Sponsors Link

19 Kelebihan dan Kekurangan iOS 12 Paling Update

Sponsors Link

iPhone menggunakan sistem operasi iOS. iOS merupakan salah satu sistem operasi mobile yang populer selain Android. Jika Anda bingung saat memilih iOS atau Android, Anda sebaiknya melakukan riset terlebih dahulu seperti kelebihan dan kekurangan iPhone dan juga Android. iOS 12 merupakan pembaharuan sistem operasi mobile iOS dari iOS 11 yang dikembangkan oleh Apple Inc. dan dirilis pada 17 september 2018. Sistem operasi iOS 12 ini mendukung perangkat iPhone, iPad dan juga iPod Touch. Kinerja iOS 12 diklaim 70% lebih cepat dari versi sebelumnya serta memiliki beberapa pembaharuan menarik lainnya.

ads

Beberapa iPhone seperti iPhone 5S, iPhone 6/6 Plus, iPhone SE, iPhone 6S/6S Plus, iPhone 7/7 Plus, iPhone 8/8 Plus, dan iPhone X, dapat di-upgrade ke iOS 12. Tapi, sebelum meng-upgrade iOS Anda ke iOS 12, Anda sebaiknya mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan iOS 12. Apa sajakah kelebihan dan kekurangan dari iOS 12? Mari simak penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan dari iOS 12 dibawah ini.

Kelebihan iOS 12

Berikut dibawah ini beberapa kelebihan dari iOS 12:

1. Kinerja Perangkat Lebih Cepat

iOS 12 diklaim dapat membuat kinerja atau performa perangkat Apple menjadi 70% lebih cepat dan lebih baik dari versi iOS sebelumnya. Sistem operasi ini dikembangkan dengan algoritma yang mampu memproses perintah (inputan) dari pengguna dengan lebih cepat. Pengambilan foto pun lebih cepat karena adanya aplikasi kamera khusus. 

2. Dukungan terhadap Update Teknologi Terbaru

iOS 12 ini diharapkan mampu memberikan user experience yang menarik serta mendukung update teknologi terbaru sehingga pengguna iOS 12 dapat menikmati beragam aplikasi terbaru dan tercanggih. Salah satu teknologi yang sudah dimiliki oleh hampir semua smartphone adalah Geotagging Android.

3.  Fitur Lebih Lengkap dan Up to Date

Hal menarik lainnya dari iOS 12 adalah fitur-fiturnya yang lengkap dan up to date (terbaru). Fitur-fitur tersebut tentu akan mampu memberikan user experience yang lebih baik. Ada beberapa fitur baru pada iOS 12 yaitu Group Notifications, Memoji, Screen Time & App Limit, detail penggunaan baterai, Navigasi Car Play dengan aplikasi third party, dan wajah ke-2 untuk Face ID. Selain itu, sistem operasi iOS 12 ini diklaim mampu menjalankan aplikasi dan game AR (Augmented Reality) dengan lebih baik.

4. Penggunaan Gestures di iPad

Jika iPad Anda menggunakan iOS 12, untuk menuju layar Home, cukup geser layar ke atas dari bagian bawah. Sedangkan, untuk menuju ke layar Control Center, cukup geser dari atas kanan layar ke bawah.

5. Mendukung e-SIM

iOS 12 mendukung penggunaan e-SIM. Tetapi, untuk dapat menggunakannya, pengguna harus menunggu operator yang mendukung fitur ini, merilisnya secara resmi.

6. Memberikan Informasi yang Lebih Lengkap dari Stocks

iOS 12 menyediakan informasi yang lebih lengkap mengenai perkembangan saham dan bisnis yang dimuat di Apple News (tersedia juga pada iPad). Bahkan, informasi yang diberikan lebih lengkap daripada Stocks.

7. Update iOS Secara Otomatis

Pada iOS 12, Anda dapat menyalakan update iOS secara otomatis melalui menu Settings, kemudian ketuk General > Software Update.

8. Siri Memberikan Informasi yang Lebih Lengkap

Pada iOS 12, Siri bekerja lebih baik dari versi yang sebelumnya. Untuk setiap pertanyaan yang Anda ajukan, Siri akan menjawabnya dengan informasi yang lebih lengkap dan lebih baik.

9. Pengembangan Fitur Do Not Disturb

Fitur do not disturb memang bukanlah fitur baru, tetapi pada iOS 12, fitur ini lebih dikembangkan dengan hadirnya mode bedtime. Pengaturan ini dapat Anda lakukan pada menu Settings.

10. Aplikasi ARKit 2

Dengan adanya aplikasi ARKit 2 pada iOS 12, Anda dapat berbagi pengalaman AR (augmented reality) kepada pengguna iOS 12 lainnya.

11. Pengukuran Benda dengan AR (Augmented Reality)

Pada iOS 12, Anda dapat mengukur benda dengan menggunakan AR (augmented reality). Caranya adalah dengan membuka aplikasinya kemudian tekan tombol plus dan minus untuk melakukan pengukuran.

12. Screen Time – Atasi Kecanduan Gadget

Pada iOS 12, terdapat fitur Screen Time yang berfungsi untuk memberikan informasi detail mengenai berapa lama waktu yang Anda sudah habiskan untuk bermain gadget serta aplikasi apa saja yang paling lama Anda gunakan. Dengan adanya fitur ini, informasi yang diberikan dapat menjadi referensi bagi Anda untuk mencegah atau mengurangi kecanduan game.


13. Kata Kunci pada Foto

Nah, pada iOS 12, Anda dapat memberikan kata kunci atau label pada setiap foto yang Anda miliki dengan begitu Anda akan mudah mencari foto yang diinginkan dengan hanya mengetikkan kata kuncinya saja.

14. Berbagi Foto Menjadi Lebih Mudah

Dengan adanya sistem AI (artificial intelligence) Apple, Anda akan menerima rekomendasi nama-nama pengguna lainnya untuk berbagi foto. Hal ini terjadi karena AI Apple mampu mengenali wajah orang yang sering muncul pada perangkat Anda.

15. Password yang Sama Dapat Diketahui

Pada iOS 12, password yang sama dapat diketahui melalui menu Settings, lalu ketuk Password & Accounts > Website & App Passwords. 

Kekurangan iOS 12

Berikut dibawah ini beberapa kekurangan dari iOS 12:

1. Penggunaan Baterai Boros

Berdasarkan review dari pengguna, penggunaan baterai menjadi lebih boros saat menggunakan iOS 12 dibandingkan dengan iOS 11. Oleh karena itulah, Anda harus mengerti bagaimana cara merawat baterai pada iPhone agar lebih tahan lama dan awet. Nah, jika iPhone Anda terasa panas, Anda sebaiknya menginstal aplikasi untuk mendinginkan iPhone.

2. Tidak Ada Pengaturan Mode Jaringan

Biasanya, kita bisa mengatur mode jaringan pada smartphone seperti 2G only, 3G only, ataupun yang lainnya. Tapi, pada iOS 12, pengaturan mode jaringan dihilangkan.

3. Masih terdapat Bug atau Error

Bug atau error umum terjadi terutama pada versi terbaru dari suatu sistem. Meskipun demikian, jika melihat pada minimnya keluhan dari pengguna iOS 12 Beta 1 hingga versi terakhir dari Golden Master maka dapat disimpulkan bahwa bug atau error pada iOS 12 tidak terlalu mengganggu kinerja perangkat.

4. Aplikasi yang Tidak Mendukung iOS 12

Meskipun iOS 12 dikenal dengan kinerjanya yang lebih cepat dari versi yang sebelumnya serta mendukung update teknologi terbaru, faktanya masih ada beberapa aplikasi yang tidak didukung oleh iOS 12. Jadi, sebelum Anda upgrade ke iOS 12, perhatikan terlebih dahulu apakah aplikasi yang sering Anda gunakan didukung oleh iOS 12 atau tidak.

Nah, itulah penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan iOS 12. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi bagi Anda sebelum memutuskan untuk melakukan upgrade ke iOS 12.

, , , ,



Oleh :
Kategori : Teknologi