Sponsors Link

Lebih Baik iPhone XS atau iPhone XS Max? Ini Reviewnya

Sponsors Link

iphone xs vs iphone xs maxSalah satu vendor smartphone terlaris di pasaran, Apple, sukses menggebrak dunia perponselan dengan merilis dua seri iPhone mereka yang diberi nama iPhone XS dan iPhone XS Max di September 2018 lalu. Sebelumnya, vendor yang bermarkas di Amerika Serikat ini sudah lebih dulu merilis iPhone X yang dinilai sangat revolusioner berkat desain bodi yang ia usung. Apple berhasil menghilangkan home button yang sudah identik dengan produk iPhone milik mereka. Perubahan tersebut pun menuai banyak pro dan kontra.

Masih mengadopsi desain yang sama dengan sang kakak, iPhone XS dan iPhone XS Max hadir dengan layar nyaris tanpa bezel yang dikombinasikan dengan notch alias poni di bagian atas layar. Desain notch ala Apple pun kemudian diikuti oleh vendor-vendor lain seperti Oppo, Xiaomi, Realme, Vivo, dan masih banyak lagi dan sontak saja notch menjadi trend yang nampaknya akan terus berjaya hingga dua tahun kedepan.

Bukan Apple namanya kalau menghadikan hp yang biasa-biasa saja. iPhone rilisan Apple selalu sukses menjadi perbincangan panas di kalangan para pecinta gadget. Tak terkecuali, iPhone XS dan iPhone XS Max yang hadir dengan teknologi termutakhir Apple yang pastinya punya banderol harga fantastis. Kata “mahal” sudah melekat kuat pada image Apple sehingga anda tentu sudah tidak kaget lagi jika dua hp terbaru Apple ini dihargai hingga belasan juta rupiah.

Dirilis di waktu yang bersamaan, banyak dari anda yang mungkin masih bingung apa perbedaan iPhone XS dan iPhone XS Max dan mana yang lebih baik di antara keduanya jika dilihat dari harga dan spesifikasi yang diusung. Yang pasti, baik iPhone XS maupun iPhone XS Max sama-sama seri terbaru iPhone yang sangat worth to buy karena dua hp flagship ini siap mengakomodir segala kebutuhan anda.

Jika anda perhatikan, perbedaan mencolok di antara iPhone XS dan iPhone XS Max ada pada ukuran bodinya. iPhone XS punya desain yang mungil dan compact sama seperti iPhone 7 yang  berdimensi layar 4,7 inci. Lain halnya dengan iPhone XS Max yang punya bentang layar luas sebesar 6,5 inci dimana dimensi layar seperti ini sudah Apple adopsi di seri iPhone Plus milik mereka seperti Apple iPhone 6 Plus.

Buat anda yang masih bingung akan mana yang lebih baik iPhone XS atau XS Max, berikut kami sajikan review singkat mengenai siapa yang lebih baik secara kualitas dan spesifikasi: iPhone XS atau iPhone XS Max? Review singkat ini tentunya akan berguna untuk anda yang kebetulan sedang bingung akan iPhone terbaru mana yang ingin anda beli. Ini dia review-nya.

Ukuran Layar

Meskipun sama-sama punya layar Retina Display ala Apple, baik iPhone XS dan iPhone XS Max punya perbedaan besar di sisi layarnya. Jika anda mengingikan hp yang compact di genggaman, maka iPhone XS adalah pilihan yang tepat karena ia punya dimensi layar yang jauh lebih kecil ketimbang iPhone XS MAX dengan layar berdimensi 6,5 incinya. Namun, jika anda ingin user experience yang lebih oke, maka pilihlah iPhone XS Max karena dengan bentang layar seluas 6,5 inci yang dikombinasikan dengan resolusi 2688 x 1242 piksel, aktivitas seperti main game, menonton video akan lebih nyaman dilakukan di iPhone XS Max ini. Selain itu, sudah menjadi ciri khas iPhone seri Plus dimana anda mampu memutar layar menjadi landscape. Fitur ini absen di iPhone non-plus.

Baterai

Dengan ukuran bodi yang lebih besar ketimbang iPhone XS, iPhone XS Max punya baterai jumbo berkapasitas 3.174 mAh yang jauh lebih besar ketimbang iPhone XS dengan baterai 2.658 mAh saja. Tentu saja, baterai dengan kapasitas besar akan membuat daya tahan baterai anda menjadi lebih lama dan awet. Jika baterai merupakan pertimbangan besar anda sebelum membeli iPhone, maka iPhone XS Max adalah produk Apple saat ini yang paling best deal karena ia mampu bertahan 30 menit lebih lama dibanding iPhone XS.

Berat Bodi

Hp yang ideal adalah hp yang punya bobot ringan sehingga nyaman untuk dibawa kemana-mana. Jika anda sebelumnya sudah pernah memakai iPhone seri Plus, tentu anda sudah tidak asing lagi jika iPhone dengan seri jauh lebih berat ketimbang iPhone seri non-plus dimana untuk sebagian orang, iPhone seri Plus agak cukup repot untuk digenggam oleh tangan. Jika anda menginginkan iPhone yang ringan dan praktis, maka pilihlah iPhone XS yang punya berat sekitar 6,24 ons atau 177 gram saja. Berat iPhone XS jelas lebih ringan ketimbang iPhone XS Max dengan berat sekitar 7,34 ons atau 2018 gram.

Dukungan Dual-SIM

Pertama kalinya dalam sejarah Apple, ia menyedikan slot dual-SIM di produk iPhone milik mereka. Desas-desus ini sebelumnya sudah terdengar beberapa minggu sebelum iPhone XS dan iPhone XS Max diperkenalkan ke publik sehingga tentu saja saat Apple benar-benar merealisasikan kemampuan dual-SIM di iPhone, hype yang dihasilkan menjadi sangat besar. Namun, fitur ini hanya bisa anda dapatkan di dua produk Apple saja yaitu iPhone XS Max dan iPhone XR yang mendukung Nano SIM dan e-SIM. Jadi, jika anda butuh dua SIM di produk Apple, maka iPhone XS Max jelas jauh lebih unggul ketimbang iPhone XS.

Setelah memberikan review singkat mengenai lebih baik iPhone XS atau XS Max, kami merekomendasikan anda untuk membeli iPhone XS Max ketimbang iPhone XS karena iPhone XS Max yang merupakan iPhone seri Plus, punya lebih banyak kelebihan ketimbang iPhone XS. Jelas, perbedaan besar ini dapat terlihat dari bentang layar yang digunakan dimana iPhone XS Max memungkinkan anda untuk memutar layar menjadi landscape.

Demikian artikel mengenai lebih baik iPhone XS atau XS Max ini kami sajikan untuk anda. iPhone XS dan iPhone XS Max dapat anda dapatkan di retailer resmi Apple di Indonesia dengan harga yang bervariasi sesuai dengan kapasitas memori yang ditawarkan. Silakan sesuaikan dengan budget dan kebutuhan anda. Semoga apa yang kami sajikan ini bermanfaat.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Review