Sponsors Link

Cara Membuat Power Supply Untuk Service Hp

Sponsors Link

Sebelum kita membahas Cara Membuat Power Supply Untuk Service Hp, apakalaian sudah tahu apa sebenarnya itu power supply dan apa kegunaanya, karna kita bisa mengoprasikan belum tentu kita tahu apa yang kita oprasikan sebenarnya. Karna akhir-akhir ini banyak kersakan hp yang cara memperbaik nya atau menservice nya harus menggunakan power supply akhirnya kita membuat artikel ini agar anda bisa menservice hp anda sendiri di rumah tanpa harus ke konter ataupun ke tempat service yang biayanya belum tentu terjangkau. Baca juga mengenai aplikasi blokir iklan Android terbaik.

ads

Apa itu Power Supply?

Power Suplply merupakan komponen komputer yang berfungsi untuk memberi suatu tegangan arus listrik pada komponen komputer atau komponen lainya. Arus listrik yang di salurkan power supply berjenis AC atau arus bolak-balik akan tetapi power supply dapat merubah arus berjenis AC menjadi DC. Baca juga mengenai layar hp tidak mau mati otomatis.
Nah setelah kita tahu apa itu Power Supply langsung saja kita bahas cara-cara membuat Power Supplynya.
  • Siapkan sebuah charger laptop yang sudah tidak terpakai.
    Dikarenakan charger laptop memiliki tegangan 19v dengan arus sebesar 3.4 Amper dengan arus itu maka sangatlah mumpuni untuk di gunakan sebagaii power supply untuk menghidupkan benda benda elektronik. Bisa juga di gunakan untuk uji coba rangkaian elektronika. Dan juga tak lupa power supply sangat berguna bagi para teknisi untuk keperluan servis laptop, servis hp dan keperluan lainnya.
  • Siapkan dua buah kabel  Merah dan Hitam, Dua buah kabel diperlukan untuk menyambungkan output charger laptop, dengan menggunakan cara ini kita tidak usah repot-repot memotong jack atau kepala charger. Sehingga charger masih tetap bisa untuk mencharger laptop. Warna merah dan juga hitam adalah untuk menandakan kabel Positif dan kabel Negatif jika anda tidak mempunyai kabel dengan warna merah dan juga hitam juga dapat di ganti dengan menggunakan warna lainya. Hati-hati dengan penggunaan warna karna jika tidak cocok dapat merusak rangkaian.

  • Siapkan sebuah modul Step Down DC to DC, Saya anjurkan menggunakan modul stepdown LM2596 yang dilengkapi dengan Voltmeter untuk menampilkan output tegangan. Untuk mengatur teganggan menggunakan LM2596, tegangan yang masuk dari charger laptop 19V menjadi 1,5V hingga 18V dengan cara memutar trimport potensio yang berada pada modul LM2596. Fitur yang di punyai LM2596 dilengkapi dengan VOLTMETER yang mempunyai akurasi tinggi ( eror +/-0.1V) dengan range input sebesar 0-40V. Untuk mendapatkan akurasi yang baik, pastikan tegangan dari input sebesar 4V. VOLTMETER juga bisa untuk menampilkan tegangan input dan output dengan cara menekan tombol saklar yang ada di sebelah VOLTMETER. Untuk Tegangan input LM2596 sebesar 4-40V dan tegangan output sebesar 1,25-37V dengan arus maximum hingga 3 Amper.

  • Menyambung Kabel Ke Jack Atau Kepala Charger, terdapat duah buah lempengan yang teridir dari lempengan luar dan lempengan dalam, lempengan luar adalah input atau jalur Negatif sedangkan lempengan dalam adalah jalur Positif kabel merah disambungkan ke lempengan dalam dan kabel hitam disambungkan ke lempengan luar hanya cukup menggunakan lakban untuk menyambungnya tidak perlu di solder. Catatan ya ketika charger laptop anda tidak di pakai lagi untuk mencharge laptop, maka kalian bisa melakukan dari langkah ke-4 tidak perlu susah-susah memotong jack atau kepala charger. Anda bisa langsung menyambung kan ke input modul LM2596.
  • Siapkan Dua Buah Jack Buaya (Capit Buaya),Jack buaya berfungsi sebagai kabel output yang dihbungkan ke output modul LM2596 yang dijadikan sebagai output oleh power supply dan nantinya dapat di gunakan untuk menghidup kan berbagai macam alat elektronik.
  • Merakit Semua Komponen Ke Modul LM2596Sesudah semua selesai maka untuk langkah terakhir adalah merakit dan menghubungkan ke modul LM2596.

Nah mudah bukan cara membuat Power Supply untuk service hp, bahan-bahan nya pun tidak mahal dan tidak susah di cari. Jika kamu sudah benar mengikuti langkah langkahnya maka pasti akan berhasil. Jika belum berhasil bisa di perhatikan lagi langkah-langkahnya mungki ada yang kelewatan atau tertinggal, semoga bermanfaat. bagi kalian yang jualan aksesoris hp atau ingin usaha aksesoris hp bisa baca di sini aksesoris hp yang paling laris di pasaran.

, ,
Oleh :
Kategori : Teknologi