Sponsors Link

8 Ciri-ciri Headset yang Bagus dan Berkualitas

Sponsors Link

Anda sedang mencari headset untuk smartphone anda? Tapi anda bingung mau pilih yang mana. Sebab dipasaran banyak beredar jenis headset dari berbagai type, model dan merek. Kalau belum ada panduan atau referensi sama sekali pasti anda akan kebingungan memilih headset yang bagus untuk smartphone anda.

ads

Ternyata bukan sekedar merk atau harga mahal yang bisa memberi kenyamanan dalam mengenakan headset, tetapi model dan kualitas headset yang bagus yang akan memberikan kenyamanan bagi anda. Baik dari kualitas bahan yang digunakan untuk perangkat tersebut serat kualitas suara yang dihasilkan dari headset yang anda kenakan.

Untuk lebih jelasnya anda bisa mengiktui ulasan kami mengenai ciri-ciri headset yang bagus agar anda tidak kecewa setelah membeli headset baru anda nanti.

Baca juga:

Perbedaan Headset, Headphone dan Earphone

Secara istilah dapat di devinisikan bahwa headset adalah sebuah perangkat audio yang terdiri dari earphone atau headphone yang tergabung dengan microphone dalam satu kesatuan alat. Jelasnya headset terdiri dari speaker dan mix, bisa untuk mendengarkan sekaligus untuk berbicara. Headset fungsi dasarnya adalah untuk menerima telepon, mendengar dan berbicara atau melakukan percakapan.

Sedangkan headphone adalah perangkat untuk mendengarkan saja. Sama seperti headset tapi tidak ada microphone nya. Sedangkan earphone sama seperti headphone, namun beda bentuk, earphone bentuknya lebih kecil dan cara pakainya bisa menyumbatkan langsung ditelinga.

Jenis-jenis Earphone yang Beredar di Pasaran

Dari bentuk bud nya earphone/headphone dibagi menjadi dua yaitu:

  • In ear monitor: yaitu bentuk earphone dengan bud yang terbuat dari karet yang bisa masuk ke lubang telinga.
  • Ear bud: yaitu jenis headphone yang menggunakan bud berbahan plastik, berbentuk budar dan keras. Jenis headphone ini hanya menempel di bagian luar dan biasanya masih banyak celah udara yang masuk ke telinga. Sehingga untuk kenyamanan anda ketika memilih headphone jenis ini pastikan ukurannya pas dengan telinga anda, tidak kegedean dan tidak pula terlalu besar.

Jenis lainnya adalah earphone On-ear yaitu jenis earphone atau headphone yang menggunakan ikat kepala, sehingga cukup menempel daun telinga. Jenis earphone ini juga terdiri dari dua jenis yaitu yang ringan dan ada pula yang berat dengan menggunakan penutup telinga, model earphone ini disebut earphone over the ear.

Baca juga:

Spesifikasi Headset yang Bagus

Anda sudah tahu mengenai istilah-istilah dan berbagai jenis headphone, untuk mengetahui tingkat kualitas headset, anda perlu tahu spesifikasi headset yang begus. Berikut ini beberapa spesifikasi teknis yang perlu anda perhatikan saat memilih headset:

  • Impedance: Prinsipnya semakin tinggi impedansi perangkat headphone maka arus tegangan yang mengalir semakin kurang. Untuk mencapai daya yang optimal atau kualitas suara terbaik salah satunya adalah kesesuaian impedansi yang berasal dari sumber arus tegangan dengan impedansi dari earphone.
  • Sensitivity: Jika anda menggunakan headset untuk mendenganrkan musik, anda harus memilih earphone yang memiliki sensitivitas medium atau mid-range. Jika anda memilih tingkat sensitivitas yang high-range, dan hanya menggunakan volume suara setengah persen, ini akan membahayakan telinga anda. Pastikan anda memilih hendaphone dengan sesitivitas mid-range untuk keamanan pedengaran anda.
Sponsors Link

  • Frequency Response: diukur dengan satuan hertz (Hz). Respon frekuensi pada dasarnya adalah untuk megetahui tinggi rendahnya nada. Jika anda ingin menggunkan headphone untuk mendengarkan musik dengan dominan bass misalnya, maka anda bisa memilih headphone dengan ferekuensi nada rendah atau bass.
  • Drivers : Fungsinya adalah untuk menciptkan suara dalam perangkat anda. Semakin kuat/besar drive dalam earphone, maka suara yang dihasilkan akan semakin berkualitas. Driver ini juga akan meningkatkan bass, mid maupun treble susuai dengan jenis musiknya.
  • Sound Isolation: adalah salah satu fungsi dari perangkat headphone yang bisa memblokade suara dari luar, sehingga anda bisa lebih nyaman mendengarkan musik atau mendengarkan suara telepon tanpa terganggu oleh suara yang ada dari lingkungan luar. Fitur headphone ini sangat cocok untuk anda yang menggunakan hedphone untuk aktivitas di luar ruangan.
  • Noise Cancellation: hampir mirip dengan Sound isolation, cuma bedanya noise cancellation ini bisa memblokir semua jenis suara dari luar,seperti kebisingan lingkungan sekitar anda.
  • Sweat Resistant: jika kamu sering menggunakan headphone saat ber olahraga anda bisa memilih headphone dengan fitur ini, sebab headphone yang memiliki sweat resistant ia akan tahan tehadap kelembaban keringat saat digunakan.
  • Bluetooth:  ini adalah model koneksi perangkat headphone anda ke perangkat lain, misalnya koneksi ke smartphone, iPod maupun alat pemutar musik lainnya. Dengan menggunakan koneksi bluetooth maka aktivitas anda akan lebih nyaman karena tidak terganngu oleh kabel headset anda. Untuk jelasnya anda bisa baca cara memilih headphone bluetooth yang bagus.

Demikian ulasan mengenai ciri-ciri headphone yang bagus yang bisa anda jadikan referensi untuk memilih headset terbaik anda.

, , , ,



Oleh :
Kategori : Teknologi