Sponsors Link

8 Cara Mengatasi iPhone Bootloop Secara Mudah

Sponsors Link

Para pecinta gadget tentu masih menjawab iPhone jika ditanya merk hp terbaik apa yang menjadi idaman. Tak bisa ditampik, iPhone memang masih menjadi raja dalam dunia gadget yang semakin dinamis ini. Kecanggihan yang ditawarkan membuat iPhone masih menjadi barang mahal yang hanya bisa dinikmati masyarakat menengah ke atas. Akan tetapi, secanggih dan sehebat apapun sesuatu yang dibuat oleh manusia, tentu masih ada kekurangan di dalamnya. Kekurangan yang hampir tak terlihat ini merupakan masalah yang sebenarnya sangat umum terjadi yaitu: iPhone mengalami bootloop.

ads

iPhone yang bootloop paling sering dikarenakan penginstalan aplikasi atau tweak dari Cydia yang tidak cocok dengan versi iOS perangkat yang kita punya. Walaupun cara jailbreak iPhone bisa dibilang tidak terlalu sulit, namun kekurangannya dapat menjadi salah satu penyebab hp bootloop.

Bootloop juga sering terjadi karena banyaknya aplikasi maupun theme yang telah terinstal pada perangkat kita. Tak hanya itu, masalah kegagalan hardware juga bisa memicu ponsel bootloop atau bahkan stuck di logo Apple seperti kerusakan pada salah satu komponen. Namun, pengguna iPhone tidak perlu khawatir. Karena apapun masalahnya pasti ada jalan keluarnya. Termasuk masalah bootloop pada iPhone ini. Berikut ini terdapat beberapa cara mengatasi iPhone bootloop. Apa aja sih, yuk mari disimak!

1. Lakukan Hard Reset pada iPhone

Jailbreak iPhone memang memudahkan Anda untuk menginstal berbagai aplikasi dan tema. Namun semakin banyak yang didownload akan menyebabkan iPhone bootloop. Cara termudah untuk mengatasi masalah ini adalah dengan hard reset perangkat. Cara tersebut adalah:

  • Tekan tombol HOME + POWER secara bersamaan selama beberapa detik hingga muncul logo Apple
  • Tekan dan tahan tombol Volume UP ketika perangkat melakukan proses boot
  • Kemudian masuk ke Springboard dan buka Cydia
  • Ingat-ingat kembali Aplikasi apa yang kita install terakhir sebelum perangkat iPhone mengalami bootoop, kemudian hapuslah aplikasi tersebut
  • Setelah itu cobalah reboot pada iPhone. Apabila proses reboot telah selesai dan masuk ke home screen berarti cara ini sudah berhasil dilakukan

2. Restore iOS pada Perangkat

Jika cara pertama belum berhasil membuat iphone sembuh dari bootloop, cobalah cara yang ini. Cara ini membutuhkan bantuan aplikasi iTunes dan juga komputer sebagai medianya. Sebelumnya kita harus paham dulu bagaimana iPhone bisa terhubung ke iTunes. Nah, untuk lebih mudahnya berikut ini caranya:

  • Tekan tombol HOME + POWER hingga layar iPhone mati
  • Siapkan USB yang sesuai dengan perangkat (original)
  • Hubungkan perangkat dengan komputer dengan USB kemudian jalankan iTunes
  • Posisikan perangkat ke Device Firmware Update (DFU) dengan menekan tombol HOME dan POWER secara bersamaan selama kurang lebih 10 detik. Lepaskan tombol POWER namun tetap menekan tombol HOME. Setelah sekitar 10 detik lepaskan tombol HOME
  • iTunes akan menampilkan pesan jika langkah diatas sudah benar dilakukan. Kemudian setelah mendapat pesan tersebut, iTunes akan otomatis memproses restore perangkat ke posisi default.
  • Setelah proses restore selesai iPhone akan reboot dengan sendirinya. iTunes memberikan opsi untuk me-restore dari backup yang pernah dilakukan. Proses ini memerlukan waktu kurang lebih 2 – 3 jam lamanya
  • Setelah proses restore, akan muncul notifikasi dan perangkat akan melakukan reboot.
  • Terakhir, sinkronisasikan perangkat dengan iTunes yang sudah dimiliki

3. Melalui Recovery Mode

Cara lain untuk mengatasi iPhone yang bootloop ini yaitu dengan melalui recovery mode. Sama halnya cara mengatasi iPhone stuck di logo iTunes, langkah ini dilakukan manakala iTunes tidak bisa terdeteksi. Caranya sebenarnya sangat mudah, hanya saja tetap perlu berhati-hati. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Matikan dahulu perangkat iPhone
  • Siapkan USB yang sesuai dengan perangkat (original)
  • Siapkan komputer yang sudah memiliki aplikasi iTunes. Ingat, jangan masukkan port lightning iPhone terlebih dulu
  • Tekan dan tahan tombol HOME selama beberapa detik
  • Tekan terus hingga logo iTunes muncul di layar iPhone
Sponsors Link

4. Charge Baterai iPhone

Baterai merupakan nyawa dalam sebuah ponsel. Bagaimanapun juga kita harus menjaga daya akan baterai ponsel kita. Salah satu cara menjaganya yaitu dengan segera mengisi ulang daya jika sudah mendekati level kritis. Jangan sampai ponsel mati hanya gara-gara baterai telat diisi. Yang sering disepelekan yaitu melakukan isi ulang daya dengan tetap menggunakan ponsel tersebut, padahal ponsel harus dalam kondisi off ketika di-charge.

Jika iPhone yang kita miliki mati total hingga benar-benar tak bisa dinyalakan dengan cara normal, maka salah satu cara sederhana yang bisa kita lakukan yaitu dengan mengisi baterai iPhone. Seperti yang kita ketahui bahwa iPhone akan menyala jika kita mengisi baterai iPhone dalam keadaan mati. Jika sistem hardware iPhone normal, maka iOS akan hidup ketika baterai diisi dayanya. Anda juga perlu mempelajari cara merawat baterai tanam agar baterai iPhone tidak rusak.

5. Cek Konektor Baterai

Hal lain yang tak kalah penting adalah mengecek konektor baterai. Jika konektor baterai rusak maka segera perbaiki. Dalam hal ini kita harus berhati-hati dalam proses memperbaikinya. Lebih baik serahkan proses ini ke pihak yang sudah expert seperti di Apple Store karena perubahan perangkat keras yang tidak layak dapat menyebabkan kerusakan pada perangkat. Jika langkah ini telah berhasil, jaga perangkat dengan memberikan daya listrik yang sesuai dan memadai. Kemudian kita bisa me-reboot sistem dan perangkat akan kembali normal.

ads

6. Menggunakan Tools Pihak Ketiga Tanpa Menghilangkan Data

Kita juga bisa menggunakan tools pihak ketiga untuk memulihkan iPhone yang sedang bootloop ini. Tools yang bisa digunakan yaitu iMyFone D-Back. Tools ini merupakan profesional recovery tool yang akan membantu memulihkan iPhone ke dalam sistem normal dan merecovery data yang hilang dari iPhone, iTunes backup atau iCloud backup. Langkah – langkah untuk menggunakan tools ini yaitu:

  • Download iMyFone D-Back untuk PC
  • Lakukan instalasi di komputer, setelah selesai prosesnya lalu jalankan. Pilih opsi “Fix iOS System” kemudian pilih opsi dari mode yang diperlukan
  • Hubungkan iPhone ke komputer dan ikuti instruksinya untuk memulihkan permasalahan pada iPhone ini
  • Program ini akan menemukan paket yang sesuai dengan paket firmware untuk iPhone. Kemudian Klik tombol download, proses ini akan memakan waktu beberapa menit
  • Setelah mendownload dan memverifikasi paket firmware, program ini akan memulai proses perbaikan. Proses ini hanya memerlukan waktu beberapa menit. Dan setelah itu iPhone akan kembali normal seperti semula.

7. Menggunakan Mode Factory Reset

Demi iPhone yang berjalan normal, kita bisa menggunakan metode factory reset ini. data pada ponsel akan dihapus seluruhnya. Jika kita telah melakukan backup di iTunes, data dapat dikembalikan seperti semula. Untuk memulihkan iPhone menggunakan cara ini yaitu dengan cara:

  • Siapkan kabel USB yang sesuai dengan perangkat (original)
  • Hubungkan kabel USB ke perangkat, namun jangan hubungkan ujung yang lain ke komputer
  • Kemudian tekan tombol HOME selama beberapa detik saat menghubungkan ke komputer
  • Setelah itu launch iTunes pada sistem untuk melakukan proses recovery mode. Icon iTunes akan muncul pada layar. Kemudian lepaskan tombol HOME, dengan demikian kita telah menyalakan proses recovery mode pada perangkat.
  • Setelah itu kita bisa mengembalikan data yang telah dicadangkan tadi

8. Restore iPhone Operating System dengan PhoneRescue

Apabila beberapa cara mengatasi iPhone bootloop di atas belum menunjukkan tanda-tanda bahwa iPhone akan berjalan normal kembali, maka tak ada salahnya melakukan cara ini. Proses ini berjalan dengan metode me-restore sistem operasi pada iPhone. Mungkin kita berpikir bahwa untuk me-restore tersebut bisa menggunakan iTunes. Tapi seperti yang kita ketahui bahwa iTunes bisa menyebabkan kehilangan data jika kita tidak mencadangkan sebelumnya.

Nah, pada langkah ini ada tools untuk me-restore sistem operasi tanpa menghilangkan data yang kita punya. Tools tersebut adalah PhoneRescue, tools ini dikembangkan untuk membantu user iOS dan Android untuk me-recovery hilangnya data. Dengan ditambahkannya beberapa fungsi baru, tools ini bisa memudahkan dan membantu user dalam me-restore sistem operasi pada iPhone tanpa menyebabkan hilangnya data.

Beberapa langkah untuk menggunakan tools ini yaitu:

  • Download aplikasinya
  • Install aplikasinya kemudian jalankan
  • Hubungkan iPhone ke komputer menggunakan kabel USB yang sesuai dengan perangkat (original)
  • Pilih iOS Repair Tools lalu klik tombol panah untuk menuju menu selanjutnya
  • Pilih Advance Mode lalu klik tombol panah untuk menuju menu selanjutnya. Cek info perangkat lalu klik Download untuk mengunduh package yang akan digunakan untuk merepair sistem iOS. Setelah proses unduhan selesai, PhoneRescue akan melakukan proses repair secara otomatis.
  • Matikan iTunes ketika PhoneRescue berjalan untuk me-recovery data iOS
  • Normalnya, bootloop yang terjadi karena sistem biasanya akan mudah ditangani dengan memilih Advanced Mode, tetapi jika dikarenakan oleh hardware maka harus memilih Standard Mode untuk me-restore sistem operasi iPhone.

Itulah beberapa cara mengatasi iPhone bootloop. Silakan memilih ingin memperbaiki masalah tersebut dengan menggunakan cara yang mana. Jika semua langkah diatas belum juga menjadi solusi dalam pemecahan masalah ini, maka solusi terakhir adalah dengan membawa iPhone ke service center yang sudah direkomendasikan oleh Apple. Bagaimanapun juga masalah seperti ini juga tak bisa disepelekan, pihak yang sudah expert juga diperlukan jika sudah mentok. Yang bisa kita lakukan sedini mungkin adalah mengantisipasi supaya masalah pada iPhone ini tidak terjadi pada iPhone milik kita.

Selamat mencoba dan semoga berhasil.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi