Sponsors Link

10 Aplikasi Penghemat Memori Internal Gratis

Sponsors Link

Terbatasnya ruang penyimpanan internal di handphone membuat kita harus bisa dan kreatif dalam menyimpan data di handphone kita. Apalagi untuk anda yang gemar foto atau bahkan suka bikin video. Bisa dipastikan anda akan membutuhkan memori handphone yang besar. Masalahnya tidak semua produk smartphone memiliki ruang simpan atau memori internal yang cukup besar. Bahkan ada beberapa smartphone yang memori internalnya hanya 2 atau 3 Giga saja.

ads

Baca juga:

Berikut ini adalah aplikasi penghemat memori internal smartphone anda:

1. Gallery Doctor

Aplikasi yang satu ini memudahkan anda dalam menata foto yang berkualitas. Sebab foto-foto yang tidak layak simpan akan otomatis dihapus oleh aplikasi Gallery doctor ini. Dengan menggunakan aplikasi ini foto yang blur, angle yang jelek, akan otomatis kehapus.

2. Cleaner for WhatsApp

Aplikasi chating yang paling banyak digunakan saat ini adalah whatsapp. Whatsapp ini memiliki fitur pengiriman gambar video HD dan file dengan kapasitas yang lumayan, jeleknya file tersebut akan otomatis terdownload ke momori handphone kita. Jika anda mengikuti banyak grup yang aktif, bisa dipastikan lama kelamaan memori HP anda akan jebol untuk menampung file chattingan di grup WA. Tertuama untuk grup yang rame, anggotanya sering share gambar, dan video yang besar filenya mencapai puluhan MB.

Cleaner For Whatsapp ini akan memudahkan anda untuk menghapus file yang dikirim dan diterima via Whatsapp. Anda tak perlu lagi hapus satu persatu file multimedia yang ada di folder Whatsapp yang kadang memang males banget untuk melakukannya.

3. Duplicate Files Fixer

Hal yang sering terjadi di dalam memori hp kita adalah adanya file duplikat. Baik itu berupa foto, video, atau file dokumen lainnya. Umumnya duplikat ini terjadi saat kita akan mengkopi suatu file ke folder lain. Atau bisa saja saat  upload gambar ke Instagram atau beberapa aplikasi lainnya.

Jika file yang terduplikat ini berukuran besar,bisa dipastikan memori Hp kita akan cepat sesak. Tentu merepotkan untuk menghapus secara manual. Aplikasi duplicate files fixer akan memberikan kemudahan kita dalam memanajemen file ganda yang memenuhi memori hp anda. Aplikasi ini sangat mudah digunakan, dan bisa install gratis di Google Paystore.

4. Cloud Storage

Dengan cloud strorage memungkinkan kita untuk menyimpan file di cloud atau di serever penyedia layanan. Sehingga file tidak memenuhi memori Handphone. Dengan menggunakan aplikasi ini kita bisa menyimpan file kita di tempat orang lain, kemudian kita download saat dibutuhkan. Aplikasi yang cloud yang popular adalah google cloud, dropbox, box.

5. Link2SD

Secara umum setiap pengunduhan aplikasi, baik itu dari Google Play Store atau aplikasi dari website lain akan masuk ke memori internal smartphone. Hal ini menunjukkan kalau file yang bikin penuh memori bukan hanya file multimedia saja, tetapi juga file aplikasi. Solusi terbaiknya tentu memindahkan file aplikasi yang ada di memori internal ke memori external. Dengan aplikasi Link2SD ini anda bisa dengan mudahnya memindahkan aplikasi tersebut, sehingga memori internal akan terkuarangi bebannya.

Sponsors Link

6. SD Maid

SD Maid adalah aplikasi pembersih di Android, secara fungsi tidak berbeda jauh dengan CC Cleaner. Namun secara fitur aplikasi ini bisa dibilang lebih lengkap dibanding aplikasi pembersih yang sudah kita bahas di artikel ini.
SD Maid sangat bagus dalam menangani temporary file. Salah satu fiturnya yang memudahkan kita adalah fitur Corpse Finder yang berfungsi untuk mencari dan juga menghapus folder aplikasi yang tertinggal. Folder tersebut umumnya tidak terhapus saat penghapusan aplikasi. Selain itu adanya juga bisa menghapus file duplikat dengan aplikasi ini. Sama fungsinya dengan aplikasi Duplicate Files Fixer.

7. Photo Compress

Banyak foto yang ada di memori internal smartphone kita. Selain karena dibuang sayang, photo tersebut bisanya menyimpan kenangan yang sengaja disimpan untuk suatu waktu bisa dilihat. Namun semakin banyaknya jumlah foto maka memori internal handphone anda akan semakin penuh, dan hanya menyediakan sedikit ruang kosong. untuk memperperluas ruang kosong dan salah satunya jalan adalah dengan memperkecil ukuran file foto yang disimpan.

Photo Compress ini  bisa membebaskan beberapa ruang di memori internal handphone. Photo Compress ini dapat memperkecil ukuran foto anda tanpa mengurangi kualitas gambarnya. Sehingga anda tetap memiliki foto berkualitas namun dengan ukuran file kecil.

Baca juga:

Sponsors Link

8. CC Cleaner

CC Cleaner, awalnya plikasi ini sangat popular bagi pengguna PC, sebab aplikasi pembersih ini paling banyak di gunakan di computer. Kemudian perusahaan pengembang aplikasi ini membuta aplikasi CC Celaner untuk digunakan di Android. Cara kerja aplikasi ini adalah menganalisa dan mendeteksi file-file yang tidak sampah yang ada di dalam memori handphone kita, seperti chace browser, folder kosong dan file lainnya untuk kemudian bisa di delete. Dengan menggunakan CC Cleaner secara teratur, kita bisa membersihkan memori penyimpanan handphone dari file sampah yang tidak berguna. Sehingga memberikan ruang kosong untuk memori.

9. Image Optimizer

Image Optimizer, adalah aplikasi compress image yang bisa anda gunakan untuk mengurangi beban memori handpone anda. Anda tidak perlu khawatir dengan kualitas foto hasil compressan. Sebab kualitas foto hasil kompressannya masih memiliki kualitas yang bagus.

10. Google Photos

Google photo adalah aplikasi bawaan google, yang bisa digunakan untuk membackup foto di smartphone. Dengan membackup atau memindahkan file foto ke dalam Google Photo, maka ana bisa menghapus hasil jepretan anda dari memori handphone anda tanpa risiko kehilangan foto anda yang suatu saat anda butuhkan. Dan yang perlu anda ketahui untuk memindahkan foto kedalam google photo ini membutuhkan data untuk proses uploadnya. Pastikan anda menyeleksi terlebih dahulu agar data internet anda terbuang sia-sia.

Baca juga: Cara Menambah RAM Android Tanpa Root

10 aplikasi penghemat memori diatas dapat anda gunakan di handphone Android anda, terlebih lagi untuk anda yang memiliki handphone dengan kapasitas memori internal yang minim. Dan Kelebihannya dari sepuluh aplikasi diatas sangat ringan dijalan di smartphone, sehingga juga tak membebani RAM anda.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi