Sponsors Link

2 Cara Memindahkan Lagu dari iTunes ke iPhone Paling Mudah

Sponsors Link

Apakah Anda salah satu pengguna iPhone yang masih bingung cara memindahkan lagu dari iTunes ke iPhone? Jika iya, maka Anda berada di wadah informasi yang tepat untuk mencari solusi mengatasi kesulitan dalam menggunakan perangkat iPhone yang Anda miliki.

ads

Sampai saat ini, sudah 16 tahun iTunes selalu menjadi perangkat musik yang melekat pada iPhone. Perkembangan iTunes dalam satu dekade terakhir melesat tajam menjadi pelopor perangkat musik berbayar yang semakin digandrungi banyak pengguna. Peran iTunes sebagai perangkat pemutar media seperti lagu, video dan streaming membuat iPhone semakin laris di pasaran. Hal tersebut ternyata membuat pabrikan iPhone, Apple, terus mengembangkan inovasi perangkat media yang selalu mengedepankan kemudahan dan eksklusifitas bagi penggunanya.

Meskipun sudah semakin banyak platform pemutar media yang bermunculan, iTunes masih menjadi aplikasi media yang paling sering digunakan oleh pengguna iPhone dan bahkan pengguna platform lain. Terkadang para pengguna iPhone diharuskan untuk membeli lagu dan video yang tersedia di iTunes untuk dapat menikmati lagu dan video tersebut. Namun, para pengguna iPhone yang tidak memiliki akun informasi pembayaran dapat menikmati lagu dan video dengan cara import data dari komputer ke iTunes untuk kemudian diexport ke iPhone.

Proses transfer file musik atau video dari iTunes ke iPhone dapat dilakukan dengan menggunakan kabel USB atau Wi-Fi. Namun, sangat disarankan untuk selalu menggunakan kabel USB agar proses transfer file berlangsung lebih cepat. Baca juga mengenai cara memilih kabel USB yang bagus dan cara membuat Android support USB OTG.

Ada 2 cara memindahkan lagu dari iTunes ke iPhone, diantaranya:

1. Memindahkan lagu dan video secara otomatis menggunakan iTunes

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka aplikasi iTunes,
  • Kemudian sambungkan iPhone Anda dengan perangkat USB untuk transfer data,
  • Setelah tersambung, di panel sebelah kiri halaman iTunes, pilih menu Device dan klik logo iPhone yang Anda sambungkan.
  • Jika panel di sebelah kiri tidak muncul saat Anda tiba di halaman iTunes, klik menu View kemudia klik Show Sidebar atau tekan tombol Ctrl+S di keyboard Anda.
  • Setelah perangkat iPhone yang ingin diexport data selesai dipilih, pilih menu Music di bagian tengah atas halaman iTunes.
  • Kemudian centang kotak Sync Music dan klik Selected, artist, albums, and genres.
  • Kemudian centang beberapa folder media yang ingin diexport lalu klik Apply.

Perlu diketahui bahwa jika Anda melakukan export/import data dari iTunes ke iPhone Anda via komputer yang berbeda, maka akan ada pemberitahuan dari iTunes untuk melakukan sinkronisasi ulang. Baca juga mengenai cara mengatasi No Service pada iPhone.

2. Memindahkan lagu dan video secara manual menggunakan iTunes

Jika Anda tidak ingin melakukan transfer data musik dan video secara otomatis dari iTunes ke iPhone Anda, ada cara manual yang dapat Anda lakukan. Cara tersebut memberikan kendali pada Anda untuk menyeleksi sinkronisasi otomatis yang terjadi pada iTunes terhadap iPhone Anda. Berikut langkah-langkahnya:

  • Sebelum Anda melakukan import manual, pastikan terlebih dahulu mode pengaturan di iTunes Anda tidak berada dalam posisi Default Automatic Mode.
  • Pada bagian atas layar halaman iTunes, klik menu Summary,
  • Setelah itu, centang kotak Manually manage music untuk mengaktivasi pengaturan import/export secara manual,
  • Kemudian klik Apply untuk menyimpan pengaturan yang telah diubah.
Sponsors Link

Setelah mode pengaturan import/export data berubah menjadi pengaturan manual, maka Anda dapat memilih lagu atau playlist yang Anda ingin import dari iTunes ke iPhone. Langkah-langkah berikutnya seperti di bawah ini:

  • Di panel sebelah kiri halaman iTunes, pilih menu Library kemudian klik Option,
  • Setelah itu Anda dapat langsung melakukan metode drag and drop file musik atau video yang Anda inginkan dari iTunes ke iPhone. Jika Anda memiliki banyak file musik atau video yang ingin Anda import, agar mempercepat proses transfer file, sebaiknya tekan tombol [Ctrl] (untuk pengguna Mac, tekan tombol [command]) lalu pilih file musik atau video yang Anda inginkan kemudian lakukan metode drag and drop dari iTunes ke iPhone.

Perlu diingat sebelum Anda melakukan transfer file musik atau video dari iTunes ke iPhone, Anda harus memastikan bahwa versi iTunes yang Anda miliki cocok dengan versi iOS pada iPhone Anda. Selain itu, pastikan pula bahwa ketersediaan memory internal iPhone Anda cukup untuk menyimpan file musik atau video yang diinginkan. Baca juga mengenai aplikasi pemutar musik iPhone dan cara agar iPhone tidak cepat panas.

Sponsors Link

Selain kendala yang disebutkan di atas, ada beberapa kendala yang sering ditemui ketika Anda gagal melakukan transfer file musik dan video dari iTunes ke iPhone adalah:

  • iTunes tidak tersinkronisasi dengan iPhone Anda. Kendala ini biasanya disebabkan karena ada beberapa file musik atau video yang corrupt (rusak/hilang).
  • Lokasi file musik atau video yang tidak dapat terbaca oleh iTunes.
  • Menu iTunes Match yang masih aktif di perangkat iPhone Anda. Untuk mematikannya, masuk ke menu Settings pada iPhone Anda, lalu pilih menu Music kemudian klik menu iTunes Match untuk menon-aktifkan.

Demikian lah beberapa cara memindahkan lagu dari iTunes ke iPhone Anda. Semoga langkah-langkah yang telah disebutkan di atas menjadi solusi yang dapat menjawab kesulitan Anda para pengguna iPhone.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi