Sponsors Link

Ini Syarat Minimum Spek HP untuk Main PUBG Mobile di Android

Sponsors Link

Dunia gaming saat ini sudah sangat pesat kemajuannya. Jika di era awal 2000 an lalu Play Station sukses menjadi perangkat gaming yang dicintai oleh hampir seluruh orang di dunia, kini di era millenial yang serba digital, anda tidak perlu lagi repot-repot menggunakan Play Station jika ingin memainkan video game karena video-video game yang adiktif untuk dimainkan tersebut bisa anda rasakan hanya lewat smartphone atau hp pintar saja. Menarik bukan?

Video game yang bisa dimainkan di hp pintar bukan hal baru lagi di dunia perponselan dunia. Jauh sebelum hp pintar dengan sistem operasi yang menjadi otak dibalik kecanggihan hp-hp pintar saat ini hadir di pasaran, jika kita mundur beberapa tahun ke belakang, maka mungkin anda masih ingat betul bagaimana Nokia yang notabene pernah menjadi brand kelas wahid sukses menciptakan hp gaming yang mereka beri nama Nokia N Gage. Cukup familiar? Tentu saja. Nokia N Gage merupakan salah satu hp Nokia yang paling ikonik.

Kini, di era dimana hp android merajalela dengan mudahnya di pasaran, anda dapat dengan mudah menemukan hp khusus gaming yang tidak hanya terpaku pada satu brand atau vendor saja. Vendor-vendor kenamaan seperti Asus atau Xiaomi punya jagoan hp gaming besutan mereka yang menggiurkan untuk dipinang. Contohnya adalah Xiaomi Black Shark.

Hp android khusus gaming tentu punya spesifikasi wah yang mampu menyokong aktivitas penggunanya yang kerap bermain game lewat hp android mereka sehingga tak heran jika hp seperti ini dibanderol dengan harga yang terbilang mahal. Lantas, bagaimana dengan hp android lainnya yang hadir tanpa embel-embel khusus gaming. Mampukah hp tersebut mendukung aktivitas penggunanya dalam bermain video game?

Berbicara tentang video game atau game mobile sendiri, saat ini ada dua game mobile yang sangat digilai oleh para pengguna hp pintar. Ya, siapa lagi kalau bukan Mobile Legend dan PUBG. Dua game mobile ini berjenis real time player dimana anda bisa bermain dengan siapa pun baik itu teman-teman anda atau stranger secara bersama-sama. Hadirnya fitur voice chat memungkinkan anda untuk berkomunikasi secara langsung antar pemain. Sungguh menarik bukan?

Meski menarik dan mampu membuat orang-orang menjadi candu, sayangnya Mobile Legend dan PUBG tergolong sebagai game berat. Terlebih game PUBG punya grafis yang sangat halus sehingga akan cukup memakan baterai dan RAM. Hal ini lah yang kemudian membuat dilema para calon konsumen yang menyukai PUBG akan hp android mana kah yang speknya cocok untuk PUBG. Jika anda berada pada situasi ini, jangan cemas karena kami akan memberikan beberapa penjelasan mengenai spek hp untuk main PUBG mobile yang pastinya bermanfaat untuk anda simak. Ini dia penjelasan tentang spesifikasi seperti apa yang harus ada di hp android untuk memainkan PUBG.

Sistem Operasi

Sistem operasi yang ada di hp android tentunya punya peran penting terhadap bisa tidaknya anda memainkan game PUBG di hp android tersebut. Nah, jika anda mau memainkan PUBG di hp android, pilih lah hp android yang sudah menyematkan minimal Android Nougat di dalamnya. Nougat sendiri merupakan versi android yang bisa dibilang tidak terlalu jadul sehingga mampu menyokong game PUBG. Contoh hp android yang sudah menyematkan Nougat adalah Asus Zenfone Max Pro M1.

Chipset dan Prosesor

Salah satu komponen penting yang ada tiap hp android adalah chipset dan prosesornya. Jika dua kompenen ini absen di hp android, maka mustahil bagi anda untuk memainkan game ringan sekalipun. Chipset yang baik adalah chipset yang mampu membuat kinerja hp anda jauh dari kata lemot. Spesifikasi chipset mininum yang harus ada di hp android jika anda mau memainkan PUBG adalah chipset Snapdragon 625, 632, 636, atau yang lebih tinggi lagi. Semakin tinggi jenis chipset Snapdragon yang digunakan, maka pengalaman anda saat memainkan PUBG akan terasa kian maksimal. Tenang saja, chipset Snapdragon 625 saat ini sudah banyak digunakan di hp android mid-end. Contohnya adalah hp-hp android keluaran Xiaomi.

Kapasitas RAM

Apalah arti chipset keren seperti Snapdragon, Exynos, ataupun Mediatek jika tidak disokong dengan kapasitas RAM yang mumpuni. Chipste dan RAM sendiri merupakan dua kesatuan yang tidak bisa dipisahkan di tiap-tiap hp android. RAM ada banyak variannya. Mulai dari RAM berukuran 2 GB hingga 8 GB. Nah, untuk memainkan PUBG, hp android anda setidaknya harus punya RAM sebesar 3 GB untuk menopang game PUBG yang tergolong game berat. RAM 3 GB ini juga harus didukung oleh chipset dan prosesor yang baik juga.

Fitur Lain

Spek hp untuk main PUBG mobile tidak hanya terpaku pada sistem operasi, chipset dan prosesor, maupun kapasitas RAM saja karena nyatanya, spesifikasi lainnya juga punya pengaruh besar bisa tidaknya anda memainkan game PUBG di hp android anda. Contohnya adalah kapasitas memori penyimpanan.

Setelah memastikan chipset dan kapasitas RAM anda sudah mumpuni untuk memainkan PUBG, anda tidak boleh melewatkan besarnya kapasitas memori penyimpanan di hp android anda. Pastikan hp android anda minimal sudah punya memori penyimpanan sebesar 32 GB karena game berat seperti PUBG akan menguras banyak ruang penyimpan di hp.

Setelah kapasitas memori penyimpanan, anda juga harus perhatikan besarnya kapasitas baterai. Baterai dengan kapasitas 4000 mAh sangat direkomendasikan bagi anda yang ingin memainkan game PUBG karena baterai dengan kapasitas sebesar ini mampu menopang beratnya game PUBG yang juga memakan banyak daya baterai. Pilih lah hp android dengan kapasitas baterai besar seperti Samsung Galaxy M20.

Sebenarnya tidak sulit menemukan hp android yang cocok untuk bermain PUBG karena spesifikasi mininum untuk memainkan game berat sekelas PUBG sudah tersemat di hp-hp android masa kini mulai dari hp android mid-end hingga high-end atau flagship. Tinggal disesuaikan saja dengan budget yang anda miliki. Demikian artikel mengenai spek hp untuk main PUBG mobile ini kami sajikan untuk anda. Semoga apa yang kami sajikan bermanfaat.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi