Sponsors Link

Kelebihan dan Kekurangan NFC pada Smartphone

Sponsors Link

Apakah anda tahu apa yang menjadi perbedaan antara NFC dengan RFID? Jika anda sudah mengetahuinya, maka anda juga harus mengetahui tentang apa saja yang merupakan kelebihan dan kekurangan NFC. NFC atau yang merupakan singkatan dari Near Field Communication adalah sebuah fitur yang hanya akan anda dapatkan pada beberapa jenis smartphone tertentu. Artinya, tidak semua hp sudah dilengkapi dengan fitur yang satu ini.

ads

Namun, meskipun fitur NFC sudah sering disematkan pada beberapa produk smartphone keluaran terbaru, namun tidak sedikit dari para pengguna smartphone tersebut masih bingung mengenai apa sebenarnya manfaat atau kegunaan dari fitur NFC ini. Seperti namanya, NFC akan memudahkan anda di dalam melakukan aktivitas pada smartphone anda. Artinya, anda hanya tinggal menekan satu sentuhan saja maka anda bisa menjalankan aplikasi yang anda inginkan tersebut.

Meskipun memang NFC memiliki banyak manfaat bagi para pengguna smartphone, namun tentunya fitur yang satu ini juga memiliki beberapa kekurangan. Dan karena itulah kami akan menjelaskan kepada anda mengenai apa saja kelebihan dan kekurangan NFC yang perlu anda ketahui. Nanti anda sendiri yang menentukan apakah memang aplikasi lebih banyak manfaat atau kekurangannya.

Kelebihan NFC

Di bawah ini beberapa keunggulan yang terdapat di dalam fitur NFC yang penting untuk anda pahami agar nanti anda bisa mengambil salah satu dari manfaat tersebut untuk kemudahan anda di dalam menjalankan kegiatan sehari-hari.

1. NFC dapat digunakan untuk membuka aplikasi secara otomatis

Keunggulan atau kelebihan yang ada pada NFC adalah fitur ini akan membantu anda di dalam membuka aplikasi secara otomatis. Salah satu jenis NFC yang pertama kali muncul di awal perilisannya adalah NFC check-in. Kehadiran fitur ini akan memudahkan anda di dalam melakukan pengecekan lokasi yang ada pada sebuah peta. Kemudian, aplikasi NFC check-in ini nanti akan melakukan pengecekan melalui LBS. LBS atau Location Based Service hanya perlu anda klik sekali saja melalui NFC maka aplikasi tersebut akan secara otomatis terbuka. Tentunya, kehadiran fitur ini akan memudahkan anda ketika sedang terburu-buru sementara anda ingin segera mengetahui lokasi dari suatu wilayah tertentu.

2. NFC bisa digunakan untuk melaksanakan berbagai macam tugas

Salah satu kelebihan yang terdapat pada NFC dan tentunya akan sangat membantu anda adalah ia bisa menjalankan berbagai macam tugas. Anda bisa mengirimkan pesan kepada orang yang anda tuju dengan cara melakukan tag. Anda tidak perlu mengetikkan pesan apa yang ingin anda sampaikan. Artinya, anda tinggal tag orang yang anda tuju dan kemudian ia akan merespon bahwa anda mengirimkan pesan kepadanya.

Tentu saja kehadiran fitur NFC akan mempermudah anda di dalam menjalankan tugas yang bahkan terkadang anda tidak memiliki banyak waktu melakukannya. Ketika anda buru-buru dan tidak sempat mengetikkan pesan, maka anda tinggal tag orang anda tersebut. Menarik bukan? Maka dari itu, jika anda ingin mendapatkan fitur ini, maka anda tinggal membeli hp yang memang sudah support dengan fitur NFC, salah satunya adalah Xiaomi Mi 8 Pro.

3. NFC membantu bertransaksi lebih mudah

Anda bisa melakukan pembayaran dengan sangat mudah melalui NFC. Anda tidak perlu menggunakan kartu kredit atau kartu prabayar lainnya untuk melakukan transaksi jual beli. Dengan begitu, waktu yang anda butuhkan pun tidak terlalu lama dan bahkan anda tidak perlu mengantri untuk melakukan transaksi tersebut. Yang harus anda lakukan adalah dengan menempelkan perangkat yang sudah terintegrasi atau terhubung dengan NFC ke pembayaran yang anda inginkan.

4. NFC memiliki sistem keamanan yang lebih baik

Jika anda membandingkan keamanan antara NFC dengan Bluetooth maupun aplikasi transfer data lainnya, sudah tentu NFC pemenangnya. NFC memiliki keamanan yang lebih baik sehingga data yang anda kirim atau anda terima pun akan sulit untuk diretas. Maka dari itu, tidak heran jika NFC digunakan untuk transaksi pembayaran karena tidak mungkin jika fitur NFC ini memiliki keamanan yang rendah alias mudah diretas.

Kekurangan NFC

Setelah membahas mengenai apa saja yang menjadi kelebihan dari NFC, maka di bawah ini kami akan menjelaskan kepada anda tentang apa saja yang menjadi kelemahan dari NFC tersebut. Berikut ini akan kami jelaskan selengkapnya.


1. Minim perangkat yang support NFC

Kelemahan atau kekurangan yang menjadi kendala NFC adalah tidak terlalu banyak hp yang support dengan fitur tersebut. Memang, hp-hp keluaran sekarang ini sudah bisa menggunakan fitur yang satu ini dan ada juga aplikasi NFC untuk Android. Namun, jika anda ingin membelinya maka anda harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Selain itu, kekurangan lain yang terdapat pada NFC adalah masih minimnya perangkat di Indonesia yang sudah bisa menggunakan NFC. Hal inilah yang menjadi kendala seolah-olah hp anda yang sudah memiliki NFC tersebut tidak ada gunanya. Maka dari itu, banyak orang yang tidak mempermasalahkan jika handphone mereka masih tidak mendukung fitur NFC karena pembayaran menggunakan NFC pun masih minim dan bahkan beberapa daerah malah tidak menerapkannya.

2. Banyak orang belum mengetahui fungsi NFC pada hp

Meskipun sudah banyak hp keluaran terbaru yang sudah menggunakan NFC, namun tidak sedikit orang yang masih belum tahu fungsi dari NFC itu sendiri. Banyak yang mengira bahwasanya NFC adalah sebuah fitur yang tidak terlalu bermanfaat di Indonesia sehingga kehadiran fitur tersebut hanya dianggap sebagai fitur tambahan saja. Padahal, NFC memiliki beragam manfaat untuk anda, salah satunya adalah untuk melakukan transaksi pembayaran sehingga anda tidak memerlukan kartu prabayar.

3. Kecepatan NFC masih terbilang rendah

Kelemahan pada NFC yang juga harus anda tahu adalah fitur ini memiliki kecepatan transfer data yang masih terbilang rendah. Hal ini mungkin kehadirannya yang masih baru sehingga kecepatannya pun tidak bisa langsung cepat. Meskipun begitu, fungsi untuk transaksi pembayaran tidak mengalami kendala dengan menggunakan NFC. Hal ini yang juga menjadi salah satu alasan mengapa tidak banyak orang yang menyayangkan ketiadaan fitur NFC pada smartphone mereka.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan mengenai apa saja kelebihan dan kekurangan NFC. Semoga informasi ini bermanfaat. Terimakasih.

, , ,



Oleh :
Kategori : Teknologi