Sponsors Link

48 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy J1 Terlengkap

Sponsors Link

Samsung merupakan perusahaan elektronik yang memimpin pangsa pasar untuk lebih dari 60 produk. Salah satu produk elektronik Samsung yang selalu menjadi trending topic adalah smartphone. Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa penjualan hp Samsung terus meroket dari waktu ke waktu, sehingga mampu mengukuhkan eksistensinya di dunia komunikasi.

ads

Dari pertama kali munculnya smartphone, Samsung terus menggebrak dunia dengan meluncurkan berbagai tipe Samsung untuk menggaet para konsumen. Salah satu tipe smartphone yang belakangan ini menjadi daya tarik konsumen adalah Samsung Galaxy J1. Walaupun persaingan Samsung antara tipe satu dengan yang lainnya semakin memanas, namun Samsung Galaxy J1 memiliki kualitas yang layak untuk ditandingkan.

Samsung Galaxy J1 terdiri dari beberapa tipe yang pantas untuk dilirik dan dicoba kecanggihannya. Setiap tipe Samsung Galaxy J1 Series memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. Berikut ini kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy J1 series serta spesifikasinya:

Samsung Galaxy J1 Ace

Samsung Galaxy J1 Ace dirilis pada Agustus 2015 di India. Target marketnya adalah pengguna Samsung kalangan pemula sehingga Samsung Galaxy J1 Ace dibrandol dengan harga 1,5 juta rupiah. Inilah salah satu kelebihan Samsung, walaupun merupakan perusahaan besar, namun berani merilis smartphone dengan harga rendah agar semua kalangan mampu membelinya.

Spesifikasi Samsung Galaxy J1 Ace:

  1. Kapasitas memori internal 4GB dan eksternal hingga 128 GB.
  2. Design tampilan layar menggunakan teknologi Super AMOLED dengan kedalaman warna mencapai 16 juta.
  3. Prosesor Quad Core dengan kecepatan 1,2 GHz.
  4. Sistem operasi menggunakan versi Android KitKat 4.4.4.
  5. Dual SIM yang artinya Anda bisa memasang 2 nomer sekaligus dalam 1 ponsel. Ukuran SIM yang digunakan pada Samsung J1 Ace adalah micro SIM.
  6. Kamera sudah auto focus dan dilengkapi LED flash. Kamera belakang memiliki resolusi 5 MP dan kamera depan 2 MP. Kualitas videonya HD 1280 x 720 piksel.
  7. Mendukung koneksi 4G LTE dan wifi.
  8. Dilengkapi dengan bluetooth dan kabel USB yang memudahkan Anda untuk sharing data ke perangkat lain.
  9. Kapasitas RAM 750 MB.
  10. Daya baterai 1900 mAh.

Kelebihan Samsung Galaxy J1 Ace:

  1. Berbodi ramping yaitu dengan ukuran dimensi 130,1 x 67,6 x 9,5 mm dan berat yang tergolong ringan yaitu 131 gram, sehingga mudah dibawa kemana saja.
  2. Design ponsel menarik layaknya berbalut kaca, karena di setiap pinggirannya berbentuk transparan. Tersedia dalam 3 pilihan warna, yaitu hitam, putih dan biru.
  3. Sudah mendukung jaringan 4G yang membuat akses internet semakin cepat.
  4. Daya baterai cukup memadai dan bisa bertahan selama 9 jam untuk akses internet dengan jaringan 3G, 8 jam dengan jaringan 4G, 11 jam dengan jaringan wifi.
  5. Kemampuan dalam menangkap video sangat cepat, yaitu 30 frame per detik.
  6. Tampilan warna layar jernih, jelas dan tajam.

Kekurangan Samsung Galaxy J1 Ace:

  1. Kapasitas RAM kurang memadai, yaitu hanya 750 MB. Apabila Anda terlalu banyak membuka aplikasi dalam satu waktu, maka RAM akan cepat penuh sehingga menurunkan kecepatan kinerja hp.
  2. Ukuran layar 4,3 inchi dengan resolusi hanya sebatas WVGA 480 x 800 piksel. Bagi yang hobi nonton dan pencinta game, ukuran layar 4,3 inchi dianggap masih kurang besar.
  3. Bahan yang digunakan untuk kaca layar kurang bagus, sehingga Anda harus lebih berhati-hati dalam menggunakannya agar tidak mudah jatuh dan retak.
  4. Penyimpan eksternalnya cukup memadai karena bisa mencapai 128 GB, tetapi internalnya kurang karena hanya 4 GB.
  5. Tidak dilengkapi S Pen atau pensil layar.
  6. Tidak dilengkapi dengan S-Voice, yaitu fitur kontrol suara yang memungkinkan Anda untuk membuka dan menjalankan aplikasi hanya dengan menggunakan suara Anda.

Samsung Galaxy J1 2016

Sesuai dengan namanya Samsung Galaxy J1 2016 dirilis pada tahun 2016 di Singapura. Walaupun menawarkan kecanggihan yang lebih bagus dari versi sebelumnya, namun harga Galaxy J1 2016 tidak jauh beda dengan J1 Ace. Dengan harga antara 1,5 sampai 1,6 juta, Galaxy J1 2016 mampu menandingi Samsung dengan tipe lain yang memiliki harga lebih mahal.

Spesifikasi Samsung Galaxy J1 2016:

  1. Ruang penyimpanan 8 GB untuk memori internal dan memori eksternal bisa mencapai 128 GB.
  2. Resolusi kamera 5 MP untuk kamera belakang dan 2 MP pada kamera depan.
  3. Kapasitas RAM 1 GB.
  4. Prosesor yang digunakan Chipset Exynos 3457, Quad Core dengan kecepatan 1,3 GHz.
  5. Tampilan layar lebih lebar yaitu 4,5 inchi.
  6. Dual SIM dengan menggunakan SIM berukuran micro.
  7. Sudah support jaringan 4G dan terdapat koneksi wifi.
  8. Dilengkapi dengan bluetooth dan kabel USB untuk memudahkan mengirim dan memindah data.
  9. Kekuatan daya baterai 2050 mAh.
  10. Sistem operasi menggunakan versi Android Lollipop 5.1 yang menyuguhkan tampilan antar muka lebih halus dibanding versi sebelumnya serta menghadirkan lebih beragam fitur dan aplikasi.

Kelebihan Samsung Galaxy J1 2016:

  1. Kamera belakang memiliki aperture f/2.2 yang artinya adalah dalam kondisi kurang pencahayaan, kamera mampu mengambil gambar lebih cepat dengan hasil yang bagus dan jelas.
  2. Kapasitas RAM lebih besar, yaitu 1 GB sehingga Anda akan lebih nyaman saat menjalankan aplikasi.
  3. Layar didesign dengan teknologi Super Amoled dengan kedalaman warna 16 juta. Layar yang lebar tentu membuat Anda akan lebih puas saat bermain game ataupun menonton video.
  4. Design body ramping, yaitu dengan dimensi 132,6 x 69,3 x 8,9 mm dan berat 131 gram. Plihan warnanya gold, hitam dan putih.
  5. Daya tahan baterai yaitu 9 jam untuk akses internet dengan jaringan 3G, 10 jam dengan jaringan 4G dan 11 jam dengan jaringan wifi.
  6. Kecepatan prosesor lebih tinggi dari Samsung Galaxy Ace sehingga lebih bertenaga dalam meningkatkan kinerja sistem agar responsif dan tidak lambat.
  7. Dilengkapi dengan fitur Ultra Power Saving Mode untuk mengatur penghematan baterai Anda.
  8. Terdapat fitur Smart Manager yang memudahkan Anda untuk memeriksa informasi baterai, kapasitas ruang peyimpanan, kapasitas RAM yang digunakan, serta mengatur keamanan hp Anda.

