Sponsors Link

9 Cara Memilih Kabel USB yang Bagus untuk Android dan iPhone

Sponsors Link

USB merupakan singkatan dari Universal Serial Bus. Teknologi canggih yang bisa menghubungkan perangkat seperti printer, keyboard, scanner dan yang lainnya ke komputer. Caranya, memasukan kepala kabel USB ke dalam port USB yang ada dikomputer. Meski cara menghubungkannya mudah, bukan berarti kabel USB tidak bisa rusak.

ads

USB yang rusak memiliki beberapa ciri. Jika kabel USB untuk charging, kabel tidak bisa menghantarkan daya listrik dan baterai tidak terisi daya sama sekali. Kabel USB untuk charging juga harus cepat diganti karena salah satu cara agar hp tidak panas. Jika kabel USB untuk penghubung dengan komputer atau untuk transfer data, biasanya tidak terbaca, USB Devide Not Recognized.

Kabel USB sebenarnya rentan rusak, tapi jika mengalami kerusakan bisa terjadi karena cara pemakaian pengguna atau ada kerusakan dari perangkat dan gadget yang dipakai, namun disangka bahwa USB nya lah yang rusak. Beberapa penyebab kabel USB bisa rusak :

  • Kabel USB sering pasang-lepas dari komputer satu ke komputer lainnya.
  • Setelah memakai kabel USB, melepas nya dengan menarik kabel USB, bukan dari kepala USB.
  • Menggulung atau menekuk kabel USB sehingga ada kabel yang rusak atau putus.

Kabel USB yang rusak tidak bisa digunakan lagi, cara yang terbaik adalah membeli kabel USB yang baru. Tapi sebelum membeli alangkah baiknya baca tips dan cara memilih kabel USB yang bagus di bawah ini:

1. Lihat kemasan

Sebelum membeli USB, lihatlah kemasan nya terlebih dahulu dan cek keterangan yang tertera. Kabel USB sendiri ada dua jenis :

  • Pertama, hanya bisa digunakan untuk charging saja.
  • Kedua, bisa digunakan untuk charging dan debugging atau transfer data.

Mana yang sesuai kebutuhan? Dan pastikan kepala USB nya sesuai dengan Port USB diperangkat yang kamu punya.
Jika tidak ada keterangan USB jenis apa, tanyakan terlebih dahulu kepada penjual. Jangan sampai salah beli. Apalagi cara menjadikan Android sebagai modem dan cara menghubungkan iPhone ke laptop juga pakai kabel USB.

2. Bahan kabel

Ini penting. Belilah kabel USB yang memiliki bahan berkualitas. Pastikan bahan tersebut tidak mudah sobek, gampang putus dan anti interference.

3. Fungsional

Jika kamu butuh kabel USB jenis pertama maupun kedua cari yang fungsional. Misalnya jika beli kabel USB jenis kedua, cari yang bisa mempercepat proses charging, mudah untuk sinkronisasi dan cepat saat digunakan transfer data.

4. Kompatibel

Carilah yang Kompatibel atau sesuai dengan perangkat yang kamu punya. Jika butuh kabel USB untuk charging saja, cari yang untuk charging dan sesuaikan juga dengan port USB nya.

Cara Merawat Kabel USB agar Awet

Tips dan cara membeli USB nya sangat membantu? Jika iya, tentunya kita harus tahu bagaimana cara merawat kabel USB. Tidak mungkin juga kan, baru beli dibiarkan rusak. Ada beberapa cara merawat kabel USB agar awet dan tidak gampang rusak, diantaranya adalah:

Sponsors Link

1. Gunakan dengan hati-hati

Belajar untuk tidak terburu-buru atau gegabah dalam memakai barang. Kenapa? Karena jika rusak, baru menyesal.
Jangan biarkan kabel USB tergeletak dan simpan ditempat yang seharusnya. Terkadang, kabel USB suka dibiarkan hingga tidak sadar diduduki, terinjak bahkan tertindih karena dibiarkan tergeletak di kasur.

2. Melepas USB yang benar

Selesai charging, transfer data atau apapun itu, selalu melepas nya dengan menarik dari kabel? Salah besar itu.
Melepas kabel USB dari port USB dengan menarik kabel secara langsung bisa membuat kabel bagian dalam rusak dan putus. Cabut atau tarik bagian kepala USB, itu baru benar.

3. Jangan menggulung kabel USB

Pasti sudah tahu bahwa kabel jangan digulung hingga menekuk dan membentuk sudut mati. Tembaga yang ada dalam kabel USB akan melengkung dan tidak bisa menghantarkan listrik secara optimal lagi. Rapikan kabel dengan membentuk sudut sekitar 45-60 derajat. Jika bingung, bentuk melingkar atau disegitigakan. Akan fatal sekali jika kabel digulung, apalagi diikat. 3-4 bulan harus beli kabel USB baru jika begitu.

Sponsors Link

4. Gunakan pelindung

Agar tidak gampang putus dan aman, pakai pelindung kabel USB yang sedang populer sekarang. Entah berbentuk sprial atau per, kamu bisa pasang langsung ke kabel. Pelindung kabel USB salah satu aksesoris hp yang paling laris di pasaran. Atau mau hemat, bisa buat pelindung kabel USB dari per pulpen yang sudah tidak terpakai.

5. Kabel USB cadangan

Kadang ada momen dimana harus menggulung kabel data karena terburu-buru atau asal masukan ke dalam tas atau laci tanpa dirapikan dengan betul. Ada kabel cadangan bisa jadi alternatif.

Adanya kabel USB cadangan bisa jadi penolong disaat kabel USB yang biasa dipakai tiba-tiba tidak bisa dipakai. Jadi, tidak ada salahnya bahwa adanya kabel USB cadangan bisa jadi tips untuk merawat kabel data agar tidak rusak.

Itu dia cara memilih kabel USB yang bagus dan cara merawat kabel USB agar tidak mudah rusak lagi. Kamu bisa langsung praktekan dandi jadikan kebiasaan. Karena lebih baik merawat daripada harus beli lagi, bukan? Lalu, yang masih haus informasi tentang USB bisa tambah pengetahuan tentang cara membuat android support otg dan apa saja sih fungsi usb otg buat kehidupan sehari-hari.

, , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi