Sponsors Link

5 Cara Mengatasi Konektor Hp yang Rusak dan Pencegahannya

Sponsors Link

Seperti layaknya PC, ponsel berbasis Android maupun iOS ataupun Windows Phone mudah mengalami kerusakan baik hardware ataupun software nya. Nah maka dari itu kita akan membahas cara mengatasi konektor hp yang rusak. Sebelum terjadi ada baiknya kita harus mencegah, karena jika terjadi kita akan dirugikan dalam banyak hal. Karena hp atau smartphone kita harus di service dalam beberapa hari bahkan hingga mati total. Tentunya kalian tidak mau hal-hal yang tidak di ingin kan terjadi pada smartphone anda.

ads

Konektor adalah suatu komponen yang memiliki fungsi untuk menghubungkan suatu rangkaian elektronika satu dengan yang lainnya. Dan juga bisa untuk menghubungkan perangkat ke perangkat lainnya. Konektor ada 2 jenis, plug (male) dan socket (female). Baca juga mengenai cara mengatasi handphone mati total karena jatuh.

Ciri-ciri konektor hp rusak:

  • Baterai smartphone Anda akan cepat lowbet
  • Baterai smartphone tidak terisi sama sekali
  • Baterai smartphone Anda akan cepat lowbet
  • IC charging
  • Konektor / Port USB rusak

Lalu bagaimana cara mengatasi konektor hp yang rusak? Berikut beberapa tipsnya:

1. Tukar kabel charger dengan kabel charger Hp lainnya

Bagian terkecil dari charger merupakan kabelnya, bukan adapter kabel yang dicolok ke socket ya. Saat hp tidak dapat di charger , anda bisa mencoba dari mengganti charger nya ataupun kabel charger hp, tidak perlu langsung beli baru karena di tempat pembelian charger bisa di coba dulu saat tidak bisa ya berarti bukan di charger masalahnya.

Setelah itu kita bisa cek plug adapternya, coba ganti dengan yang lain apakah hp bisa terisi atau tetap tidak bisa, Jika tidak berarti masalahnya bukan di adapternya. Bisa di perhatikan juga penggunaan charger kita, karena jika kita menggunakan charger yang tidak sesuai tegangan dan serinya pada hp kita akan membuat umur batre dan membuat komponen hp menjadi cepat rusak. Baca juga mengenai cara memperbaiki speaker hp yang terkena air.

2. Mengganti baterai Hp

Baterai tidak bertahan lama. Perhatikan berapa tahun anda sudah menggunakan hp anda sudah berapa lama usia baterai anda, karena usia baterai dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, jika terjadi kerusakan dalam masa garansi anda bisa mengklaim garansi dan baterai anda akan di ganti yang baru bahkan unit anda bisa di ganti yang baru. jadi mohon selalu perhatikan kesehatan baterai anda agar tetap terawat. Mungkin kamu bisa mengganti nya dengan baterai yang ori saya rekomendasikan kalau yang harganya murah di pasaran biasanya duplikat atau double power.  Baca juga mengenai layar hp tidak mau mati otomatis.

3. Lakukan update software HP

Untuk smartphone, pasti mendapatkan fitur software update terbaru dan OS terbaru. Update software terbaru pada Android bisa mengoptimasi jalannya OS pada Android kamu dan membenarkan bug bug yang ada di update an sebelumnya. Pada software terbaru biasanya perusahaan pembuat hp kamu menyematkan teknologi terbaru seperti Power Saving untuk ketahanan baterai hp kamu, agar bisa berumur panjang. Baca juga mengenai aksesoris hp yang paling laris di pasaran.

Sponsors Link

4. Kalibrasi Baterai Hp

Kalibrasi atau baterai hp anda, ada beberapa aplikasi kalibrasi baterai yang tersedia di Play Store dan bisa kamu download secara gratis. Semua data baterai yang tersimpan di “batterystats.bn” akan dihapus dan membuatnya dengan pengaturan yang baru setelah kalibrasi selesai, dan tentunya akan di sesuaikan dengan daya baterai kalian  Kamu bisa melakukan kalibrasi dengan memasukan kode-kode rahasia pada ponsel dan juga mendownload aplikasi kalibrasi baterai yang ada di Play Store. Baca juga mengenai ciri-ciri headset yang bagus.

5. Berbeda Kemampuan Charger

Anda dapat membandingkan, saat di charger lewat PC atau laptop lebih lama di bandingkan dengan melalui socket charger. Hal itu di akibatkan karena port USB pada komputer tidak mampu mengirim daya yang cukup tinggi ke hp. Socket pada dinding dapat mengirim 2x hingga 3x lipat daya yang di kirim melalui PC atau laptop. Dan juga kalian harus memakai charger ori atau bawaan yang cocok untuk hp anda, karena charger hp sudah mempunyai kapasitas daya charger sendiri-sendiri.

Jika kapasitasnya terlalu besar untuk hp anda, dapat menyebabkan kerusakan pada perangkat keras hp anda, begitu pula sebaliknya jika terlalu kecil dapat menyebabkan lama nya baterai hp terisi. Selalu gunakan charger asli bawaan dari hp kamu agar menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Nah itu beberapa info dari kami untuk cara mengatasi konektor hp yang rusak dan pencegahannya. Semoga bermanfaat, karena menjaga kesehatan baterai hp itu sangat penting jika tidak ada baterai hp anda tidak akan bisa hidup.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi