Sponsors Link

12 Cara agar iPhone Tidak Cepat Panas dan Habis Baterai

Sponsors Link

Mulai kesal setiap kali menggenggam iPhone dengan waktu sedikit lebih lama tapi langsung memanas atau dipakai browsing sebentar pun sudah lemot dan body perangkat iPhone langsung meradang panas, padahal pakai browsing iPhone terbaik. Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab iPhone panas, seperti penggunaan aplikasi yang terlalu berlebihan, kelamaan charger, main game sambil charger iPhone, dan lain sebagainya. Tidak perlu bingung, ini dia cara agar iPhone tidak cepat panas:

ads

1. Kurangi kecerahan layar

Lagi di ruangan tertutup apa terbuka nih? Kalau di ruangan terbuka mungkin oke saja tingkat kecerahan layarnya tinggi, tapi kalau di ruangan tertutup selama apa yang di layar bisa terlihat, kenapa tidak? Seakan sepele, tapi ternyata berpengaruh besar juga masalah kecerahan layar itu. Semakin tinggi kecerahan yang di set, semakin besar energi baterai perangkat iPhone mu, membuat iPhone bekerja keras dan timbulah panas. Jadi, tingkat kecerahan disesuaikan dengan kebutuhan saja. Karena selain menghemat baterai, membuat iPhone kamu tidak cepat panas dan mata kamu juga tidak mudah lelah.

2. Matikan aplikasi yang tidak penting

Lah, kalau semua aplikasi nya penting gimana? Gini deh, enggak lagi nge-bluetooth, pasang senter atau putar musik, kan, jadi matikan dulu atau diberhentikan. Caranya bisa dengan keluar atau dihentikan via task manager. Atau bisa juga, setting – general – background app refresh – turn it all off. Semakin banyak aplikasi yang berjalan, perangkat akan bekerja terlalu berat dan iPhone meradang dan akhirnya panas.

3. Hapus aplikasi yang jarang digunakan

Ada yang pakai iPhone 6? Asik, ya, ukurannya RAM besar. Tapi tetap saja, kebanyakan aplikasi yang digunakan malah buat perangkatnya lamban dan tentu saja panas. Coba cek daftar aplikasi yang kamu install, mana yang sering dan jarang digunakan. Uninstall saja deh yang jarang digunakan, atau cukup kok punya dua aplikasi chat aplikasi terbaik, jangan semua nya diinstal. Karena aplikasi chat termasuk boros baterai.

4. Biarkan pengisian daya sampai penuh

Jangan biasakan memakai iPhone sambil dicharger. Dilain sisi iPhone harus bekerja optimal karena diisi daya sambil digunakan dan membuatnya semakin mudah panas. Penggunaan perangkat saat pengisian daya juga bisa membuat komponen baterai menjadi rusak dan ciri-ciri baterai iphone yang rusak akan mengeluarkan panas berlebih dan harus ganti baterai baru. Meski ada cara memperbaiki baterai iphone yang drop, tetap jadilah smart-user, ya. Tapi siapa tahu kalau penyebab bateraimu rusak itu bukan karena pemakaian, tapi chargernya. Yuk, kenali cara membedakan charger asli dan palsu. Karena charger palsu bisa membuat iPhone panas dan bisa juga merusak komponen.

5. Lepaskan phone-case

Percaya enggak percaya, phone-case jadi penyebab mudahnya iPhone panas makin menjalar dan meradang lho. Apalagi saat iPhone dicharger, lepas dulu saja case nya. Termasuk saat iPhonemu sedang panas.

6. Diam di ruangan sejuk

Pengetahuan umum nih, kalau iPhone akan maksimal disuhu 0-35oC. Jadi, di atas itu sudah pasti selain kamu yang kepanasan, iPhonemu juga bakal kepanasan. Jadi, cari tempat sejuk. Tapi jangan diam tepat di bawah AC, karena iPhonemu nanti bakal berembun. Intinya hindari terkena sinar matahari secara langsung dan dibiarkan dalam ruangan berhawa panas.

7. Reset ke pengaturan pabrik

iPhone selalu panas, mau lakukan cara apapun untuk mendinginkan iPhone  tetap saja panas. Alternatif yang paling mudah ya me-reset nya ke pengaturan pabrik, membuat sistem nya balik ke awal, seperti baru beli. Caranya mudah, pilih menu setting general, lalu klik opsi reset. Kemudian, ketika proses reset selesai, pilih hapus semua konten dan data nya, dilanjut dengan Erase iPhone. Dengan begitu, iPhone anda akan kembali ke pengaturan awal. Tapi pastikan telah mem-back up data, ya.

Sponsors Link

8. Update ke iOS terbaru

Kalian tahu, kan, kalau dengan memperbaharui sistem iOS ke yang terbaru bisa memperbaiki masalah bug dan tentunya panas yang timbul diperangkat. Update iOS juga bisa membantu kamu untuk menemukan cara mendinginkan iPhone.

9. Jangan berdiam diri ditempat kurang sinyal

Cara agar iPhone tidak cepat panas juga adalah tidak membiarkan perangkat kamu kekurangan sinyal. Kenapa? Karena iPhone akan bekerja keras untuk mendapatkan sinyal dan jaringan, yang membuatnya jadi panas.

10. Manfaatkan fitur iPhone

Baca ulang deh, penyebab iPhone panas tidak jauh dari penggunaan aplikasi berlebih yang membuat baterai menjadi boros dan akhirnya iPhone jadi panas. Ingat, iPhone adalah handphone pintar dan pasti selalu ada cara untuk mencegah agar perangkat tidak panas. Berikt fitur yang bisa digunakan:

  • Pertama, manfaatkan fitur Data Cellular untuk memilih aplikasi mana saja yang harus aktif saat tersambung dengan koneksi internet, jadi aplikasi tidak harus aktif tinggal dibuat non-aktif.
  • Kedua, gunakan fitur Background App Refresh untuk menentukan aplikasi mana saja yang masih tetap aktif dilatar belakang seperti cuaca, podcast atau notes.
  • Ketiga, maksimalkan fitur location service. Buatlah fitur ini aktif saat kamu menggunakannya untuk layanan Find My iPhone, layanan untuk cara melacak hp yang hilang.

11. Restart iPhone

Cara termudah tapi jika terlalu sering berbahaya juga. Apalagi kalau bukan restart atau ada yang menyebutnya juga reboot. Tekan tombol power dan home iPhone secara bersamaan sampai logo Apple muncul. Cara ini memang ampuh untuk mendinginkan iPhone yang sedang panas, tapi berdampak buruk jika sering dipraktekan.

12. Matikan sejenak

Selain restart, mematikan perangkat iPhone secara sementara juga ampuh. Kamu hanya harus mematikan perangkat iPhone sekitar 30 menit lamanya, lepas baterai iPhone nya juga, ya.

Demikian informasi mengenai cara agar iPhone tidak cepat panas. Ponsel juga perlu istirahat seperti manusia agar sistem dan komponennya tidak terlalu over bekerja. Jadi gunakan iPhone sesuai kebutuhan dan bila iPhone sudah memperlihatkan tanda-tanda akan overheat atau panas, jangan terlalu memaksakan diri untuk memakainya.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi