Sponsors Link

10 Cara agar Hp Tidak Panas Lagi dan Cara Mendinginkannya

Sponsors Link

Hp kesayangan kamu panas, apa penyebab handphone mudah panas, dan bagaimana solusinya? Jangan khawatir hampir semua handphone mengalami hal yang sama, entah itu ponsel dengan harga murah atau telepon pintar mewah yang harganya hampir menyamai sepeda motor.

ads

Patut kita ketahui handphone panas memang hal yang wajar, namun adapun beberapa faktor panas lama kelamaan bisa menyebabkan smartphone terganggu performa dan lebih parah lagi hp bisa mengalami mati total. Oleh sebab itu kita harus mengerti dan mempelajari apa sebenarnya yang membuat hp mudah panas. Kami akan mengulas penyebab handphone mudah panas dan solusinya, jadi tetap baca artikel ini hingga selesai. Sebelumnya ada dua aspek utama yang membuat mudah panas yaitu perangkat lunak dan keras.

Baca juga: Cara Menghilangkan Iklan di Hp Android.

Penyebab Handphone Mudah Panas

  • Penyebab Software

Perangkat lunak pada ponsel merupakan masalah yang serius namun sering dianggap enteng oleh penggunanya. Seringkali kita tak memperhatikan penggunaan aplikasi yang berlebihan pada smartphone padahal seperti diketahui tak semua jenis telepon genggam berspesifikasi tinggi mampu menahan semua aplikasi yang berjalan maupun memori sampah yang tak kita bersihkan secara teratur.

  • Penyebab Hardware

Perangkat keras adalah salah satu ganjalan utama pada handphone yang seringkali menjadi boomerang. Berspesifikasi tinggi pada hardware belum tentu menjadi garansi smartphone berjalan dengan baik tanpa hambatan. Semua kembali ke pengguna hp tersebut, apakah mereka merawat hp dengan baik atau malah sebaliknya. Namun dengan spesifikasi tinggi pada hardware malah sering terkesan ngawur dalam menggunakannya. Gadget memang layaknya manusia jika bekerja terlalu keras sebesar apapun kelebihannya tetap saja akan menurunkan performa yang dimilikinya.

Baca juga:

Jika Anda pernah mendengar istilah PA atau pemancar yang mencari sinyal pada handphone, mungkin Anda mulai belajar untuk lebih menjaga kesehatan hp kesayangan. Pencari sinyal pada hp lebih sering terkena imbasnya ketika handphone dipaksakan, semisal di pedalaman yang sinyalnya kurang menjanjikan namun Anda memaksa sinyal hp menjadi 4G.

Tips dan Trik agar Hp Tidak Panas

Setelah membahas penyebab handphone mudah panas, selanjutnya kami akan menguraikan bagaimana sih cara mengatasi handphone yang mudah panas, baik dari hardware maupun software akan kami kupas secara tuntas pada artikel kali ini. Berikut beberapa langkah yang harus dilakukan untuk menghindari hp mudah panas:

Dari Segi Hardware

1. Baterai 

Langkah pertama yaitu periksa baterai pada hp apakah kondisinya layak. Gunakan baterai asli dari produsen telepon genggam yang Anda miliki, jangan tergiur embel-embel double power baterai yang beropini memiliki daya tahan besar dan mampu bertahan lama.

Baca juga: Hp Baterai Awet, Hp RAM Terbesar di DuniaHp Tercanggih di Dunia.

2. Bersihkan Gadget Secara Teratur                                                                                                                      

Jangan mengabaikan kebersihan pada gadget karena ini adalah hal yang penting. Debu yang menempel pada hardware menjadikan sebagian perangkat keras tak berjalan semestinya sehingga ada satu perangkat yang harus bekerja secara ganda. Sebelumnya patut kita sadari bahwa handphone yang memiliki kualitas tinggi tidak banyak mendesain gadget mereka dengan banyak lubang yang tidak perlu dikarenakan debu bisa masuk dan mengganggu kinerja.

Sementara untuk cara mengatasinya cukup mudah apalagi jika kamu memiliki alat bernama vacum cleaner mini yang biasanya digunakan oleh teknisi komputer untuk membersihkan debu yang menempel pada laptop maupun PC. Namun jika kamu tak memiliki vacum cleaner yang dimaksud, ada alternatif lain seperti kapas maupun cotton bath pembersih telinga untuk membersihkan debu yang masuk melalui sela handphone.

Baca juga: Cara Jailbreak iPhoneKelebihan Hp Android Setelah di Root.

Sponsors Link

3. Simpan Ponsel pada Tempat yang Tepat

Seringkali kita tidak peduli dimana kita menyimpan ponsel saat dalam keadaan tak terpakai atau mati. Namun sebenarnya ini adalah penyebab handphone mudah panas yang cukup vital. Sekalipun perangkat yang Anda gunakan bukanlah OS Android, ponsel Anda akan overheating dengan cepat jika tersimpan di tempat sembarangan, sebagai contoh terkena sinar matahari langsung.

Ponsel yang ditaruh di tempat lembab juga penyebab utama ketika perangkat keras pada ponsel berkarat karena setelah mengalami pelembaban ponsel akan bekerja keras untuk menjadikan suhu stabil. Dan jika ini dibiarkan dalam jangka waktu yang lama, bukan tidak mungkin ponsel Anda mendadak panas lalu mati total, maka dari itu simpanlah ponsel Anda dalam keadaan yang normal, tak kepanasan dan tak juga lembab.

Baca juga: Cara Mengecek Keaslian Hp SamsungCara Cek Keaslian iPhone.

 4. Jangan Sembarang Menggunakan Adaptor Charger

Mungkin sebenarnya Anda sudah sadar apa yang akan timbul ketika anda menggunakan adaptor charger sembarangan. Namun dalam keadaan apapun di zaman digital ini kita memang tak sabar dan tak kuat melihat ponsel nganggur. Namun jika Anda masih ingin melihat ponsel kesayangan Anda tetap bekerja dengan semestinya dan normal, tinggalkan kebiasaan menggunakan adaptor charge sembarangan.

5. Menggunakan Kabel Data Sembarang Merk

Saya akui masalah yang satu ini pernah menjadi masalah pribadi saya dan terjadi pada handphone kesayangan yang baru berumur 4 jam saya charge pakai kabel USB sembarang, akhirnya port USB pada ponsel rusak dan harus diganti dengan biaya yang sebenarnya bisa untuk membeli kabel USB 10 biji.

Untuk pelajaran dan saya sarankan jangan memakai kabel USB sembarang. Saya masih beruntung ponsel tidak mati total atau lebih parahnya lagi meledak. Maka dari itu pakailah kabel data original dengan kualitas baik dan berhati-hati karena banyak kabel data palsu di pasaran aksesoris smartphone.

Baca juga: Kelebihan Android Lollipop.

6. Beri Perangkat Keras Waktu Istirahat

Sama halnya manusia ponsel juga memiliki stamina yang terbatas dan tak boleh dipaksakan dalam penggunaannya. Hal pertama mungkin akan menyerang pada berkurangnya daya tahan baterai lalu baterai tidak bisa digunakan lagi, dan yang paling parah mati total. Maka dari itu berilah ponsel sedikit waktu istirahat karena patut Anda ketahui, sekalipun dalam keadaan dicharge, hardware tetap bekerja menjaga agar suhu ponsel stabil.

Baca juga: Penyebab Hp Bootloop.

7. Jangan Memaksa Sinyal

Menurut pengalaman saya sebagai pengguna ponsel Android, memaksa sinyal adalah penyebab paling vital yang sering terjadi. Ketika kita berada dalam ruangan kedap suara maupun daerah jarang signal provider ponsel. Handphone yang kita gunakan bekerja dua kali lipat dalam mencari sinyal.

ads

Terlebih jika Anda menyetel sinyal handphone pada modus 4G, tidak semua daerah sudah terjamah jaringan 4G, bahkan beberapa daerah pun belum support jaringan WCDMA. Solusinya Anda terpaksa menggunakan sinyal Edge dan tak menggunakan internet. Jika signal Edge atau 2G masih sulit Anda dapatkan, akan lebih baik lagi jika Anda mengaktifkan modus pesawat.

Baca juga: Tips Membeli Hp Android.

8. Jangan Gunakan Gadget dalam Keadaan Dicharge

Cara agar hp tidak panas yang terakhir dari segi hardware adalah hindari penggunaan ponsel ketika sedang dicharge. Hal ini merupakan hal yang sulit untuk dihilangkan, bisa dibilang ponsel akan berhenti bekerja jika kita dalam keadaan tertidur atau saat bekerja. Maka dari itu maksimalkan waktu jeda ponsel tersebut untuk charge handphone sehingga baterai akan awet dan tak mudah drop, dan rajinlah memeriksa keadaan baterai yang mungkin saja bisa berubah sewaktu-waktu tanpa kita sadari.

Dari Segi Software

Tak lengkap rasanya jika saya sudah berbicara panjang lebar mengenai hardware ponsel, jika tak membahas saudara tirinya. Software adalah perangkat lunak atau aplikasi pada handphone yang sering kita install tanpa memperhatikan memori ponsel yang dimiliki maupun Random Acces Memori yang sering disingkat RAM. Program pada ponsel juga sering kali menjadi penyebab handphone panas yang sering di abaikan oleh penggunanya, berikut saya bagikan cara agar hp tidak panas dari segi software :

  • Instal Aplikasi Sesuai Spesifikasi Handphone

Seringkali user handphone menggenjot memori ponsel dengan puluhan aplikasi yang memakan RAM sangat banyak, sehingga lama kelamaan handphone melambat dan memanas. Maka dari itu install aplikasi sesuai dengan spesifikasi. Lebih efektif lagi install saja program yang sudah pasti digunakan, berhati-hatilah ketika sedang browsing dan download, karena seringkali para blogger memasang adsense auto link download, sehingga tanpa kita sadari kita sedang mendownload program tidak perlu.

Baca juga: Hp Terlaris di IndonesiaHp Termahal di Indonesia, Hp Termurah di Indonesia.

  • Hindari Penggunaan Aplikasi Ganda

Ketika Anda membuka salah satu aplikasi tanpa menutup program lain yang sedang berjalan, sebenarnya Anda sedang menggunakan dua aplikasi dalam waktu bersamaan. Sebagai contoh sering terjadi user menggunakan kamera lalu masuk program pesan instan. Itu menyebabkan dua aplikasi terbuka, parahnya kamera adalah perangkat input yang memakan daya baterai lebih sehingga menyebabkan hp cepat panas.

Solusinya, setelah menggunakan hp alangkah baiknya Anda mengecek pada menu pengaturan dan lihat aplikasi berjalan apakah ada program yang tak seharusnya berjalan, jika ada paksa berhenti saja. Namun jika aplikasi asli biarkan saja karena dikhawatirkan malah menyebabkan kerusakan.

Baca juga: Jenis Jenis Smartphone.

Cara Cepat Mendinginkan Hp

Jika di atas sudah mengupas apa penyebab hp mudah panas dan bagaimana solusinya, kali ini saya akan membagikan cara cepat mendinginkan hp yang panas, namun cara ini tidak permanen. Pertama yang harus kamu lakukan adalah aktifkan mode pesawat, sehingga semua koneksi akan mati, namun jangan khawatir jika masih tetap ingin menggunakan internet, berikut cara nya :

  • Ketik *#*#4636#*#*
  • Lalu informasi telepon
  • Lalu pilih hidupkan radio
  • Langkah terakhir percobaan

Baca juga: Aplikasi Edit Video Terbaik AndroidAplikasi Kamera Android Terbaik.

Langkah tersebut cukup ampuh, namun tidak dapat menerima panggilan, tapi masih bisa terhubung ke internet dan tetap bisa stalking. Sekian artikel tentang penyebab hp panas dan cara agar hp tidak panas lagi. Semoga bermanfaat, selamat mencoba.

, , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi