Sponsors Link

4 Jenis Sensor Kamera HP Android dan iOS Serta Cara Mengeceknya

Sponsors Link

Dulu kira-kira sepuluh tahun kebelakang, mungkin handphone hanya dikenal sebagai alat komunikasi yang hanya bisa digunakan untuk menelpon dan mengirim pesan, namun seiring berjalannya waktu terciptalah handphone pintar atau yang lazin disebut smartphone, baik itu yang berbasis Android maupin iOS. Jika handphone yang dulu kita gunakan hanya bisa digunakan untuk menelpon via suara dan berkirim pesan, smartphone sudah bisa atau hampir bisa disejajarkan dengan komputer atau PC. Smartphone tak hanya bisa digunakan untuk menelpon dan sms, tapi juga bisa melakukan video call dan berselanjar di dunia maya yang dulu hanya bisa dilakukan melalui komputer.

ads

Sekarang ini hampir semua produsen smartphone berlomba-lomba untuk menghadirkan kualitas kamera terbaik pada smartphone, kualitas kamera yang baik diyakini mampu meningkatkan nilai penjualan smartphone tersebut. Tanpa disadari, terjadi perkembangan yang sangat pesat pada kualitas kamera handphone. Mulai dari kamera VGA hingga megapixel, dan penggunaan sensor pada kamera smartphone pun berbeda-beda.

Sebenarnya yang menentukan bagus atau tidaknya kualitas kamera pada smartphone bukanlah dilihat dari besarnya megapixel pada kamera smartphone tersebut. Sensor kamera pada smatphonelah dalang dari baiknya kualitas kamera pada smartphone. Lalu sensor kamera seperti apa yang mampu mengahsilkan gambar yang berkualitas tinggi?

Berikut adalah jenis-jenis sensor kamera hp:

1. IMX 1855

Exmor adalah sensor kamera buatan sony yang diyakini mampu menghasilkan gambar yang jauh lebih baik dibandingkan dengan sensor kamera lainnya. Bahkan exmor digadang-gadang adalah sensor kamera terbaik yang pernah ada, salah satu kelebihan sensor kamera ini adalah mampu menangkap gambar dengan kualitas prima walaupun dengan kondisi cahaya yang sangat minim.

Sensor exmor ini hanya bisa dinikmati pada kamera dengan resolusi 20 megapixel ke atas. Bayangkan, dengan resolusi 20 megapixel ke atas dan semua itu terdapat pada sensor kamera smartphone kalian? tentu akan sangat memuaskan penggunanya dengan kualitas gambar yang dihasilkan. Selain smartphone sony xperia yang memiliki resolusi 20 megapixel ke atas, beberapa smartphone non sony yang juga menggunakan sensor kamera exmor ini adalah Samsung Galaxy S7 Edge, Google Pixel, dan HTC 10.

2. IMX

Satu lagi sensor kamera milik sony adalah IMX, sensor kamera ini mungkin bisa disebut sebagai saudara kandung bagi exmor atau lebih tepatnya adik kandung. yang membedakan antara exmor dengan IMX ini adalah batas maksimum resolusi pada kamera, jika exmore hanya bisa digunakan pada kamera yang memiliki resolusi 20 megapixel ke atas, maka IMX ini hanya bisa dinikmati pada smartphone yang memiliki resolusi kamera 13 sampai 18 megapixel.

Dari segi keunggulan, kedua sensor buatan sony ini pun sebenarnya memiliki spesifikasi yang sama, yaitu mampu menghasilkan gambar dengan kualitas prima walupun dengan keadaan cahaya yang sangat minim. Namun seperti yang sudah saya jelaskan di atas, perbedaan yang paling mencolok dari kedua sensor buatan sony ini adalah pada batas minimun dan maksimum resolusi kamera.

3. Omnivision 

Sensor yang satu ini adalah sensor kamera yang diproduksi di California, di balik bayang-bayang sensor kamera milik sony tentu banyak yang menganggap sebelah mata sensor kamera ini. Namun orang-orang yang menganggap bahwa sensor omnivision ini sebagai sensor abal-abal mungkin akan menarik perkataan mereka. Keunggulan dari sensor kamera yang satu ini adalah pada teknologi untuk mengurangi benturan antar warna dan mampu mengurangi noise saat kamera digunakan dalam kondisi minim cahaya.

Seperti kita ketahui, saat menggunakan kamera pada tempat yang minim cahaya tentu pilihan utama untuk menunjang performa kamera adalah menggunakan lampu flash, saat menggunakan tambahan lampu flahs tak jarang terdapat noise dan terjadi tabrakan antar warna, itulah yang bisa diatasi dengan menggunakan sensor kamera omnivision.

Sponsors Link

4. ISOCELL

Sensor kamera yang satu ini adalah sensor yang diproduksi oleh salah satu brand smartphone ternama yaitu Samsung. ISOCELL buatan samsung ini dirilis pada tahun 2013 dan telah digunakan pada banyak smartphone samsung galaxy seri A, J, dan S. Seperti tidak mau kalah dengan pesaingnya yaitu exmore, sensor ISOCELL ini tak hanya bisa ditemui pada smartphone dengan merk samsung, beberapa merk smartphone seperti Lenovo, Meizu, Xiaomi diketahui telah menggunakan sensor ISOCELL ini pada beberapa smartphone meraka.

Keunggulan yang ditawarkan oleh sensor buatan samsung ini adalah mampu memisahkan setiap pixel dengan tujuan untuk mengikat setiap pixel tersebut di dalam sansor kamera, dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas gambar dengan keakuratan warna yang sangat tinggi.

Setelah membaca dan mengetahui beberapa jenis sensor kamera pasa hp mungkin kalian bertanya-tanya, smartphone yang kalian miliki sebenarnya menggunakan sensor yang mana, apakah Exmore, Imx, Omnivision, atau Isocell?

Cara untuk bisa mengetahui sensor apa yang digunakan pada kamera smartphone kalian adalah dengan cara:

  • Masuk ke menu setting (pengaturan) pada smartphone
  • Pilih tentang ponsel
  • Pilih versi kernel (ketuk beberapa kali)

Maka akan muncul tipe atau nama sensor kamera yang digunakan pada smartphone kalian. Demikian penjelasan mengenai jenis sensor kamera hp.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi