Sponsors Link

5 Cara Memperbaiki Speaker Hp Yang Terkena Air (#Teruji)

Sponsors Link

Smartphone sekarang sudah sangat mendunia, dari yang masih anak-anak hingga sudah tergolong tua rata-rata mempunyai smartphone entah Windows Phone, Android, iOS, ataupun yang lainya. Selain dipandang dari sisi negatif nya, smartphone juga mempunyai banyak sisi positif bagi kita, seperti mempermudah komunikasi,dan hampir mempermudah di semua kegiatan kita. Harga smartphone pun tergolong bervariasi ada yang mahal ada yang standar. Nah tentunya kalian mempunyai smartphone kesayangan kan?

ads

Apa lagi membeli dari hasil uang jerih payah sendiri pasti tidak mau jika sampai smartphone nya rusak. Ada banyak kerusakan di smartphone yang sering di alami rata-rata oleh para pengguna, dari LCD rusak, speaker, masuk ke air, dll. Nah seperti yang akan kita bahas ini nanti, kita akan membahas cara memperbaiki speaker hp yang terkena air.

Jika hp anda terkena air jangan langsung panik karena tidak semua hp jika terkena air akan langsung rusak dan Jangan terlalu cepat di bawa ke tempat service karna kadang tempat service akan membuka harga yang sangat mahal hanya karena masalah sepele. Jika Anda mendengarkan suara berderak atau kresek-kresek yang datang dari speaker handphone atau smartphone  Anda, hal ini menandakan telah terjadi gangguan statis pada handphone atau smartphone anda.

Masalah ini sebetulnya paling sering dikaitkan dengan speaker komputer, tetapi juga bisa terjadi pada setiap speaker termasuk speaker handphone. Gangguan statis ini dapat dihilangkan selama Anda dapat memecahkan masalah dan menemukan di mana sumber gangguan statis tersebut. Jika speaker hp atau smartphone anda terkena air jangan langsung panik dan membawanya ke konter ataupun tempat servis hp. Langsung saja simak ini cara memperbaiki speaker hp yang terkena air:

  • Mengeringkan bagian speaker

Mungkin jika Anda merasakan bahwa speaker bermasalah, mungkin bisa karena telinga atau tangan Anda yang sedang berkeringat dan juga bisa udara di luar sedang lembab (embun),  segeralah mematikan handphone atau smartphone anda terlebih dahulu. Tunggu beberapa menit sampai hingga speaker dirasa benar-benar kering dan tidak ada embun. Bisa juga membantu proses pengeringnya dengan mengipasi bagian speaker secara manual ataupun dengan kipas angin. Hidupkan kembali handphone uji kembali apakah speaker sudah berfungsi normal atau belum berfungsi, jika belum lanjut kan ke cara kedua. Baca juga mengenai cara memperbaiki speaker Hp yang suaranya pecah.

  • Cek pengaturan volume

Beberapa handphone atau smartphone mungkin mempunyai cara pengaturan yang berbeda-beda. Coba atur volume speaker handphone Anda pada tingkat yang paling tinggi atau maksimum dengan cara masuk ke pengaturan -> Suar -> Volume bisa juga menggunakan tombol volume yang dimiliki setiap handphone ataupun smartphone . Lalu uji dengan menyalakan lagu atau sumber suara lainnya yang memutar suara. Jika sudah terdengar suara yang terdistorsi dan statis, maka Anda perlu menurunkan volumenya. Jika masih belum bisa anda perlu melakukan cara selanjutnya. Baca juga mengenai cara mengatasi handphone mati total karena jatuh.

  • Buka casing Hp anda

Jika cara pertama dan kedua belum berhasil,  maka lakukan cara ini buka Casing handphone anda, lalu kemudian jemur HP anda di terik matahari atau di tempat panas bisa juga di angin angin kan. Agar air yang berada di dalam speaker tersebut menguap dan menjadi kering, sehingga speaker anda bisa berjalan atau di gunakan dengan normal lagi. Baca juga mengenai perbedaan hardcase dan sotfcase hp.

  • Keringkan Hp dengan media beras

Masukkan handphone anda ke dalam seember atau sekarung beras yang masih berisi (bukan nasi ya akan tapi beras), timbun HP anda sedalam-dalam nya ke dalam beras tersebut. Tunggu hingga sampai 1-2 jam, setelah dirasa kering bisa di ambil dan di coba untuk di gunakan atau di coba untuk memutar lagu ataupun media suara lainnya, Jika masih belum bisa lanjutkan ke cara yang terakhir. Baca juga mengenai aplikasi untuk mendinginkan iPhone.

Sponsors Link

  • Memasukkan kode khusus pada Hp

Anda dapat mencoba untuk mencari kode pengaturan handphone kalian masing-masing. Kode yang kita maksud adalah sejenis kode rahasia yang khusus disediakan untuk tipe handphone kalian ketika sedang bermasalah, Umumnya kode-kode rahasia tersebut dapat kalian temukan di internet, karena setiap tipe handphone atau smartphone mempunyai kode masing-masing. Kalian bisa menemukan kodenya dari google dengan mengetikan keyword “Kode rahasia(tipe handphone)”.

Selanjutnya, anda akan mendapatkan angka yang bisa segera kalian masukkan di handphone melalui papan tombol telepon.  kalian akan mendapat pilihan service info, software info, service test,dll. Lalu mencari bagian permasalahan speaker sesuai dengan menu pada handphone yang di tampilkan. Baca juga mengenai cara menghilangkan Pop Up Iklan di Android.

Nah jika semua cara di atas sudah di coba, anda bisa langsung coba menghidupkan handphone atau smartphone anda dan mneguji suara dengan memutar lagu ada media suara lainnya, jika sudah bisa maka selamat handphone atau smartphone anda sudah kembali normal, Jika masih belum bisa, ada kemungkinan ada terjadi konslet atau rusak dikarenakan air yang terlalu lama di dalam dan mengenai bagian penting hp, solusinya hanya ganti hardware yang rusak.

Itu beberapa info dari kami semoga bermanfaat dan bisa membantu anda dalam memperbaiki speaker anda yang rusak terkena air ataupun suara nya pecah, dengan itu anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membawa smartphone kesayangan anda ke konter hp ataupun servisan hp. Karena selain memakan biaya yang cukup banyak dan juga waktu jadi yang kurang menentu jadi anda tidak bisa segera memakai smartphone anda.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi