Sponsors Link

Perbedaan Hp Entry-level, Mainstream, High-end, dan Flagship

Sponsors Link

Beragam hp pintar selalu dihadirkan setiap tahunnya. Para vendor seakan tak mau kalah dengan saling mengejar satu sama lain dalam hal merilis hp pintar dengan desain maupun spesifikasi yang menggiurkan di dalamnya.

Demi menggaet masyarakat dari berbagai kalangan, segmentasi pasar pun dilakukan para vendor seperti Samsung dan Vivo lewat jajaran hp andalan mereka. Segmentasi tersebut kemudian menciptakan istilah-istilah seperti entry level, mainstream, high end, dan flagship.

Jika anda termasuk orang yang mengikuti perkembangan hp, tentu istilah-istilah tersebut sudah sering anda dengar dan tidak asing lagi. Hp pintar yang dirilis oleh vendor-vendor kenamaan seperti Oppo kemudian dikategorikan ke dalam entry level, mainstream, high end, dan flagship.

Masih bingung dengan kategori hp di atas? Tidak perlu cemas karena Daftarhargahp akan mengulas perbedaan hp entry-level, mainstream, high-end, dan flagship sehingga anda punya gambaran hp pintar yang anda gunakan atau yang anda ingin beli masuk ke dalam kategori mana. Ini dia penjelasannya.

1. Hp entry-level

Hp pintar yang beredar di pasaran saat ini banyak sekali yang masuk ke dalam kategori entry-level dan biasanya sukses terjual dalam waktu singkat. Lantas, apa itu hp entry-level dan kelebihannya?

Entry-level mengacu pada varian hp pintar yang ditujukan untuk kalangan bawah karena dibanderol dengan harga yang murah meriah. Hp entry-level merupakan jawaban dari para vendor untuk masyarakat yang punya budget terbatas.

Ya, entry-level biasanya punya banderol harga di bawah 1 juta hingga 1 juta lebih sedikit. Tentu saja, fitur dan spesifikasi yang dihadirkan di hp entry-level terbatas. Hal ini dilakukan mengingat harganya yang murah meriah.

Namun, ada tidak perlu cemas karena hp entry-level masih cukup oke digunakan untuk mengakses aplikasi-aplikasi ringan hingga sedang. Hp entry-level seperti Infinix Smart 4 adalah salah satu bukti hp entry-level yang berkualitas tanpa terlihat murahan.

Berbicara tentang hp entry-level berkualitas, Xiaomi adalah salah satu pelopor hp entry-level di Indonesia. Hadirnya seri Redmi yang laris manis di pasaran setiap kali seri barunya dirilis menjadi bukti bahwa hp entry-level begitu digemari.

Suksesnya Xiaomi kemudian membuat vendor kompetitornya meramu racikan yang sama dengan Xiaomi. Tak heran jika selain Xiaomi, anda bisa menemukan hp entry-level dari vendor-vendor lainnya seperti Realme dengan Realme C2.

2. Hp mainstream

Beralih ke urutan selanjutnya, ada hp mainstream yang setingkat lebih baik ketimbang hp entry-level. Hp mainstream adalah salah satu kategori hp pintar yang paling diburu saat ini.

Ya, buat anda yang mengerti gadget dan kerap mengikuti perkembangannya, selalu saja ada hp mainstream menarik yang diluncurkan vendor-vendor kenamaan setiap tahunnya. Lantas, apa kelebihan dari hp mainstream?

Hp mainstream yang saat ini beredar di pasaran punya spesifikasi wah dan desain yang kekinian namun dihargai dengan banderol terjangkau. hp mainstream atau dengan sebutan lainnya, hp mid-level ini ditujukan untuk masyarakat kelas menengah ke atas yang mencari hp dengan spesifikasi gahar namun harganya menggiurkan.

Para vendor kerap menjadikan hp mainstream sebagai senjata utama untuk menggaet calon pembeli. Tak heran jika kemudian perang hp mainstream terjadi dimana vendor-vendor tersebut berlomba-lomba dalam mengahadirkan hp mainstream dengan harga yang kompetitif.

Salah satunya adalah Xiaomi dengan seri Xiaomi Redmi Note 8T yang baru saja dirilis. Xiaomi Redmi Note 8 Pro sukses mendapatkan hype yang sangat besar berkat spesifikasi yang diusungnya. Kerennya, anda bisa meminang Xiaomi Redmi Note 8 Pro ini dengan harga 3 jutaan saja.

Selain Xiaomi Redmi Note 8 Pro, hp mainstream lainnya yang bermain di range harga yang sama sehingga sering dikomparasi antara satu dengan yang lainnya adalah Realme XT.

Banyaknya hp mainstream yang beredar di pasaran dengan banderol harga yang kompetitif tentu sangat menguntungkan konsumen dimana mereka akan mendapatkan hp mainstream lengkap dengan spesifikasi wah di dalamnya namun dibanderol dengan harga terjangkau di kelasnya.

3. Hp high-end

Punya budget lebih dan ingin merasakan pengalaman menggunakan hp pintar secara maksimal? Kalau iya, maka pilihlah hp yang masuk ke dalam kategori hp high-end.

Kata high-end sendiri mengacu kepada sesuatu yang “tinggi” dan “kelas atas”. Ya, hp high-end memang ditujukan untuk kalangan menengah ke atas yang umumnya membeli hp pintar tanpa mempetimbangkan banderolnya.

Hp high-end punya nilai prestis yang sangat tinggi sehingga ia bisa menaikkan rasa gengsi seseorang. Tentu saja, para vendor seperti Samsung tahu betul tentang hal ini sehingga mereka kerap merilis hp high-end yang punya material seperti spesifikasi menawan.

Sebut saja Samsung Galaxy Note 10 yang belum lama ini meluncur. Samsung Galaxy Note 10 sukses menuai decak kagum saat pertama kali diperkenalkan. Dihargai belasan juta, Samsung menawarkan kemewahan lewat Samsung Galaxy Note 10 ini.

Selain Samsung, Xiaomi juga tidak mau kalah. Tidak hanya bermain di kelas menengah ke bawah, Xiaomi juga punya varian hp high-end yang laris manis di pasaran. Xiaomi Black Shark 2 adalah salah satunya.

4. Hp flagship

Membahas perbedaan hp entry-level, mainstream, high-end, dan flagship, kategori ini yang paling menarik. Ya, hp flagship adalah kasta tertinggi dari sebuah hp pintar.

Hp flagship mengacu kepada varian hp paling canggih yang dimiliki oleh suatu vendor. Hp flagship menjadi jati diri dari vendor tersebut sehingga ia kerap mendapatkan spotlight.

Ya, membidik kalangan kelas atas, hp flagship biasanya menghadirkan inovasi, desain, dan spesifikasi terbaru yang belum dimiliki kategori hp di bawahnya. Tak heran jika kemudian hp flagship punya harga belasan juta mengingat ia punya nilai pretis yang tinggi.

Salah satu vendor yang terkenal akan hp flagship-nya adalah Samsung dengan seri “S” yang dimilikinya. Samsung Galaxy S10 menjadi hp flagship terbaru dari vendor asal Korea Selaan tersebut.

Vendor lainnya yang selalu konsisten hanya menghadirkan hp flagship saja adalah Apple. Semua varian hp Apple mulai dari generasi pertama hingga yang tebaru, generasi 11 alias iPhone 11, semuanya dihadirkan untuk kalangan menengah ke atas.

Itu dia perbedaan hp entry-level, mainstream, high-end, dan flagship yang sudah kami ulas untuk anda. Semoga bermanfaat.

, ,
Oleh :
Kategori : Teknologi
Search
GADGET INFO

Kamu ada rencana ingin menjual hpmu tapi takut diberi harga murah? Lakukan hal-hal ini untuk mengetahui performa hpmu, layak atau tidak dijual dengan harga tinggi.