Sponsors Link

Perbedaan Layar Super AMOLED dan Gorilla Glass Terlengkap

Sponsors Link

Kalau ditanya soal perbedaan layar super AMOLED dan Gorilla Glass, untuk menjawab pertanyaan itu dibutuhkan penjelasan atau devinisi layar Super AMOLED dan Gorilla Glass itu sendiri. Sebab keduanya merupakan piranti yang dikembangkan oleh perusahaan yang berbeda. Yuk kita bedah kita bedah apa itu Layar Super AMOLED dan apa itu Gorilla Glass.

ads

Teknologi Layar Super Amoled

Layar Super AMOLED sendiri merupakan teknologi layar handphone yang dikembangkan oleh SAMSUNG, sebagai penyempurna dari teknologi sebelumnya, yaitu layar AMOLED.

Layar Super AMOLED ini memiliki desain yang tipis dan ketajaman gambar yang terbaik dari jenis layar smartphone lainnya. Salah satu hal yang menjadi kelebihan layar Super AMOLED ini adalah jika digunakan di bawah terik matahari gambar yang ada di layar handphone tetap terlihat jelas tanpa gangguan. Sehingga anda tetap nyaman saat menggunakan smartphone anda di luar ruangan.

Berbeda dengan model layar handphone sebelumnya seperti teknologi layar LCD, TFT maupun IPS, kita tidak bisa melihat isi layar saat di bawah terik matahari, karena intensitas cahaya matahari lebih besar dengan cahaya yang dari layar handphone. Kecuali kita mengatur terlebih dahulu tingkat kecerahan layar handphone.

Layar Super Amoled sendiri sebenarnya sudah dilengkapi dengan tempered Glass bawaan. Yaitu kaca pelindung yang membuat layar handphone lebih awet, karena tak mudah tergores dan pecah saat kena benturan. Dalam perkembangannya Super Amoled berevolusi dalam beberapa versi, yang mungkin akan terus berlanjut untuk menyempurnakan teknologi layar smartphone ini.

  • Amoled Biasa
  • Super Amoled
  • Super Amoled Plus
  • Super Amoled HD

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Layar Super Amoled

Teknologi Gorilla Glass

Gorilla glass merupakan kaca pelindung layar smartphone. Gorilla Glass ini sangat tipis, namun kuat dan tahan terhadap benturan, yang terbuat dari kaca aluminosilikat alkali. Yang secara umum digunakan bukan hanya di smartphone saja, tapi untuk LCD, media player dan laptop. Gorilla Glass ini diproduksi oleh Corning perusahaan dari Amerika.

Teknologi Gorilla Glass mampu menghasilkan gambar yang jernih dan tajam. Sehingga kaca pelindung ini cocok untuk melengkapi gambar dengan kualitas full HD dan juga gambar 3 dimensi. Gorilla glass ini sangat tipis sehingga sensitivitas layar tetap terjaga, dan ini sangat nyaman untuk pengguna.

Awal munculnya Gorilla glass digagas oleh Corning Inc dengan membuat “Project Muscle” pada tahun 60 an. Dalam project tersebut corning melakukan eksperimen dengan kaca yang dikuatkan menggunakan bahan kimia. Project ini berhasil mengembangkan “Chemcor” Glass sebagai cikal bakal munculnya Gorilla Gllass. Chemcor Glass ini tidak diproduksi secara masal, dan hanya diproduksi 100 buah saja dan digunakan oleh Race Car Dordge Dart, dan Plymouth Barracuda.

Pada tahun 2006 saat Apple Inc menggagas produk iPhone pertamanya, Gorilla Glass baru dikembangkan sebagai pelindung layar telepon seluler pertama dari Apple Inc.

Sponsors Link

Penggunaan Gorilla Glass pada layar iPhone ini juga mengalami proses yang menarik untuk kita simak. Awalnya Steve Jobs membuat prototype iPhone dengan pelindung layar yang dari material plastik yang keras, namun saat ia menaruh iPhone tersebut dalam saku celananya ia menemukan bahwa layar iPhone tersebut tergores oleh kunci mobilnya, hal ini yang membuat Steve Jobs resah hingga ia mencari solusi untuk produk andalannya ini.

Akhirnya Steve Jobs CEO Corning Inc. dengan mengatakan bahwa perusahannya sedang membutuhkan kaca yang ringan dan kuat untuk produk telepon seluler yang akan ia launching. Kemudian ditunjukannya teknologi Gorilla Glass oleh CEO Corning kepada Steve Jobs.

Setelah itu Corning Inc. resmi memproduksi Gorilla Glass secara masal untuk keperluan layar iPhone generasi pertama yang rilis tahun 2007.

Baca juga:

Sponsors Link

Gorilla Glass saat ini memilih 2 jenis yang sangat popular yang sudah diterapkan sebagai pelindung layar Hp, yaitu:

1. Corning Gorilla Glass Waterproof

Gorilla Glass yang satu ini adalah selain sebagai pelindung layar dari kerusakan juga mampu melindungi layar dari air. Gorilla Glass Waterproof ini digunakan pada layar handphone waterproof untuk melindungi layar dari percikan dan tekanan air. Juga diterapkan pada teknologi kamera yang digunakan untuk merekam di kedalaman air.

2. Gorilla Glass Scratch-Resistant

Adalah varian dari Gorilla Glass yang tahan terhadap benturan dan goresan. Teknologi Glass ini banyak digunakan sebagai pelindung layar handphone yang beredar di pasaran saat ini.

Baca juga: Tips Memilih Tempered Glass

Kesimpulannya dari perbedaan layar Super AMOLED dan Gorilla Glass adalah bahwa Layar Super AMOLED adalah teknologi layar handphone tercanggih saat ini yang dikembangkan oleh perusahaan SAMSUNG. Sedangkan Gorilla Glass adalah teknologi kaca pelindung layar yang tipis dan sangat kuat. Perdana dibikin oleh Corning inc. untuk perusahaan iPhone.

Demikian penjelasan mengenai perbedaan layar Super AMOLED dan Gorilla Glass, semoga bisa menjawab pertanyaan anda.

, ,



Oleh :
Kategori : Teknologi