Kekurangan Samsung Galaxy J1 2016:

  1. Music player tidak berdiri sendiri, namun terintegrasi dengan Google Play Music.
  2. Ukuran layar meskipun sudah 4,5 inchi, namun resolusi hanya sebatas WVGA 480 x 800 piksel.
  3. Walaupun ukuran RAM 1 GB, tetapi bila ponsel diisi dengan berbagai game dan dijalankan terus menerus, maka kecepatan ponsel lama kelamaan akan berkurang.
  4. Kaca pada layar mudah retak karena bahan yang digunakan adalah Gorilla Glass.
  5. Tidak dilengkapi dengan S-Voice, S Pen dan Mobile TV.
  6. Terdapat merk lain yang memiliki harga yang hampir sama, namun kapasitas RAM dan resolusi kamera lebih besar.
Sponsors Link

Samsung Galaxy J1 Mini

Samsung Galaxy J1 Mini dirilis bersamaan dengan Samsung Galaxy J1 2016. Dari segi harga, Samsung Galaxy J1 Mini lebih murah dibandingkan dengan tipe J1 Ace dan J1 2016. Namun dari segi kualitas, J1 Mini juga memiliki keunggulan-keunggulan yang sebanding. Nama lain dari J1 Mini yaitu Samsung Galaxy J1 NXT.

Spesifikasi Samsung Galaxy J1 Mini:

  1. Kapasitas memori 8 GB untuk internal dan memori eksternal hingga 128 GB.
  2. Sistem Android sudah menggunakan versi Android Lollipop 5.1, dimana lebih banyak menghadirkan fitur dan aplikasi.
  3. Terdapat koneksi wifi yang bisa Anda manfaatkan saat berada di tempat yang terdapat hotspot wifi.
  4. Support jaringan 4G.
  5. Tersedia bluetooth dan kabel USB.
  6. Kamera belakang memiliki resolusi 5 MP dan kamera depan VGA resolution.
  7. Menggunakan prosesor Quad Core 1,5 GHz.
  8. Kapasitas RAM 1 GB.
  9. Daya baterai 1500 mAh.

Kelebihan Samsung Galaxy J1 Mini:

  1. Prosesor yang digunakan pada Samsung J1 Mini lebih besar kecepatannya dibanding versi J1 lainnya. Yaitu menggunakan prosesor Quad Core 1,5 GHz, sehingga kinerjanya cukup handal dan lebih cepat.
  2. Android Lollipop sudah merupakan android versi tinggi sehingga menghadirkan fitur yang lebih banyak dan beragam.
  3. Harga murah tapi memiliki ruang penyimpanan yang cukup memadai, sehingga Anda bisa menyimpan berbagai aplikasi.
  4. Kamera belakang memiliki aperture f/2.2 yang mampu membidik gambar secara cepat dan hasilnya pun jelas. Efektif saat digunakan pada ruang yang kurang pencahayaan.
  5. Kecepatan koneksinya tidak kalah dengan versi J1 yang lainnya.
  6. Terdapat fitur Ultra Power Saving Mode untuk mengatur penghematan baterai

Kekurangan Samsung Galaxy J1 Mini:

  1. Kamera tidak bisa auto focus dan resolusi kamera depan kurang, karena hanya sebatas VGA sehingga hasilnya pun akan tampak agak buram dan pecah.
  2. Layar hanya 4 inchi dengan dimensi 121,6 x 63,1 x 10,8 dan berat 126 gram. Walaupun sangat mudah dibawa karena ukurannya lebih kecil, namun ukuran layarnya yang hanya 4 inchi kurang memuaskan.
  3. Design monoton karena tampilan yang digunakan masih berbasis TFT dan kedalaman warna hanya 262 ribu dengan resolusi 480 x800.
  4. Daya tahan baterai tidak lama karena hanya 1500 mAh. Perkiraan waktunya adalah 6 jam untuk akses internet dengan jaringan 3G, 7 jam dengan jaringan 4G, 9 jam dengan jaringan wifi.
  5. Tidak dilengkapi dengan S Pen
  6. Tidak dilengkapi dengan S-Voice.

Samsung Galaxy J1 2017

Awal tahun 2017, Samsung kembali menghadirkan Galaxy J1 seriesnya untuk menambah koleksi J1 pendahulunya. Samsung Galaxy J1 2017 dari segi tampilan mungkin terlihat sama dengan versi lainnya. Namun setelah Anda membuka ponselnya, Anda akan disuguhkan sesuatu yang baru dan berbeda. Anda bisa memperoleh Samsung Galaxy J1 2017 dengan harga antara 1,6 sampai 1,7 juta, tidak beda jauh harganya dengan Samsung Galaxy J1 2016.

Spesifikasi Samsung Galaxy J1 2017:

  1. Memori internal 16 GB dan memori eksternal bisa mencapai 256 GB.
  2. Sistem operasi yang digunakan Android Marshmallow 6.0.
  3. Kapasitas RAM 1,5 GB.
  4. Menggunakan prosesor Chipset Snapdragon 410 Quad Core 1.2 GHz dan GPU Adreno 306 sebagai pengolah grafisnya.
  5. Resolusi kamera cukup besar, yaitu 8 MB untuk kamera belakang dan 5 MB untuk kamera depan. Dilengkapi dengan autofocus dan LED flash.
  6. Video yang diambil cukup jelas dan tajam dengan resolusi 1080 piksel dan kecepatan 30 frame per detik.
  7. Dual SIM dengan menggunakan SIM berukuran nano (lebih kecil dari micro SIM).
  8. Terdapat konektifitas wifi dan sudah support 4G.
  9. Dilengkapi dengan bluetooth dan kabel USB.
  10. Daya baterai 2050 mAH.

Kelebihan Samsung Galaxy J1 2017:

  1. Support USB OTG atau USB On The Go, yaitu USB tanpa kabel yang bentuknya seperti flashdisk, jadi Anda bisa langsung memindah file dari hp ke USB tanpa perlu menggunakan PC atau laptop.
  2. Ukuran layar 5 inchi dan dibuat dengan teknologi Super AMOLED yang merupakan teknologi layar terbaik.
  3. Samsung Galaxy J1 2017 memiliki memori penyimpanan yang 2 kali lebih besar dari Samsung Galaxy J1 series lainnya.
  4. Marshmallow merupakan versi Android tertinggi kedua. Jadi kinerjanya lebih handal bila dibandingkan dengan versi KitKat dan Lollipop. Fitur dan aplikasinya pun lebih beragam.
  5. lebih dari cukup untuk menjalankan banyak aplikasi sekaligus atau multitasking.
  6. Penampilan lebih mewah dan elegan karena menggunakan bahan dasar metal alluminium alloy untuk design luarnya. Sedangkan Samsung J1 series lainnya masih menggunakan bahan dasar plastik.

Kekurangan Samsung Galaxy J1 2017:

  1. Layar hp masih menggunakan bahan Gorilla Glass yang kualitasnya lebih mudah pecah dan retak.
  2. Kamera depan minim LED flash yang mendukung aktifitas selfie di tempat redup cahaya.
  3. Belum dilengkapi fitur keamanan fingerprint scanner untuk menjaga keamanan hp. Sedangkan merk lain yang mempunyai spesifikasi sama sudah ada fingerprintnya.
  4. Belum mendukung fast charging atau pengisian cepat.
  5. Resolusi layar masih WVGA 480 x 800 piksel.
  6. Prosesor yang digunakan Samsung Galaxy J1 2017 masih kurang cepat bila dibandingkan dengan Samsung Galaxy J1 mini.
Sponsors Link

Bila dilihat dari kelebihannya, Samsung Galaxy J1 series menawarkan kecanggihan-kecanggihan seperti tipe Samsung kelas atas. Tipe kelas atas diantaranya adalah Samsung tipe A, E dan S. Tiga tipe tersebut memang memiliki harga lebih mahal dan fitur yang lebih banyak, sedangkan tipe J memang dibuat untuk kelas menengah ke bawah tanpa mengurangi kecanggihan dan kualitasnya.

Perbedaan dengan Samsung Galaxy J Series Lainnya

Setelah membahas kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy J1, sekarang akan dibahas perbedaannya dengan tipe J lainnya. Samsung juga mengeluarkan tipe J lainnya yaitu J2, J3, J5 dan J7. Semakin tinggi tipe hp, tentu memiliki spesifikasi yang lebih bagus dan canggih. Begitu juga dengan Samsung Galaxy J2, J3, J5 dan J7 yang didesign untuk mengungguli J1. Tapi bila kita lihat lagi dari segi harga, J1 tetap lebih murah dari tipe lainnya.

Di bawah ini perbedaan J1 dengan Samsung J series lainnya:

1. Layar 

Samsung Galaxy J1 masih ada yang memakai layar TFT atau Thin Film Transistor. Kualitas TFT biasanya digunakan untuk smartphone yang berharga murah dan diperuntukkan untuk kelas menengah ke bawah. Kekurangan dari bahan TFT adalah terlalu boros baterai dan terbatas viewing angles saat mengambil gambar.

Sedangkan pada Samsung Galaxy J2, J3, J5 dan J7 sudah menggunakan teknologi Super Amoled untuk design layarnya.  AMOLED atau singkatan dari Active Matrix Organic Light Emitting Diode memiliki kualitas gambar yang bagus dan jernih. Kedalaman warnanya hingga 16 juta  sehingga membuat warna gambar tampak natural atau seperti aslinya. Walaupun tingkat kecerahannya tinggi, namun teknologi AMOLED tidak terlalu boros baterai seperti TFT.

2. Ukuran Layar

Besar kecilnya ukuran layar memang mempengaruhi tingkat keminatan konsumen untuk membeli hp. Setiap orang memiliki minat yang berbeda-beda, ada yang lebih suka hp berlayar besar dan ada juga yang suka layarnya sedang atau kecil. Ukuran layar pada Samsung Galaxy J1 hanya 4 sampai 4,5 inchi. Sedangkan J2, J3, J5 dan J7 memiliki ukuran yang lebih besar, yaitu antara 4,7 sampai 5,5 inchi. Ukuran layar yang besar biasanya lebih diminati oleh banyak konsumen. Karena dengan layar besar, tampilan terlihat lebih jelas, bermain game dan menonton video pun juga lebih puas.

3. Kamera

Resolusi kamera belakang pada Samsung Galaxy J1 rata-rata hanya 5 MB dan kamera depan 2 MB. Bahkan untuk Galaxy J1 Mini masih memiliki resolusi VGA untuk kamera depannya. Tapi Samsung meningkatkan resolusinya pada Samsung Galaxy J1 2017 menjadi 8 MB untuk kamera belakang dan 5 MB untuk kamera depan. Resolusi J1 2017 tersebut masih dipertahankan untuk Samsung Galaxy J2 dan J3. Sedangkan J5 dan J7, resolusi kamera belakangnya kembali ditingkatkan menjadi 13 MB dan kamera depan masih 5 MB.

4. RAM

RAM atau Random Access Memory adalah sistem penyimpanan data aplikasi pada ponsel. Semakin besar kapasitas RAM, maka aplikasi yang dapat Anda download juga semakin besar. Rata-rata Samsung Galaxy J2 dan J3 memiliki kapasitas RAM 1,5 GB, Samsung Galaxy J5 2 GB dan J7 3 GB. Sedangkan J1 seperti yang sudah dijelaskan di atas tentang spesifikasi, hanya J1 2017 yang memiliki RAM 1,5 GB. Sedangkan J1 2016 dan J1 Mini 1 GB, bahkan J1 Ace hanya memiliki 750 MB.

Ponsel dengan RAM yang kecil tetapi terdapat banyak aplikasi akan membuat kinerja ponsel menjadi lambat. RAM yang besar akan memungkinkan ponsel bekerja secara multitasking. Jika dilihat dari jumlahnya RAM, yang cukup mumpuni untuk menyimpan banyak aplikasi adalah Samsung Galaxy J5 dan J7. jadi sudah sepantasnya bila harga J5 dan J7 jauh lebih tinggi dibanding dengan J1, J2 dan J3.

5. Fingerprint

Fingerprint merupakan salah satu fitur untuk membuka ponsel dengan cara mendeteksi sidik jari penggunanya, Fitur fingerprint belakangan ini memang sedang trend dan banyak merk hp yang tidak mau ketinggalan untuk menyertakan fitur tersebut pada ponsel mereka. Begitu juga halnya dengan Samsung. Namun hanya Samsung Galaxy J5 dan J7 saja yang terdapat fitur fingerprint. Samsung Galaxy J1, J2 dan J3 masih menggunakan sistem kunci yang lama yaitu dengan password atau pola layar.

ads

6. Baterai

Kapasitas daya baterai pada Samsung Galaxy J1 hanya sekitar 1500-2050 mAh, sedangkan pada J2, J3, J5 dan J7 antara 2050-3300 mAh. Semakin besar daya baterai maka penggunaannya juga semakin lama. Aplikasi yang membutuhkan baterai yang cukup besar biasanya adalah game. Maka dari itu bagi pencinta game, ada baiknya memilih hp yang daya baterainya cukup besar.

7. Sistem Operasi

Sistem operasi atau OS ibarat otak dari ponsel. Tanpa adanya sistem operasi maka ponsel tidak akan bekerja. Samsung mengusung OS Android dengan ribuan aplikasi di dalamnya. Tipe hp satu dengan yang lainnya memiliki versi Android yang berbeda-beda. Samsung Galaxy J1 sendiri terdiri dari OS Android versi Kitkat 4.4 sampai Marshmallow 6.0. Sedangkan untuk J2, J3, J5 dan J7 rata-rata sudah menggunakan versi Lollipop 5.0 sampai Marshmallow 6.0. Semakin tinggi versi Androidnya maka fitur dan aplikasi yang dihadirkan pada ponsel juga semakin banyak dan beragam.

Baca juga: Jenis Jenis Smartphone.

8. Memori Internal dan Eksternal

Memori atau ruang penyimpanan pada handphone berpengaruh besar dengan daya beli konsumen. Karena berapa banyak aplikasi dan file yang dapat ditampung ponsel tergantung dari seberapa besar kapasitas memori internal dan eksternalnya. Memori internal akan menyimpan data pada device atau perangkat, sedangkan memori eksternal merupakan memori tambahan dari Micro SD yang dimasukkan ke dalam ponsel.

Samsung Galaxy J series memiliki kapasitas memori yang berbeda-beda, yaitu:

  • Samsung Galaxy J1 penyimpanan internal antara 4 GB sampai 16 GB dan eksternal hingga 128 GB.
  • Samsung Galaxy J2 dan J3 penyimpanan internal 8 GB dan eksternal hingga 128 GB.
  • Samsung Galaxy J5 penyimpanan internal 16 GB dan eksternal hingga 256 GB.
  • Samsung Galaxy J7 penyimpanan internal 32 GB dan eksternal hingga 256 GB.

Demikian perbedaan antara Samsung Galaxy J1 dengan J2, J3, J5 dan J7. Walaupun spesifikasi J1 lebih rendah dari yang lainnya, namun daya belinya tidak kalah dengan tipe lainnya. Karena masih banyak orang yang lebih mengutamakan harga dibandingkan spesifikasi ponsel.

Perbandingan Galaxy J1 dengan Tipe A, E dan S

Banyak yang bertanya-tanya mengapa Samsung mengeluarkan banyak tipe handphone dalam kurun waktu yang beerdekatan. Selain untuk meningkatkan minat para konsumen, Samsung juga ingin menjangkau seluruh lapisan masyarakat dengan membuat berbagai macam tipe yang disesuaikan dengan kebutuhan para konsumennya.

Selain tipe J, ada 3 tipe ponsel lagi yang didesign oleh Samsung yang juga tidak kalah pamornya. 3 tipe tersebut adalah Samsung Galaxy A series, E series dan S series.

Tipe A – lebih ditujukan untuk kelas menengah yang designnya tipis, serta didominasi dengan bahan metal sehingga membuatnya tampak menawan dan elegan. Tipe J merupakan tipe di bawah kelas A yang lebih menargetkan kalangan menengah ke bawah.

Tipe E – lebih ditujukan pada kawula muda yang meninginkan ponsel ringan tetapi memiliki fitur yang canggih dan tidak kalah dengan tipe lainnya. Tipe E juga menyuguhkan layar yang lebar dan kamera depan yang bagus untuk para pencinta selfie. Harga tipe E masih sekitar 2 juta ke atas.

Tipe S – merupakan produk unggulan Samsung yang dibrandol dengan harga cukup mahal. Tipe S memang lebih ditujukan untuk kalangan menengah ke atas, seperti profesional atau pebisnis. Tipe S mengusung design edge untuk tampilannya yang membuatnya berbeda dari handphone lainnya. Tampilan edge ini bisa dilihat dari sisi pinggir ponsel yang tampak melengkung. Fungsinya adalah menampilkan shortcut aplikasi dan notification. Kualitas dan performa dari tipe lebih canggih dari tipe A, E maupun J.

Bagi Anda yang memiliki Samsung tipe J1 atau ingin membeli tipe J1, tidak perlu berkecil hati. Karena spesifikasi yang dimiliki J1 sudah cukup mumpuni. Yang terpenting adalah bisa membantu Anda dalam berkomunikasi dengan orang lain. Tetapi bila tujuan Anda untuk mengutamakan aplikasi game, sebaiknya Anda mengurungkan niat untuk mempunyai Samsung Galaxy J1.

Namun ada beberapa orang yang mengakali sistem J1 agar sama dengan tipe di atasnya, yaitu dengan cara melakukan sistem rooting. Root adalah membongkar atau menghilangkan batasan pada sistem Android agar bisa dimodifikasi sesuai kehendak Anda. Hal ini bisa dilakukan karena Android bersifat open source, yaitu OS yang mengizinkan pihak ketiga untuk membuka, menambah bahkan memodifikasi sistem yang sudah ada. Dengan root, Anda bisa mendapatkan meningkatkan kinerja sistem dan serasa memiliki ponsel spesifikasi kelas atas.

Baca juga: Kelebihan Hp Android Setelah di Root.

Sekali lagi Anda harus ingat bahwa dalam membeli hp tentunya disesuaikan dengan kebutuhan dan kapasitas Anda. Hati-hati terhadap penjual yang memberikan harga murah untuk hp yang sebenarnya masih dijual dengan harga tinggi. Hal ini biasanya terjadi pada handphone tipe kelas atas yang sengaja dijual murah untuk menarik konsumen. Padahal ternyata barang yang dijual tersebut adalah hasil rekondisi, replika, tiruan atau palsu. Maraknya kejadian ini, harus membuat Anda lebih waspada. Sebaiknya Anda membeli hp di gerai yang terpercaya agar tidak sampai tertipu.

Baca juga: Cara Mengecek Keaslian Hp Samsung.

Ingin memiliki hp canggih tapi budget mepet, jangan sampai membuat Anda gampang tertipu dengan penjualan hp palsu. Tidak ada salahnya membeli Samsung Galaxy J1 sebagai andalan Anda daripada mengorbankan uang Anda untuk hp palsu. Samsung Galaxy J1 sudah terbukti kecanggihannya dan tidak kalah dengan hp merk lain yang mempunyai spesifikasi yang sama.

Perkembangan smartphone memang sangat pesat, tapi kita jangan sampai tergoda untuk mengikuti perkembangannya dengan cara bergonta-ganti smartphone. Cukup satu smartphone dan digunakan dengan benar, daripada banyak smartphone tapi hanya untuk bergaya di depan orang lain. Gunakanlah smartphone dengan bijak.

, , , ,



Oleh :
Kategori : Teknologi