan sensifitas sensor kamera terhadap cahaya. Bagi para pecinta dunia fotografi, ISO merupakan salah satu hal penting karena akan sangat mempengaruhi hasil gambar yang sudah diambil.

Dalam dunia fotografi, ISO masuk ke dalam segitiga exsposure selain aperture dan juga shutter speed. Semakin besar ISO yang digunakan, maka akan semakin besar dan sensitive terhadap cahaya yang didapatkan. Bagiamana sobat menarik kan ulasan ini? Baca juga mengenai cara memotret yang baik dengan kamera handphone.

Meskipun smartphone kita sudah dilengkapi dengan kamera ISO, namun tidak jarang diantara kita yang maish bingung atau tidak begitu paham dalam mengatur kamera pada ponsel pintar kita agar bisa menghasilkan gambar yang lebih tajam dan lebih sempurna.

Cara Mengatur Kamera ISO pada Hp

Selain pengertian ISO dan fungsi ISO pada kamera hp, pada kesempatan kali ini penulis juga akan membagikan informasi pada sobat semua tentang cara mengatur kamera ISO pada ponsel pintar anda agar gambar yang anda inginkan lebih sempurna dan memaksimalkan fungsi iso pada kamera hp. Berikut langkah untuk mengatur kamera ISO.

  • Settinglah kamera anda dalam posisi high. Settinglah posisi foto anda dalam posisi yang paling tinggi, agar foto yang akan anda ambil beresolusi yang tinggi juga. Jika foto resolusi kecil, nantinya apabila dilihat dilayar komputer apalagi dengan posisi di “zoom” dan apalagi dicetak dengan ukuran yang besar, biasanya hasilnya akan pecah. Untuk itu pastikan anda setting terlebh dahulu ke posisi paling high agar foto ayng anda ambil hasilnya sesuai dengan harapan anda.
  • Gunakan LOW ISO. Dengan menggunakan LOW ISO, maka hasil foto yang akan dapat akan lebh jernih dan tajam. Tetapi sobat semua menggunakan LOW ISO ini pada kondisi cuaca yang cukup terang, agar hasilnya lebih maksimal.
  • Hindari shake atau guncangan. Biasanya memotret diluar ruangan, akan sangat rentan dengan guncangan. Untuk itu, disarankan pada saat akan memotret tunggulah beberapa detik, hingga kondisi smartphone anda benar – benar sudah merekam gambar dengan sempurna, barulah anda melakukan “ take a picture” .
Sponsors Link

  • Atur jarak pengambilan foto. Apabila anda ingin memotret dengan jarak dekat menggunakan kamera ponsel anda, sebaiknya aturlah jarak obyek yang akan ambil sekitar 1 meter dari jarak anda. Sebaiknya hindari memotret dengan melakukan “ zoom “, karena akan memperburuk kualitas gambarnya.
  • Atur sudut (angle) pengambilan gambar. Pengaturan angle dan komposisi yang menarik akan menambha dimensi dan keindahan fotonya. Jangan sungkan untuk membidik low angle dan dekat dengan tanah untuk mendapatkan sudut pandang yang dramatis ya sobat.

Tips Memilih Hp Dengan ISO

Selain pengaturan pengambilan foto dengan menggunakan kamera ISO, penulis juga akan membagikan tips bagi sobat semua tentang cara memilih HP dengan kamera ISO. Yuk sobat kita simak bersama, agar anda tidak salah pilih nantinya.

  • Resolusi Gambar atau Megapixel

Resolusi gambar merupakan hal terpenting yang harus anda perhatikan ketika memutuskan ingin membeli ponsel dengan kamera ISO. Semakin banyak pixel sebuah gambar, semakin banyak detail yang bisa ditangkap oleh kamera ponsel anda nantinya. Baca juga mengenai cara mengetahui megapixel kamera hp.

  • Lensa

Pada umumnya lensa yang terpasang pada kamera ponsel anda bersifat fix lebar, dan tidak bisa di zoom secara optik. Point penting yang harus anda perhatikan adalah nilai “ f” atau nilai bukaanya.  Semakin kecil angkanya, berarti kualitasnya semakin bagus. Baca juga mengenai aperture kamera hp.

  • Stabilization

Fitur stabilization pada kamera ponsel anda merupakan hal yang sanagt penting keberadaanya. Pasalnya fitur ini akan berperan penting pada saat memotret atau merekam video di kondisi low high. Jika [ponsel anda tidak dilengkapi dengan stabilization ini, hasil potretan atau rekaman anda hasilnya tidak akan bagus dan bisa saja nge blur atau shake.

Sponsors Link

  • Manual Expure Control

Fitur ini merupakan fitur kamera yang memungkikan kita untuk mengganti setting aperture, shutter speed dan ISO secara manual tentunya lebih menyenangkan, karena akan membuka peluang untuk memotret lebih kreatif.

  • Kapasitas Baterai

Memang baterai tidak berhubungan langsung dengan kamera pada ponsel anda, tetapi kapasitas baterai juga akan berpengaruh terhadap jumlah foto atau gambar yang akan anda ambil nantinya, tanpa harus men charge lebih banyak juga.

  • Kapasitas SD Card

Kapasita SD Card juga merupakan hal penting yang harus anda perhatikan ya sobat, pasalnya apabila anda merekan video atau mengambil gambar dengan resolusi yang besar maka tentunya akan memakan space yang banyak juga di memori anda. Untuk itu pastikan SD card anda berkapasitas yang banyak ya sobat.

Itulah beberapa informasi yang penulis bagikan pada kesempatan kali ini mengenai fungsi ISO pada kamera hp, semoga bermanfaat bagi sobat semua. Sampai jumpa dilain kesempatan dan terima kasih sudah menyempatkan waktunya untuk membaca artikel kali ini ya sobat semua.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi