Sponsors Link

7 Aplikasi yang Paling Banyak Digunakan di Dunia (No.5 Terpopuler)

Sponsors Link

Siapa hayoo yang belum punya smartphone ? Tentunya kalian semua punya kan? Ya, dewasa ini sekarang mempunyai smartphone adalah suatu keharusan, apalagi di zaman era teknologi yang makin hari makin cepat perkembangannya. Dahulu, smartphone terlihat sangat asing, si pengguna harus beradaptasi dengan fitur-fitur yang masih belum user friendly. Nah, balik lagi ke zaman sekarang, kita tidak akan membahas soal telepon dan SMS lagi, tetapi akan kita bahas 7 fitur smartphone atau aplikasi yang paling banyak digunakan di dunia oleh para penggunanya. Berikut ini penjelasannya:

ads

1. Kamera

Siapa yang tak mengenal fitur standart yang satu ini ? semua pasti memakainya dalam kehidupan sehari-hari kan ? Kamera yang sekarang menjadi suatu kebutuhan yang penting, apalagi smartphone yang sudah sangat canggih saat ini yang memiliki fitur kamera dapat memfoto setiap momen penting dalam kehidupan sehari-hari. Dahulu, mungkin masih banyak orang yang menganggap bila memiliki uang, lebih baik memiliki kamera digital/DSLR dan mobile phone/handphone tersendiri karena secara kualitas gambar foto, kamera digital pasti lebih baik karena memang difungsikan untuk memfoto.

Sedangkan handphone digunakan sebagai telepon genggam untuk komunikasi. Tapi jangan salah, jaman sudah berubah, sekarang sudah banyak handphone canggih (smarthphone) dengan fitur kamera yang tak kalah jauh dengan kamera digital, malahan dewasa ini banyak sekali pengguna mencari smartphone dengan fitur kamera yang sangat jelas. Orang berpikir cukup hanya dengan mempunyai satu perangkat smartphone saja dapat memfoto setiap momen dan tidak perlu repot-repot untuk membawa kamera digital yang mungkin sizenya sama atau lebih besar dan berat daripada smartphone. Praktis sekali bukan? semua dimanjakan dengan teknologi yang canggih, so gimana menurut kalian?

Baca juga:

2. Musik

Ya, yang kedua adalah fitur standart musik. Dengan kualitas musik pada smartphone jaman sekarang pastinya musik sangat penting karena sebagai pelengkap supaya smartphone menarik untuk dimiliki si pengguna. Sebetulnya pada jaman dahulu, musik sudah diterapkan pada handphone dan berguna sebagai nada dering. Masih menggunakan suara dengan sistem monophonic dan polyponic saja dimana monophonic hanya menggunakan satu suara saja dan polyphonic menggunakan dua atau lebih suara dalam satu baris simultan suara.

Jika jaman sekarang sudah sangat canggih, smartphone dapat memutar banyak jenis tipe suara mulai dari Midi, WAV, sampai MP3. Dengan fitur ini saja anda dapat memutar ratusan bahkan ribuan daftar list musik maupun lagu jenis apapun yang ingin anda dengarkan. Sama seperti kamera, dengan hanya memiliki satu perangkat smartphone saja tidak perlu repot membawa MP3 player atau sejenisnya. Penggunaanya pun sangat mudah, dapat langsung didengarkan dengan loudspeaker atau dengan menggunakan earphone. Simpel sekali kan?

Baca juga: Aplikasi Pemutar Musik iPhoneAksesoris Hp yang Paling Laris di Pasaran.

3. Chatting

Pasti semuanya cukup familiar dengan kalimat “Chatting”. Yaitu sebagai fitur tambahan bertelekomunikasi secara modern, chatting juga menjadi tempat nongkrong yang cukup menarik di dunia maya. Terbukti pada saat ini, banyak sekali aplikasi-aplikasi yang diterapkan pada smartphone guna melengkapi keinginan penggunanya. Banyak developer-developer muda berbakat membuat aplikasi seperti Whatsapp, Yahoo Messenger, Blackberry Messenger, LINE, WeChat dan masih banyak lagi.

Sponsors Link

Caranya cukup mudah, dengan cara mengunduh aplikasi yang ada dan install ke dalam perangkat lunak di dalam smartphone. Setelah mengikuti beberapa langkah proses pemasangan, anda dapat langsung berchatting ria dengan orang yang anda kenal maupun tidak. Hebat sekali bukan? Karena itulah chatting sangat membawa dampak yang baik dalam era telekomunikasi modern saat ini.

Saking modernnya, dengan smartphone yang mempunyai kamera depan, pengguna chatting dapat Video Call, menampilkan gambar sambil chatting atau ngobrol. Selain kecanggihannya itu, fitur chat ini juga menjadi tempat berjualan jasa entah dalam bidang berita sampai bidang jasa lainnya seperti tempat mencari jodoh. Hanya saja jangan sampai kelewatan dalam menggunakannya, karena apabila anda sedang asyik berchatting ria sampai lupa waktu.

Baca juga:

4. Browsing

Anda dapat mengetahui apapun yang ingin anda ketahui dengan cara browsing. Istilah lain sering dikenal dengan nama berselancar/surfing di dunia maya. Pada awalnya, fitur ini hanya terdapat pada Personal Computer atau dikenal dengan nama komputer. Dan karena tingginya permintaan akan penggunaan fitur ini membuat para developer ingin mengusung fitur ini ke dalam perangkat yang praktis dan mudah dibawa dan digunakan, dengan cara memasukannya ke telepon genggam.

Smartphone yang mungkin sedang anda genggam atau berada dekat anda saat ini. Fitur yang sangat menarik ini sudah menjadi suatu kebutuhan yang penting dalam kehidupan seseorang, karena dengan fitur ini anda dapat surfing dan menjadi tahu akan banyak hal di dunia ini. Dari pengetahuan alam sampai pengetahuan sosial semua ada di dalam dunia maya. Cara untuk menggunakan sangatlah mudah, tinggal jalankan saja aplikasi default browser yang sudah terpasang dalam smartphone anda.

Sponsors Link

Namun sekarang ini, banyak sekali macam-macam browser yang telah dikembangkan oleh para ahlinya untuk memudahkan dalam pengaksesan data ataupun situs-situs yang diinginkan. Sebagai contoh, Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera, Internet Explorer, Safari, dan masih banyak lagi aplikasi-aplikasi browser yang lainnya. Dengan browser-browser tersebut, anda dapat memilih sendiri browser mana yang paling berguna untuk mempermudahkan kebutuhan anda untuk surfing di dunia maya dan dengan tambahan-tambahan add-on yang menarik di setiap aplikasi browser yang anda pilih. Oya, jangan lupa untuk dapat berselancar secara mulus di dunia maya pastikan anda terhubung dengan jaringan internet, jika tidak anda dipastikan tidak dapat mengakses apapun. Selamat berselancar ya.

Baca juga: Browser Android TerbaikBrowser Iphone Terbaik.

5. Social Media

Aplikasi yang paling banyak digunakan di dunia selanjutnya adalah sosial media. Facebook, Twitter, Instagram, LinkedIn, Snapchat, Blogger, Qzone, Foursquare, tumblr, flickr dan lain-lain merupakan sebuah sosial media yang saat ini sedang digandrungi berbagai kalangan masyarakat di dunia. Sangat ampuh untuk bersosialita dan sangat mudah digunakan. Apalagi jaman modern saat ini, sosial media sebagai penghubung segala jenis tingkatan dalam masyarakat, tidak terhalang oleh status maupun finansial seseorang. Semua sosial media yang disebut diatas dapat diakses dengan smartphone saja. Mudah sekali bukan?

Hanya dengan memasang aplikasi yang dipilih kedalam perangkat lunak pada smartphone, anda bisa bersosialisasi dengan siapapun. Bahkan hampir seluruh masyarakat yang mempunyai smartphone, pasti memiliki account media sosial yang mereka pilih dan gunakan untuk bersosial. Saking mudahnya diakses, tanpa perlu memasang kedalam perangkat juga dapat diakses melalui browser. Dan para developer aplikasi berlomba-lomba mencari sesuatu yang baru bertemakan sosial supaya dapat memenuhi permintaan si pengguna smartphone. Mungkin saat ini pun, aplikasi media sosial anda sedang standby untuk digunakan, hehehe….

Baca juga:

ads

6. Game

Siapa yang tidak kenal game? Dari segala umur pasti tahukan yang namanya game ? Diera yang modern seperti sekarang, sudah bukan menjadi hal yang asing dalam dunia hiburan. Salah satunya game (permainan), pada mulanya dirancang sangat sederhana hanya untuk selingan saja karena pada saat itu masih belum ada smartphone, masih berupa menggunakan layar hitam putih dan bercahayakan kuning pada lampu layarnya. Seiring dengan berjalannya waktu, game semakin lama semakin canggih. Game dikemas dalam bentuk hardware bernama console. Selain itu game juga dikembangkan dalam bentuk PC/komputer. Namun semua itu masih dikembangkan terus menerus hingga diusung kedalam telepon genggam (ponsel).

Lalu disertai dengan kecanggihan smartphone saat ini, bisa dibilang game pada smartphone memiliki keunggulan yang bahkan sama populernya dengan game console maupun game pc. Dikarenakan game pada smartphone yang dirancang sangat baik oleh developernya dan smartphone sendiri mudah untuk dibawa kemana-mana, hanya perlu charger/pengisi baterai. Berbeda dengan konsol maupun PC yang lebih memerlukan tenaga untuk membawanya supaya dapat dimainkan. Namun secara grafik, biasanya game berbasis konsol dan pc lebih baik dibandingkan dengan game-game yang ada di smartphone.

Kemudahan lain game pada smartphone yaitu mudahnya untuk mengunduh aplikasi game tersebut. Tinggal mencari di browser maupun aplikasi yang tersedia pada smartphone, pilih dan lakukan langkah pemasangan/install game tersebut pada perangkat lunak didalam smartphone anda. Mudah sekali ya? Ingat ya, jangan sampai gara-gara game, sampai lupa waktu untuk berkegiatan sehari-hari ya…

Baca juga:

7. Video

Fitur perangkat lunak yang satu ini menjadi penutup atas topik yang sudah kita bahas diatas sampai sekarang. Fungsinya sama dengan kamera, hanya saja dengan fitur ini, pengguna smartphone dapat dengan leluasa merekam apa yang diinginkannya. Merupakan fitur yang terus dikembang supaya dalam pengaplikasiannya pada smartphone menjadi lebih mudah digunakan. Hanya dengan menggunakan smartphone masa kini saja, pengguna tidak perlu membawa camera recorder/alat perekam video yang berukuran lebih besar dan berat walaupun kualitas gambar dan durasi lama pengambilan gambarnya sebagian besar lebih baik daripada smartphone.

Keunggulan-keunggulan smartphone yang satu ini sangat berguna dalam kesehariannya karena dinilai sangat fleksibel dan efektif. Pada masa sekarang, video dipergunakan dalam banyak hal, contohnya untuk merekam suatu kejadian yang baik maupun buruk/merekam sebuah kenangan manis sebuah peristiwa, dapat pula merekam sebuah berita yang nantinya akan ditampilkan di televisi, dan yang lagi marak akhir-akhir ini pada pertengahan tahun 2016 adalah adanya VLOG yaitu Video Blog dimana si pembuat video sengaja merekam event dengan tema maupun konsep tertentu dan dikemas dalam bentuk jurnalistik. Jadi sama seperti media sosial blogger hanya saja dikemas lebih menarik dengan menggunakan video. Aplikasi yang digunakan supaya kita bisa melihat video pada umumnya menggunakan aplikasi Youtube, dimana video yang kita inginkan dengan mudahnya dicari di laman tersebut.

Baca juga:

Sudah kita bahas sepenuhnya tentang fitur atau aplikasi yang paling banyak digunakan di dunia. Nah, tunggu apa lagi? bagi yang belum memiliki smartphone, segeralah beli supaya dapat mencoba fitur-fitur yang telah kita bahas diatas. Semoga bermanfaat.

, , , , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi