Sponsors Link

18 Kelebihan Hp Cina Android dan Kekurangannya

Sponsors Link

Cina adalah negara yang banyak memiliki pabrik, bahkan pabrik yang memproduksi alat telekomunikasi genggam atau handphone. Dan seperti yang Anda ketahui bahwa penjualan hp merk Cina cukup diakui sangat tinggi dan mampu menyaingi vendor-vendor hp dari negara lain. Bahkan di Indonesia sendiri, banyak sekali para penikmat gadget yang memilih hp buatan Cina sebagai hp andalan mereka. Berikut ini 7 merk hp dari yang terkenal dan banyak peminatnya:

ads

1. Lenovo

Orang selalu mengira kalau Lenovo adalah hp pabrikan dari Amerika. Ternyata Lenovo aslinya adalah pabrikan Cina. Lenovo sendiri mengklaim bahwa mereka adalah produsen smartphone terbesar nomor 3 setelah Motorola dan baru-baru ini Lenovo merilis dua smartphone terbaru yang memiliki kamera selfie dengan tipe S580 dan Livo.

Baca juga: Cara agar Hp Tidak Panas, Cara agar Hp Tidak Lemot.

2. Meizu

Di Indonesia Meizu tidak begitu terkenal seperti Lenovo, namun di negera tirai bambu tersebut Meizu paling diperhitungkan. Meizu sendiri juga telah merilis tipe hp MX4 dan MX4 Pro yang dilengkapi software yang tercatat paling tercepat.

3. ZTE

ZTE di Indonesia dikenal sebagai produsen modem yaitu Bolt yang koneksinya sangat cepat. Tapi lain halnya di Cina dan di Amerika, ZTE lebih dikenal sebagai produsen smartphone dan bahkan pernah mensponsori klub basket NBA.

4. Xiaomi

Xiaomi di negera asalnya pernah dituduh menjiplak smartphone premium keluaran Apple, karena desainnya yang hampir menyerupai iPhone. Akhirnya Xiaomi berhasil membuktikan kalau dia mampu mengeluarkan produk terbarunya yaitu Redmi dan Mi Series yang semakin mengukuhkan eksistensi dan kualitas produknya. Xiaomi juga berhasil menduduki peringkat 5 besar produsen smartphone, setelah mengeluarkan smartphone terbaru yaitu Xiaomi Mi Note.

Baca juga:

5. Oppo

Oppo sampai saat ini banyak dipakai oleh orang Indonesia. Dalam bahasa jawa berarti “apa”. Nama yang unik dan berkualitas tersebut tidak perlu waktu lama menarik minat pembeli. Apalagi Oppo sudah dilengkapi dengan kamera depan beresolusi tinggi yang memanjakan para pecinta selfie. Sampai saat ini, Oppo sudah membuka hampir ratusan toko di Indonesia dan akan terus melebarkan sayapnya agar bisa menguasai pangsa pasar smartphone.

6. OnePlus

OnePlus menjadi salah satu Android yang mempunyai RAM 3 GB, dengan resolusi kamera belakang 13 MP. Uniknya OnePlus dijual dengan harga yang masih cukup terjangkau, yaitu kisaran 4 juta rupiah. Namun penjualan OnePlus di Indonesia masih terbatas, jadi harus booking terlebih dahulu agar bisa membeli smartphone fenomenal tersebut.

7. Huawei

Huawei juga lebih dikenal sebagai penjual modem di Indonesia, sebelum akhirnya merambah ke dunia smartphone. Penjualan Huawei juga bisa dibilang lumayan, walaupun persentasenya masih kalah dengan merk hp Cina yang lain.

Baca juga: Hp Terlaris di DuniaHp Terlaris di Dunia.

Sponsors Link

Lalu mengapa hp buatan Cina tersebut banyak peminatnya dan tidak kalah dengan hp premium dari vendor yang sudah terkenal, seperti Samsung dan Apple? Tentu saja mereka menawarkan fitur dan kelebihan guna menarik perhatian konsumen, dimana kelebihan tersebut mampu menandingi hp premium. Berikut ini kelebihan hp Cina yang menjadi nilai lebih bagi para penggunanya:

  1. Rata-rata smartphone buatan Cina mempunyai kapasitas baterai terbesar. Baca juga: Hp Baterai Awet.
  2. Memiliki body yang tipis dan elegan seperti hp premium.
  3. Pertumbuhan produsen smartphone paling cepat di Cina. Xiaomi merupakan smartphone yang paling cepat berkembang, diawali merilis smartphone pertamanya dan menyaingi Huawei yang duduk di peringkat 1.
  4. Mengusung RAM terbesar, bahkan bisa dibilang hp Cina adalah pelopor RAM besar. Kapasitas RAM hp premium pun masih ada yang belum bisa menandingi RAM hp Cina. Baca juga: Hp RAM Terbesar di Dunia.
  5. Kamera selfie terbesar yang pertama kali dipelopori oleh hp besutan Oppo, lalu mulai diikuti oleh berbagai vendor lainnya. Baca juga: Hp Kamera Terbaik.
  6. Smartphone asal Cina dinilai mempunyai varian terbanyak.
  7. Harganya relatif terjangkau dan murah untuk semua kalangan. Bahkan dengan harga murah, Anda sudah bisa mendapatkan hp dengan spesifikasi bagus, mumpuni dan canggih, sekelas hp premium.

Baca juga:

Namun dibalik semua kelebihan yang dimilikinya, hp Cina juga memiliki kekurangan yang patut Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli. Walaupun tergiur dengan kelebihan hp Cina, namun bisa jadi Anda malah menyesal setelah tahu kekurangannya. Berikut kekurangan hp Cina:

  • Smartphone asal Cina memiliki trackpad hp yang terlalu keras dan komponennya bisa rusak kapan saja apabila sering terkena sinar matahari.
  • Restart secara tiba-tiba, dikarenakan terlalu banyak program di dalamnya, sehingga tidak bisa menampung terlalu banyak memori dan bisa juga disebabkan karena penggunaan internet yang terlalu over.
  • LCD tipis, sehingga jika hp terjatuh, layar kaca rawan pecah dan akan merusak komponen di dalamnya.
  • Kualitas audio input yang kurang bagus, jika merekam maka harus diperjelas dengan software lain di komputer.
Sponsors Link

Baca juga: Cara Cek Keaslian iPhoneCara Mengecek Keaslian Hp Samsung.

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangannya, sekarang saatnya Anda harus memperhatikan tips membeli hp Android buatan Cina agar tidak tertipu:

  1. Seperti yang diketahui kalau smartphone asal Cina pasti terbilang lebih murah daripada Samsung, Sony, sampai Apple. Memilih smartphone asal Cina dengan harga murah boleh saja, asal Anda jeli dalam memperhatikan spesifikasi, fitur dan design yang ditawarkan.
  2. Cina terbaik dalam soal meniru, terlihat dari design smartphone yang hampir sama dengan smartphone ternama lainnya. Untuk Build Quality seharusnya diperhatikan secara seksama, karena terkadang jika smartphone dijual murah biasanya kualitasnya rendah, casing dari bahan murah dan body hp juga ringkih.
  3. Pastikan smartphone tersebut bergaransi 1 tahun, karena untuk berjaga-jaga apakah hp yang Anda beli cacat produksi atau rusak hanya dalam beberapa waktu setelah pembelian.
  4. Tentukan merk hp Cina yang akan Anda beli. Galilah informasi sebanyak mungkin dari hp yang akan Anda beli atau bisa juga Anda tanya pada orang yang lebih tahu menahu tentang kualitas hp.
  5. Hal yang sangatlah penting adalah Anda harus mengetahui dimana tepatnya service center-nya, agar sewaktu-waktu apabila hp yang Anda beli rusak, tidak bingung lagi untuk mencari dimana service center-nya.
  6. Menurut Ditjen Postel, dalam membeli hp carilah buku panduan dalam bahasa Indonesia, karena di dalamnya dijelaskan secara lengkap fitur hp yang dibeli dan juga periksalah apakah hp yang dibeli ada tidaknya barcode IMEI yang sudah terdaftar.
  7. Periksa secara benar-benar apakah fitur dan kelengkapan atau aksesoris hp yang Anda beli sesuai dengan yang terpampang di kotak atau buku panduan.

Demikian penjelasan mengenai kelebihan hp Cina beserta kekurangan dan tips membeli hp Android buatan Cina. Semoga bermanfaat.

, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi