Sponsors Link

24 Cara agar Smartphone Awet dan Tahan Lama

Sponsors Link

Pada zaman seperti ini teknologi makin berkembang dengan pesatnya. dari anak-anak sampai orang tua pun menggunakan alat komunikasi nan praktis dan simple. Adapun berbagai merk digunakan dan sangat berharap agar alat komunikasi tentunya tidak cepat rusak. Oleh karena itu disini akan dibahas cara merawat smartphone agar tidak cepat rusak dan selalu awet. Cara-caranya yaitu:

ads

1. Sektor Body

Sangat umum sekali dalam menjaga body smartphone agar mulus selalu, yaitu dengan pemakaian leather case ataupun flip case. Itu berlaku bagi pengguna smartphone yang tidak mempunyai lisensi IPx5 ataupun IPx6 yang berupa sertifikasi anti air, anti debu dan anti banting, maka harus berhati-hati apabila mengalami kerusakan. Lain halnya jika para pengguna smartphone yang memiliki sertifikasi tersebut dan bergaransi resmi, maka bisa bernafas dengan lega dengan cara merawat dan membersihkan body smartphone secara rutin.

2. Software

Cara kedua yaitu dengan menginstall software. Tapi juga harus diperhatikan bisa menampung berapa banyak, karena jika terlalu banyak maka itu akan membuat kinerja smartphone menjadi sangat lambat. Sebaiknya berhati-hati dalam menginstall software, karena bisa berpengaruh virus yang masuk ke smartphone. Baca juga: Jenis Jenis Smartphone.

3. Sektor Layar

Para pengguna smartphone tentu tahu bagaimana menjaga layar agar tidak tergores. Yaitu dengan pemasangan anti gores. Ada berbagai macam anti gores yaitu hard glass, gorilla glass dan lain-lain. Anti gores tersebut akan melindungi layar dari benturan atau tergores benda tajam.

3. Baterai

Cara yang paling vital adalah merawat baterai. Pengisian daya harus dilakukan pada saat baterai smartphone sudah mencapai 10%-15% dan melepas baterai apabila sudah terisi dengan penuh. Apabila cara pengisian daya terlampau lama, maka akan mengakibatkan baterai cepat drop dan cepat rusak. Baca juga: Hp Baterai Awet.

4. Tombol atau Keyboard

Tombol pada smartphone memiliki fungsi yang berbeda-beda dan apabila terus digunakan maka akan berakibat menurunnya fungsi pada tombol smartphone. Walaupun sekarang sudah banyak hp layar sentuh, namun beberapa hp masih mencantumkan tombol, seperti tombol menu atau home dan tombol back. Maka dari itu, gunakan tombol dengan bijak dan jangan menekannya terus menerus bila tidak dibutuhkan.

5. Kamera & Speaker

Cara merawat speaker sangatlah mudah, yaitu hindarkan dari medan magnet, air dan benda logam yang dapat merusak speaker. Cara merawat kamera juga sangat gampang, yaitu dengan menghindarkan goresan pada lensa kamera dan memberikan perlindungan pada lensa kamera. Baca juga: Hp Kamera Terbaik.

6. Backup & Restore

Untuk menjaga smartphone haruslah dilakukan backup secara berkala, karena jika terjadi kerusakan pada smartphone, maka semua data bisa terlindungi. Usahakan penyimpanan pada laptop ataupun flashdisk. Baca juga: Fungsi USB OTGCara Membuat Android Support USB OTG.

7. Matikan Smartphone saat Tidak Dipakai

Ponsel yang sedang tidak dipakai atau digunakan bisa dimatikan terlebih dahulu untuk mendinginkan bagian-bagian komponen seperti RAM dan processor. Smartphone layaknya manusia juga butuh istirahat. Apabila penggunaannya berlebihan akan menyebabkan hp cepat panas. Baca juga: Cara agar Hp Tidak Panas.

8. Restart Ponsel

Lakukan restart ponsel 2 kali sehari. Tujuan dilakukannya restart adalah untuk merefresh jaringan sistem pada smartphone yang Anda gunakan, supaya bisa berjalan normal pada setiap aplikasinya. Baca juga: Cara Mengatasi Lag pada Android.

Sponsors Link

9. Lakukan Scanning apabila RAM Penuh

Jika pada smartphone terlihat berat, maka bisa dikatakan RAM pada smartphone sudah penuh. Untuk menormalkannya kembali yaitu dengan menghapus aplikasi yang sedang berjalan. Baca juga: Hp RAM Terbesar di Dunia.

10. Lakukan Pembaharuan Aplikasi

Pembaharuan pada aplikasi sangatlah penting dan pemberitahuan dari developnya, haruslah memperbaharui setiap aplikasi minimal seminggu sekali. Biasanya ada notification update dan apabila Anda terkoneksi dengan jaringan wifi, akan update secara otomatis.

11. Gunakan Anti Virus

Gunakan antivirus dan update secara rutin. Menggunakan anti virus memanglah sangat dianjurkan untuk mencegah virus masuk ke smartphone melalui jaringan internet, file dan bluetooth. Untuk itu update anti virus 3 hari sekali. Baca juga: Aplikasi Antivirus Android Terbaik.

12. Buang Aplikasi yang Jarang Dipakai

Memiliki aplikasi yang banyak memang sangatlah penting, tapi apabila kebanyak juga bisa membuat baterai smartphone cepat drop. Sebaiknya hapuslah aplikasi yang kira-kira jarang dipakai. Baca juga: Aplikasi Anti Lemot.

13. Selalu Gunakan Charger Bawaan Ponsel

Menggunakan charger bawaan dari ponsel memang sangatlah dianjurkan, karena asumsi daya listrik yang masuk ke hp sudah disesuaikan dari pabriknya langsung. Walaupun banyak charger yang cocok dengan smartphone, tapi kalau menggunakan yang lain selain dari pabriknya, maka akan berakibat efek samping bagi baterai itu sendiri.

14. Jangan Terlalu Sering Bermain Game

Hampir 70% para pengguna smartphone apabila membeli dengan layar yang lebar dan graphic yang bagus, maka itu akan digunakan untuk bermain game. Hal itu tidaklah baik, karena akan mengakibatkan kerusakan pada RAM dan processornya. Baca juga: Hp Android Khusus Game.

15. Bersihkan Debu yang Menempel

Debu yang menempel juga ternyata bisa memperlambat kinerja pada smartphone, karena bisa mengakibatkan smartphone menjadi cepat panas. Untuk membersihkannya cukuplah dengan menggunakan kuas dan bersihkan pada bagian speaker, lubang USB, sudut layar dan lain-lain, karena biasanya debu bisa masuk dari sana.

Sponsors Link

Baca juga: Cara Flash HP AndroidCara Menghilangkan Iklan di Android.

Tips Merawat Baterai HP

Itulah tadi kira-kira cara agar smartphone awet terus dan tidak cepat rusak. Hp yang cepat rusak, juga dipengaruhi oleh penggunaan baterai. Berikut ini beberapa cara agar baterai hp tetap awet dan bisa digunakan dalam jangka lama:

  1. Jaga temperatur baterai. Jika baterai terlalu sering panas, maka akan mengakibatkan baterai akan menggelembung dan tidak akan bisa lagi menyimpan energi listrik alias drop. Maka dari itu yang harus dilakukan adalah segera menghentikan proses pengoperasian dan tunggu sampai baterai dingin.
  2. Atur pencahayaan (brightness). Tingkat pencahayaan smartphone haruslah diatur hingga titik terendah, karena jika pencahayaan diatur secara default, maka bisa menguras baterai smartphone cepat habis.
  3. Gunakan booster. Booster sangat berguna untuk memberi peringatan kalau baterai sudah penuh dan menolak di charge apabila baterai dalam keadaan panas.
  4. Jangan charge baterai saat panas. Saat mencharger baterai, usahakan baterai tidak terlalu panas, karena itu akan merusak smartphone.
  5. Hindari low bat. Saat baterai sudah low bat, maka haruslah secepatnya dicharge. Hindari mencharge baterai dibawah 20%. Dengan begitu diusahakan kemana-mana haruslah membawa powerbank.
  6. Tutup apps yang sudah tidak dipakai. Saat menggunakan smartphone tentu kita membuka banyak aplikasi, apakah waktu itu sedang bermain game, kemudian kita chatting dengan orang lain menggunakan Whatsapp ataupun BBM, maka tutuplah aplikasi yang sudah tidak dipakai.
  7. Gunakan media penghubung seperlunya. Jika kita membuka media penghubung seperti bluetooth, GPS, wifi atau apapun itu, apabila sudah tidak digunakan lagi haruslah segera dimatikan, karena itu akan menguras baterai.
  8. Jangan gunakan wallpaper. Wallpaper atau screen saver yang bergerak tentu saja akan menguras baterai, maka dari itu hindarkanlah memakai wallpaper dan screen saver yang bergerak.
  9. Jangan gunakan ketika charging. Ketika dalam proses pengecasan, hindari untuk menjalankan aplikasi terutama game, karena akan membuat baterai cepat panas dan cepat rusak.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Baterai TanamCara Menghemat Baterai Android.

Demikianlah tips tentang beberapa cara agar smartphone awet dan tidak cepat rusak. Semoga bermanfaat dan jaga selalu smartphone Anda.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi