Sponsors Link

12 Cara Menjual HP Bekas di Konter dengan Harga Tinggi dan Cepat Laku

Sponsors Link

Siapa yang suka gonta-ganti hp? bagi yang menyukai dunia gadget, pasti sering sekali ya untuk ganti hp. Dapat dipastikan setiap tahunnya muncul puluhan hingga ratusan macam dan jenis jenis smartphone tergantung merk dan pasarannya di masing-masing tempat. Dewasa ini, hp/gadget canggih bukan lagi barang yang harganya selangit, dengan harga yang mudah dijangkau oleh konsumennya membuat berbagai macam kalangan masyarakat berlomba-lomba untuk mencari gadget yang sesuai dengan kebutuhan/keinginannya. Dari hp termurah di Indonesia dan laris manis seperti kacang goreng sampai dengan harga yang melambung tinggi dan hanya dapat dijangkau oleh kalangan elit.

ads

Bagi yang doyan gonta-ganti hp, pastinya perlu kan tips dan cara menjual hp bekas di konter supaya laku dengan harga yang lumayan demi mencukupi kebutuhan untuk hp yang baru. Yak akan kita bahas setelah ini yaitu 12 cara menjual hp bekas di konter. Disimak ya, lumayan untuk menambah kocek anda.

1. Bersihkan HP

Ini sebuah prosedur standar, apabila anda ingin membeli HP baru, yang anda lihat pertama kali pastinya penampilannya kan? begitu pula ketika anda sedang menawarkan untuk menjual HP anda ke sebuah konter, yang akan pertama kali dilihat adalah penampilannya, apabila penampilannya menarik pasti akan meningkatkan daya jual dari HP yang akan anda jual tersebut. Maka dari itu sebelum anda menjual HP anda, pastikan bersihkan dahulu HP anda. HP yang terlihat bersih, kinclong dan mulus pasti dapat langsung memenangkan hati pembeli.

Jadi pertama, lebih baik anda bersihkan HP anda dengan lap bersih, mulai dari layar, body serta baterai HP anda. Setelah itu, pastikan debu-debu tidak menyangkut pada setiap lekukan yang ada pada HP anda. Dengan kondisi HP yang bersih, HP anda sudah siap untuk dipasarkan. Oya, apabila kondisi layar anda sudah banyak baret, mungkin sebaiknya anda bisa mengganti pelindung kaca antigores untuk meningkatkan daya jual HP tersebut atau melepas sekalian kaca antigores anda yang sudah banyak baret.

2. Lengkapi kelengkapan bawaan HP

Untuk yang satu ini juga merupakan prosedur standar dalam menawarkan HP. Dengan lengkapnya kelengkapan bawaan HP tersebut dapat menambah nilai plus dari HP tersebut. Mulai dari earphone, charger, USB, buku paduan dan bahkan dus asli HP tersebut. Apalagi bila anda melengkapinya dengan aksesoris HP yang paling laris di pasaran saat ini, maka nilai jualnya bisa lebih tinggi. Apabila ada yang kurang lengkap, akan menurunkan nilai jual HP anda, maka sebaiknya anda membeli kelengkapannya tersebut, walaupun tidak original, namun dapat mendongkrak harga jual. cara ini cukup jitu sebagai cara menjual hp di konter supaya lebih tinggi.

3. Kemaslah dengan rapi layaknya HP baru

Setelah anda bersihkan HP anda dan melengkapi segala kelengkapan bawaannya, langkah selanjutnya adalah mengemas. Kemaslah HP anda layaknya HP anda masih baru dan baru buka segel. Ikat kabel-kabel mulai dari charger, USB, earphone dan lain lain. Pastikan pula bahwa kemasan dalam dus tersebut juga bersih dan rapi. Selamat mengemas.

4. Hapuslah semua data dan settingan HP

Hal yang satu ini perlu sekali dilakukan, lakukan factory reset dan erase all data and settings. Dengan begitu, data-data pribadi yang privasi anda akan dihapus dan setelan yang ada pada HP tersebut kembali ke setelan pabrik seperti pada saat anda membuka segel. Factory reset dan erase all data and settings juga berfungsi untuk meringankan dan meningkatkan performa HP, menghapus virus dan malware yang tidak diinginkan, dan juga berfungsi untuk membuat ruang penyimpanan menjadi longgar. Dengan demikian HP anda sudah siap dipasarkan dan bersih luar dan dalam.

5. Berikan aplikasi yang menunjang penjualan

Yak, bagi yang malas untuk download atau tidak tahu cara untuk mengunduh aplikasi, cara menjual hp bekas di konter dengan memberikan tambahan aplikasi sangat menunjang dalam penjualan produk HP tersebut. Umumnya aplikasi-aplikasi yang menunjang yang dapat diterapkan seperti Facebook, Instagram, Twitter, Pinterest, dan masih banyak lagi aplikasi bertema media sosial. Selain aplikasi media sosial, dapat pula anda tambahkan aplikasi yang paling banyak digunakan di dunia dan berguna untuk merawat agar HP tersebut tetap awet dan tahan lama. Misalnya dengan menambahkan aplikasi antivirus Android terbaik berupa simple clean, clean master, game booster, memory booster, seeder, CCleaner dan masih banyak lagi aplikasi-aplikasi lainnya. Cara ini cukup jitu untuk menjual HP. Silahkan dicoba.

6. Carilah perbandingan harga HP

Dengan cara ini, penawaran dari pembeli dan penjual masing-masing memiliki sudut pandang yang berbeda yang membuat mereka saling mengutarakan keunggulan dan kelemahan dari HP yang dimaksud. Membandingkan bukan berarti berdebat. Cobalah untuk saling mengerti, dengan adanya keunggulan dan kelemahan dari HP tersebut, maka masing-masing dapat saling menarik kesimpulan demi tercapainya harga yang win win solution, atau harga yang cocok di kedua belah pihak.

Sponsors Link

7. Pasang harga yang pantas

Pasanglah harga yang pantas. Cara ini memudahkan anda untuk menjual HP anda. Karena anda sendiri dapat menakar berapa harga yang pantas untuk HP second anda. Sebaiknya tidak memasang harga yang terlalu tinggi. Anda juga perlu memasang harga HP anda sesuai dengan kondisi HP anda, apakah masih mulus, lancar dan apabila perlu anda bandingkan HP second anda dengan HP lain yang sekon dengan merek dan jenis yang sama, jadi anda dapat menarik kesimpulan untuk harga HP anda. Bila anda memasang harga terlampau tinggi, mungkin pembeli tidak akan mencoba menawar karena mereka sudah malas dengan harga yang terlalu tinggi.

8. Gunakan metode pembayaran

Disini dimaksudkan menjual dengan cara sistem COD atau cash on delivery. Dimana penjual dan pembeli akan bertatap muka untuk melakukan transaksi jual beli. Umumnya COD dilakukan dalam kota yang sama. Lokasi tempat bertemunya pun ditentukan oleh kedua belah pihak dan lebih baik bertemu di tempat umum, misalkan tempat makan, tempat nongkrong dan tempat-tempat umum lainnya. Tidak dianjurkan untuk bertemu ditempat tertutup atau tersembunyi supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Ada barang ada uang. Cara lainnya berupa transaksi menggunakan kredit. Cara ini cukup efektif karena sangat memanjakan pembeli untuk membayar menggunakan tempo atau jangka waktu dan sesuai dengan kesepakatan dari kedua belah pihak.

9. Berikan jaminan untuk meyakinkan pembeli

Yakinkan dengan HP yang anda jual ? yak, apabila anda yakin dengan kondisi HP yang akan anda jual, cobalah berikan jaminan supaya pembeli lebih tertarik membeli HP anda. Misalkan memberikan jaminan beberapa hari kedepan untuk HP anda. Memberikan jaminan disini bertujuan supaya meyakinkan pembeli bahwa HP yang anda jual tidak asal-asalan dan memang anda memang serius untuk menjual HP anda. Cara menjual HP di konter seperti ini juga dapat menunjang harga HP anda supaya lebih tinggi. Cukup efektif untuk menarik pembeli.

Sponsors Link

10. Jual kepada orang terdekat

Anda lebih mengetahui orang terdekat anda daripada orang lain. Disini bertujuan agar orang terdekat anda tau bahwa anda adalah orang dekat dan memang bertujuan untuk menjual HP anda dengan serius. Bisa anda tawarkan kepada saudara, teman, kerabat, tetangga, bahkan teman jauh sekalipun. Menjual kepada orang terdekat pula memberikan kepercayaan lebih kepada pembeli karena mereka sudah kenal dengan anda.

Teman memang teman, jangan menyalahgunakan kesempatan ini untuk menjual dengan harga yang tinggi. Pasang dengan harga yang cocok dengan kondisi HP anda supaya dapat langsung terjual. Dan apabila memungkinkan, anda juga dapat menjualnya dengan cara yang tadi sudah dijelaskan di no. 8 yaitu dengan cara kredit atau tempo. Dengan begitu teman anda tertarik untuk membeli HP anda. Tapi ingat, dan dengan catatan bahwa orang dekat anda dapat melunasi sesuai dengan kesepakatan waktu yang telah dibicarakan bersama.

11. Jual secara online

Jaman sekarang sudah modern, toko online sudah bergelimpangan dimana-mana. Aplikasi dan media sosial tak ketinggalan pula sebagai tempat untuk berjualan. Dengan jual secara online, anda dapat menjual tanpa perlu repot bertemu dan bertatap muka secara langsung dengan pembeli. Anda tinggal memasangnya saja pada situs-situs yang anda inginkan, misalkan Shoope, Tokopedia, Bukalapak, Kudos, OLX, dan situs-situs resmi lainnya. Selain situs, media sosial seperti Facebook dan Instagram pun juga dinilai sangat efektif untuk menarik niat pembeli untuk melirik HP anda. Bila kondisi HP anda baik, anda pun dapat memasang harga yang cukup baik pula tanpa perlu repot-repot bernegosiasi seperti layaknya anda menjual di konter HP. Salah satu cara menjual HP di konter secara online.

12. Buat foto dan deskripsi semenarik mungkin

Untuk yang ini, sangat disarankan. Mengapa demikian? karena biasanya dengan tampilan foto yang menarik dapat menarik hati pembeli karena menggambarkan HP yang akan anda jual. Selain foto, anda juga dapat menambahkan deskripsi menarik lainnya guna menambah nilai jual dari HP yang anda jual tersebut.

Sudah kita bahas cara menjual HP bekas di konter, selanjutnya tinggal anda praktekan. Selamat mencoba.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi