Sponsors Link

7 Penyebab Koneksi Internet Lambat di Android

Sponsors Link

Setiap orang tentu saja menginginkan memiliki koneksi internat yang cepat karena akan mempermudah pekerjaan mereka seperti untuk browsing, download, maupun juga ketika digunakan untuk mengupload sesuatu. Namun terkadang kita malah dihadapkan pada situasi dimana koneksi internet di HP android kita malah lemot atau lambat.

ads

Tentu hal ini akan membuat kita jengkel, terlebih lagi jika waktu itu kita benar-benar membutuhkan koneksi internet yang cepat untuk mendownload atau mencari informasi yang sangat penting. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi penting agar anda bisa mengetahui apa saja sebenarnya yang menjadi penyebab koneksi internet lambat di Android.

1. Jaringan yang tidak stabil

Penyebab koneksi internet lambat di android adalah karena jaringan internet yang tidak stabil. Biasanya kondisi ini terjadi ketika anda berada di hutan maupun di tempat plosok atau jauh dari perkotaan. Selain itu, jaringan internet yang tidak stabil juga bisa terjadi ketika hujan deras. Hal ini juga pernah kita bahas pada cara mempercepat koneksi internet HP Android Edge dan juga cara agar Hp Android tidak lemot saat internetan.

Memang area yang jauh dari BTS atau Base Transceiver Station akan mendapatkan sinyal yang naik turun dibandingkan dengan area yang dekat dengan BTS. Jika anda mengalami kondisi seperti ini, maka yang harus anda lakukan adalah dengan merubah settingan pada jaringan anda yang semula menggunakan 4G, anda ubah menjadi 3G atau GPRS Only.

2. Banyaknya aplikasi yang berjalan di background

Penyebab koneksi internet lambat di android juga bisa diakibatkan banyaknya aplikasi berjalan yang ada di backgroung smartphone anda. Mungkin anda tidak sadar bahwa aplikasi seperti BBM, WA, Instagram, WeChat, Path, Facebook, Twitter, dan lain sebagainya akan menganggu koneksi internet di HP anda.

Belum lagi aplikasi lainnya yang ada di HP anda. Adapun mengenai cara mengatasinya tentu sangat mudah dimana anda hanya perlu menonaktifkan salah satu atau beberapa dari aplikasi yang anda rasa jarang anda gunakan atau aplikasi yang paling banyak menyedot kuota internet. Banyaknya aplikasi tersebut juga bisa menjadi penyebab Hp Xiaomi cepat panas.

3. Banyaknya file sampah di android anda

Penyebab yang lain sehingga mengakibatkan koneksi internet di Android adalah karena banyaknya file sampah yang tidak anda hapus. Sebenarnya masalah ini memang banyak dialami oleh para pengguna Android awam, terutama wanita dimana mereka hanya menggunakan Android tanpa memperhatikan tentang bagaimana cara merawat kondisinya agar tidak lemot baik dari sisi HP itu sendiri atau koneksi internetnya.

Untuk mengatasi masalah ini anda bisa mendownload aplikasi cleaner yang bisa anda dapatkan di Play Store. Nanti aplikasi tersebut akan secara otomatis menghapus cache atau sampah-sampah lainnya yang menyebabkan HP atau koneksi intenet di HP anda menjadi lemot.

Sponsors Link

4. Salah setting jaringan

Untuk masalah yang satu ini juga tidak kalah umum dibandingkan dengan masalah sebelumnya. Banyak orang tanpa sadar bahwa mereka salah melakukan pengaturan terhadap jaringan Androidnya. Seseorang yang salah dalam melakukan pengaturan proxy, password, dan lain-lain maka bisa berakibat pada lemotnya koneksi internet di HP orang tersebut. Dan bahkan dalam beberapa kasus malah tidak bisa digunakan untuk mengakses internet.

5. Terserang virus

Penyebab koneksi intenet lambat di android yang selanjutnya adalah karena HP atau smartphone orang tersebut sudah terinfeksi virus atau malware. Hal ini dikarenakan anda menginstall aplikasi melalui pihak ketiga dimana aplikasi tersebut tidak dipercaya.

Biasanya orang menginstall aplikasi berformat apk melalui internet seperti menginstall game, media sosial, tanpa melalui Play Store. Maka dari itu, lebih baik anda mengunduh aplikasi-aplikasi yang anda inginkan melalui Google Play Store. Namun jika tiba-tiba Google Play Store anda juga mengalami masalah, maka anda harus mengetahui cara memperbaiki Play Store yang tidak bisa dibuka.

Sponsors Link

6. Faktor HP

Penyebab koneksi internet juga bisa berasal dari kondisi HP anda sendiri. Maksudnya adalah HP anda sudah tua dan memang tidak bisa dipungkiri bahwa smartphone akan semakin lama performanya semakin menurun seiring dengan berjalannya waktu, terlebih jika orang tersebut sering menggunakannya untuk aktivitas berat seperti streaming atau main game.

Maka dari itu anda coba bawa HP anda karena nanti mungkin akan dilakukan cara ngeflash Hp Android sendiri atau pengembalian ke pengaturan awal atau mungkin anda harus mencoba untuk membeli HP baru.

7. Konflik jaringan

Penyebab yang satu ini biasanya bermula ketika anda menginstall aplikasi pemblokir iklan maupun bagi anda yang menginstall aplikasi local host. Meskipun kondisi ini jarang terjadi, namun aplikasi-aplikasi tersebut bisa menggangu koneksi internet di HP anda.

Dengan kata lain, meskipun sebenarnya aplikasi tersebut memiliki keuntungan dan keunggulan, namun dampaknya akan berimbas terhadap koneksi internet HP anda yang lemot atau lambat. Maka dari itu, anda lebih baik tidak menggunakan aplikasi tersebut atau lebih baik anda mendownload aplikasi lainnya yang sudah terbukti tidak akan mengganggu kinerja perangkat anda.

, , ,



Oleh :
Kategori : Teknologi