Sponsors Link

5 Cara Kalibrasi Proximity Sensor Asus dengan Mudah

Sponsors Link

Saat melakukan panggilan telepon menggunakan ponsel android,  layar android akan otomatis mati, itu disebabkan adanya sensor proximity yang secara umum dapat mencegah aktivitas yang mungkin akan mengganggu pada saat melakukan panggilan telepon.

ads

Pada setiap android seduah semestinya memiliki sensor proximity ini, namun tak jarang sensor proximity pada android mengalami kerusakan. Salah satu cara untuk mengatasi kerusakan atau lag pada sensor proximity ini adalah dengan melakukan kalibrasi ulang pada sensor tersebut, salah satu merk android yang memiliki banyak seri adalah ASUS ZENFONE, jika ingin melakukan kalibrasi pada asus zenfone haruslah berhati-hati, karena cara melakukan kalibrasi pada android asus tidaklah sama antara seri asus zenfone yang satu dengan seri asus zenfone yang lainnya.

Berikut adalah cara kalibrasi proximity sensor asus:

1. Sensor Multitool

Cara pertama yang bisa dicoba untuk melakukan kalibrasi sensor proximity android asus adalah dengan menggunakan aplikasi yang dapat di download melalui google Play Store, aplikasi kalibrasi yang pertama adalah sensor multitool, dengan bantuan aplikasi ini para baik pengguna asus maupun android lainnya dapat melakukan kalibrasi, mengingat cara yang berbeda-beda untuk bisa melakukan kalibrasi pada setiap seri asus zenfone, maka tak heran jika pengguna android asus banyak yang menggunakan bantuan aplikasi untuk melakukan kalibrasi sensor proximity yang rusak.

Aplikasi sensor multitool dapat digunakan untuk melakukan kalibrasi pada semua sensor yang terdapat pada android, seperti sensor kompas, cahaya, giroskop dan lain-lain. Sehingga membuat aplikasi ini recommended untuk digunakan sebagai alat bantu untuk melakukan kalibrasi sensor proximity pada android asus.

2. Proximity Sensor Reset Fix Calibrate

Aplikasi yang kedua adalah proximity sensor reset fix calibrate, untuk bisa menggunakan proximity sensor reset fix calibrate kalian bisa mendownloadnya melalui google playstore, aplikasi ini dapat melakukan perbaikan atau kalibrasi pada sensor proximity android, namun proximity sensor reset fix calibrate ini akan lebih optimal jika digunakan menggunakan android yang sudah memiliki akses root. Namun bukan berarti android yag tidak atau belum memiliki akses root tidak bisa menggunakan aplikasi ini, hanya saja tidak seoptimal jika dibandingkan dengan menggunakan android yang sudah memiliki akses root.

3. Proximity Fix

Aplikasi yang keriga adalah proximity fix, aplikasi ini juga bisa di download di google playstore,  fungsi dari proximity fix ini hampir sama dengan kedua aplikasi di atas yaitu sebagai alat bantu untuk melakukan kalibrasi sensor proximity pada android. Yang membedakannya adalah, proximity fix ini membutuhkan akses root untuk bisa menggunakannya. Jadi, android yang tidak atau belum memiliki akses root tidak bisa menggunakan proximity fix ini.

4. Menu Setting Pada Android Asus

Jika ketiga cara melakukan kalibrasi sensor proximity diatas dengan bantuan aplikasi tidaklah ampus atau kalian ingin melakukan kalibrasi tanpa menggunakan bantuan aplikasi, tentu bisa dilakukan dengan melakukan kalibrasi dari pengaturan bawaan yang ada pada android asus kalian.

Cara untuk melakukan kalibrasi tanpa bantuan aplikasi adalah

  • Buka menu setting pada android asus yang ingin di kalibrasi
  • Pilih display atau call setting (tergantung ketersediaan pada android asus yang dipakai)
  • Lalu klik proximity calibration
  • Edir build. prop dengan menambahkan mot.proximity.delay=0 atau ro.lge.proximity.delay=25 pada build. prop
Sponsors Link

Setelah melakukan langkah ke empat ini mudah-mudahan bisa mempermudah cara kalibrasi sensor proximity dan sensor proximity dapat kembali ke performa terbaiknya.

Info penting, dalam melakukan kalibrasi menggunakan cara nomor 4 ini, kalian jangan sampai salah memasukkan kode dan juga jangan salah dalam melakukan setiap langkah-langkahnya, karena jika kalian melakukan kesalahan baik itu dari kesalahan langkah atau kode yang dimasukkan, besak kemungkinan android anda akan mengalami bootloop.

5. Asus Service Centre (ASC)

Jika semua daya dan upaya untuk melakukan kalibrasi sensor proximity pada android asus sudah dilakukan namun belum menemukan titik terang, maka serahkanlah masalah ini kepada yang berwajib. yangberwajib dalam ham ini adalah ASC atau asus service centre. Asus service centre tersebar hampir di seluruh kota di Indonesia, dengan pelayanan dan penanganan oleh ahlinya, sudah pasti proses kalibrasi dapat dilakukan dan dapat mengembalikan kualitas atau performa sensor proximity android asus kalian seperti semula. Kelemahan dari cara yang terakhir ini adalahn, anda harus memberikan imbalan kepada ASC (bayar).

Sensor proximity adalah salah satu elemen penting, melakukan kalibrasi tidak hanya dianjurkan saat sensor proximity mengalami kerusakan atau lag, tapi melakukan kalibrasi secara berkala juga dapat menjaga sensor proximity tertap berada pada performa terbaiknya. Oleh karena itu, lakukanlah kalibrasi ataupun pengecekan pada sensor proximity secara berkala, hindarkan panel sensor dari benda-benda keras yang bisa mengakibatkan goresan pada layar dan panel sensor proximity.

Demikian cara kalibrasi proximity sensor asus, semoga dengan melakukan salah satu dari cara di atas sensor proximity pada android asus kalian tetap prima atau kembali prima. Terima kasih.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi