Sponsors Link

Touchscreen Iphone Bergerak Sendiri: Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Masih dalam era teknologi yang semakin berkembang dengan pesat dan menghadirkan berbagai inovasi teknologi masa kini. Berbagai jenis teknologi bisa dijumpai dimana saja. Salah satunya adalah mengenai perkembangan teknologi dalam bidang komunikasi. Banyak jenis alat komunikasi yang bisa digunakan pada era saat ini. Dengan menghadirkan teknologi-teknologi terbaru dengan penelitian yang panjang. Para produsen alat komunikasi semakin berlomba-lomba untuk menghadirkan versi terbaru dari setiap produk yang mereka produksi. Dengan semakin bertambahkanya produk alat komunikasi masa kini, akan semakin mempermudah konsumen untuk menentukan pilihan yang cocok dengan selera mereka. Mulai dengan harga yang terjangkau hingga harga yang tinggi, produk dengan fitur yang sudah menarik hingga produk yang menawarkan fitur super premium bisa dijadikan pilihan oleh konsumen.

ads

Salah satu produsen alat komunikasi dunia adalah Apple. Dengan menghadirkan berbagai macam versi alat komunikasi dan alat elektronik lain, Apple berkembang menjadi perusahaan ternama yang sedang populer pada masa saat ini. Salah satu produk yang dikembangkan dan diproduksi oleh Apple adalah Iphone. Iphone adalah salah satu alat komunikasi yang bisa digunakan untuk berbagai aktiftitas komunikasi keseharian anda dan dihadirkan dengan fitur-fitur yang bisa membantu aktiftitas anda. Dengan berkembangnya iphone, nama Apple menjadi sangat populer dikalangan masyarakat. Dengan memberikan fitur-fitur menarik, iphone sangat digemari oleh masyarakat. Salah satu keunggulannya adalah tingkat resolusi kamera yang spektakuler menjadikan iphone layak dicari oleh masyarakat masa kini.

Terkadang produk telah didesign semenarik dan seoptimal mungkin untuk digunakan konsumen, namun masih ada saja hal-hal yang membuat iphone menjadi tidak optimal sesuai dengan fungsinya. Banyak penyebab yang bisa menjadikan iphone menjadi tidak optimal, dan cara anda menggunakan iphone juga mempengaruhi performa dari iphone itu sendiri. Oleh karena itu anda harus berhati-hati dalam menggunakan iphone dan jangan melakukan hal yang dapat merusak iphone anda. Salah satu contoh permasalahan yang bisa terjadi pada iphone adalah touchscreen yang bergerak sendiri. Terdapat beberapa penyebab yang bisa menyebabkan touchscreen iphone anda bergerak sendiri, adalah sebagai berikut:

  1. Software

Kerusakan touchscreen iphone bisa saja disebabkan oleh software yang tidak kompatibel dengan perangkatnya. Terkadang tidak anda sadari bahwa terdapat softwaresoftware yang bisa menyebabkan ketidakcocokan dengan perangkat anda. Sehingga anda perlu melakukan pengecekan aplikasi apakah memang aplikasi atau software yang anda install pada perangkat anda adalah aplikasi yang benar-benar legal.

Ketika anda melakukan penginstallan aplikasi, harus anda pastikan bahwa aplikasi tersebut tidak bertentangan dengan perangkat anda khususnya iphone. Sehingga anda akan bisa meminimalisir gangguan yang mungkin disebabkan oleh software.

  1. Hardware

Selain kerusakan yang bisa disebabkan oleh software, ternyata ada hal lain yang bisa menyebabkan kerusakan pada layar yang touchscreen bisa bergerak sendiri. Penyebab lain itu adalah terkait masalah hardware. Masalah Hardware yang dimaksudkan bisa dalam banyak hal, yaitu:

– LCD Rusak/Retak/Pecah

Memang menjadi hal yang sangat mengesalkan ketika anda mengalami kerusakan pada LCD iphone. Disamping biaya yang dibutuhkan untuk pergantian yang mahal, anda juga akan merasa terganggu dan tidak nyaman dengan kerusakan yang terjadi. Sehingga ketika anda mengalami kejadian LCD rusak atau pecah atau retak yang bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti iphone anda terjatuh, tergores atau lainnya anda bisa langsung membawanya ke tempat service untuk segera diperbaiki supaya kerusakan tersebut tidak menyebar ke lainnya.

– Sering memakai charger lain

Terlihat sepele, namun ketika anda terbiasa melakukan kebiasaan tersebut, iphone anda akan terganggu karena charger yang digunakan adalah charger yang tidak seharusnya digunakan. Daya yang dihasilkan dan disalurkan ke iphone adalah berbeda sehingga dapat mempengaruhi kinerja touchscreen dalam memproses aktifitas.

Ketika anda telah mengetahui penyebab touchscreen yang bergerak sendiri, anda bisa melakukan beberapa cara untuk mengatasi hal tersebut. Cara-cara tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Software
    • Melakukan kalibrasi touchscren Iphone 
      Sponsors Link

Kalibrasi adalah cara sederhana yang bisa anda lakukan untuk mengecek kondisi touchscreen iphone anda. Kalibrasi ini bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan anda.

    • Lakukan restart

Cara simple yang bisa dilakukan oleh semua pemilik iphone adalah melakukan restart iphone. Dengan melakukan restart anda bisa memulihkan kondisi touchscreen dengan lebih baik.

    • Upgrade atau Downgrade

Ketika iOS telah menunjukkan adanya pemberitahuan versi terbaru, namun anda mengabaikannya dengan jangka waktu yang lama, dan bisa saja karena anda belum melakukan upgrade iOS, kinerja touchscreen anda menurun. Oleh sebab itu, anda perlu memeriksa versi iOS anda. Anda bisa melakukan upgrade atau downgrade.

  1. Hardware
    • Membersihkan layar iphone

Cara sederhana yang bisa anda lakukan adalah dengan membersihkan layar iphone, karena secara tidak sadar setiap hari iphone diakses, dan kemungkinan anda tidak pernah membersihkan layar iphone, sehingga ada kalanya anda harus membersihkan layar iphone secara berkala.

Cara membersihkannya pun cukup sederhana, anda bisa melakukan cara berikut:

  • Dengan menggunakan tissu/kain

Anda bisa melakukan pembersihan layar iphone dengan menggunakan tissu atau kain yang lembut. Hal ini supaya tidak menggores layar iphone anda. Dengan menggunakan tissu atau kain yang halus bisa mempermudah anda dalam membersihkan bagian luar layar iphone, karena bagian tersebut adalah bagian yang sering anda akses.

Ketika layar iphone anda terlihat bersih, anda akan merasa nyaman ketika menggunakan iphone tersebut.

Sponsors Link

  • Membersihkan pelindung iphone 

Tidak dapat dihindari bahwa anda dapat memasang pelindung tambahan untuk iphone anda agar terhindar dari goresan atau retak yang bisa disebabkan oleh iphone terjatuh. Dengan memasang pelindung tambahan seperti screenguard atau pelindung yang ditempelkan pada kaca memiliki sisi positif dan negatifnya.

Sisi positif yang bisa anda dapatkan dengan menggunakan screenguard adalah layar iphone anda bisa terlindungi dari goresan atau retak yang bisa disebabkan oleh tangan atau iphone yang tidak sengaja terjatuh. Namun, juga memiliki sisi negatif yaitu ketika anda terlalu sering menggunakan screenguard, kondisi layar menjadi tidak sensitif.

  • Bawa ke Service Center Apple

Merupakan cara terakhir yang bisa anda lakukan adalah dengan membawa iphone anda ke service center Apple. Dengan begitu anda bisa mengetahui penyebab yang sebenarnya terjadi pada iphone anda. Anda juga bisa mendapatkan penanganan khusus yang terpercaya untuk iphone anda.

Demikian adalah informasi mengenai touchscreen iphone bergerak sendiri, dilengkapi dengan penyebab dan cara mengantisipasinya, sehingga ketika anda memukan masalah seperti itu, anda bisa melakukan cara pengantisipasian dan cara melakukan pengecekan terhadap penyebab yang terjadi pada iphone anda. Semoga artikel touchscreen iphone bergerak sendiri ini bermanfaat.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi