Sponsors Link

11 Kelebihan dan Kekurangan Fingerprint pada HP Android dan iPhone

Sponsors Link

Diantara 7,6 miliar manusia yang ada di dunia, tidak ada satu orang pun yang memiliki sidik jari yang sama. Luar biasa, kan? Maka dari itu, untuk orang yang jeli melihat peluang bisnis, diciptakan sistem keamanan fingerprint. Fingerprint adalah sistem sensor untuk membaca sidik jari agar bisa menyatakan identitas seseorang. Yang kemudian dijadikan teknologi keamanan sebagai pengganti kata sandi biasa. Awalnya, sistem ini diberlakukan untuk kepentingan FBI di Amerika Serikat dan pada tahun 2007, salah satu merk hp terbaik pada era nya, Toshiba G500 dan G900 jadi handphone pertama yang menjadikan fingerprint sebagai sistem keamanan.

ads

Dulu, sistem operasi perangkat Toshiba belum menggunakan Android atau iOS seperti jenis-jenis smartphone sekarang, tapi masih Windows-powered. Semenjak dua tahun kebelakang, fingerprint baru diseriusi untuk jadi sistem keamanan unggulan handphone. Hanya saja masih terbatas, tapi untuk pengguna Android Marshmallow akan segera bisa mencoba. Jika kelebihan Android Marshmallow adalah pembaharuan di sistem keamanan, bagaimana dengan kelebihan Android Nougat, ya?

Cara kerja fingerprint untuk menjadi sistem keamanan seperti mengunci telepon itu dimulai dari membaca pola garis yang ada di jari menggunakan sensor dalam sistem dan merekamnya sebagai data dan akan tersimpan. Jika kita menempelkan pada fingerprint dan pola jari sama, handphone yang tadinya terkunci akan terbuka. Apa fungsi fingerprint scanner hanya bisa jadi pengunci telepon? Tentu tidak, bisa juga digunakan untuk selfie, membuka aplikasi dan folder dan yang lebih keren adalah membuka kotak notifikasi, rahasia semakin aman kalau begini.

Beberapa vendor smartphone berlomba-lomba untuk membubuhkan fingerprint sekarang dan agar tidak mirip satu sama lain, ada yang menempatkan sistem fingerprint di depan perangkat ada juga yang menempatkannya di belakang perangkat, tepat di bawah kamera. Ada beberapa jenis sensor fingerprint :

  • Sensor optik, menggunakan refleksi cahaya untuk menyimpan data dari sidik jari. Yang biasa ditemukan pada sistem fingerprint smartphone.
  • Sensor panas, menggunakan sinar inframerah untuk sistem fingerprint.
  • Sensor frekuensi, menggunakan sinyal yang berasal dari konduktor, yaitu kulit manusia.

Sepertinya fingerprint sistem keamanan tanpa cacat, ya? Padahal tidak juga. Ada kelebihan dan kekurangan fingerprint pada Hp. Bisa langsung cek di bawah ini.

Kelebihan Fingerprint pada HP

1. Keamanan yang tinggi

Tidak perlu diragukan lagi, jika faktanya bahwa sidik jari manusia itu berbeda, teknologi fingerprint benar-benar aman dan terpercaya. Sehingga tidak ada yang bisa membuka hp Anda secara sembarangan.

2. Mudah

Bohong, kalau tidak merasa kesulitan dengan sistem keamanan kata sandi atau pola yang terkadang bisa lupa. Fingerprint memudahkan pengguna karena hanya perlu menempelkan jari yang sudah terdaftar pada perangkat.

3. Tampilan

Bagi sebagian orang, perangkat yang sudah dilengkapi teknologi fingerprint ini terlihat lebih elegan dan kesan mahal. Dan tentunya, berhubung masih jarang smartphone yang sudah dibekali fingerprint, membuat pemilik smartphone dengan sistem fingerprint memiliki tampilan berbeda dan mencolok.

4. Data lebih aman

Ada fitur di fingerprint yang bisa mengunci data dan hanya bisa pengguna perangkat saja yang mengakses, lalu aplikasi juga bisa dikunci dan hanya bisa dibuka dengan sidik jari. Jadi aman dan tidak mudah dibobol.

Sponsors Link

5. Selfie

Sudah berpose dan siap mengambil gambar dengan hp kamera terbaik, tapi harus repot untuk menekan tombol kamera. Dengan finger print kamu tidak akan merasakan hal itu lagi. Cukup meletakan jari pada sensor dan kamera akan segera mengabadikan momen dan selfie.

6. Mematikan alarm

Masih merasa ngantuk tapi alarm terus berbunyi tanpa henti? Jika dengan smartphone biasa harus cari dulu letak non-aktifkan alarm disebelah mana dan baru berhenti. Dengan teknologi ini, pengguna cukup menempelkan jari pada sensor dan alarm akan langsung mati.

7. Notifikasi di layar

Banyak chat, panggilan tidak terjawab atau pemberitahuan apapun, akan berjejer rapi di panel notifikasi diatas layar. Untuk membuka dan melihat notifikasi perlu menggeser layar ke bawah, tapi di teknologi fingerprint, pengguna hanya perlu menggeser jari ke bawah dibagian fingerprint dan mengetuk dua kali untuk membersihkan notifikasi.

Kelemahan Fingerprint pada HP

1. Bisa diduplikasi

Masih ingat mainan lilin yang bisa dibentuk atau Play-Doh yang bisa dicetak atau dibentuk? Ternyata, dari kedua mainan tersebut sidik jari bisa diduplikasi. Dalam uji coba iPhone 6 dan Galaxy S6 Edge, hasil sidik jari cetak dari mainan anak bisa bisa menduplikasi sidik jari dan bisa membobol sistem fingerprint pada smartphone. Apa ada cara lain? Tentu saja ada. Seperti memfoto sidik jari orang dengan foto beresolusi tinggi atau menggunakan hasil cetak printer dengan kertas dan tinta khusus, tentunya.

Sponsors Link

2. Tidak bisa diubah

Sidik jari yang sudah disensor oleh sistem keamanan yang ada dismartphone akan tersimpan dan hanya bisa terbuka oleh sidik jari yang sudah terdaftar dan tidak bisa diubah lagi. Repotnya, jika data sidik jari kamu dicuri, pencuri tersebut akan memiliki akses terhadap keamanan selamanya. Berbeda dengan sistem keamanan kata sandi yang bisa diubah secara berkala demi keamanan. Meski butuh waktu lama untuk buka kunci keamanan smartphone dan bisa saja lupa kata sandi, setidaknya bisa diubah dan rentan diretas atau dibobol.

3. Data tersimpan di tempat lain

Hampir seluruh penduduk Indonesia menggunakan E-KTP, bukan? Saat pembuatan E-KTP, pasti masih ingat bahwa sidik jari jadi rangkaian pembuatan. Data sidik jari yang membuat E-KTP disimpan dalam data base, tapi bagaimana jika diretas? Tentu saja akan repot dan orang bisa menyalahgunakan untuk membuka sistem keamanan sistem smartphone kita.

4. Sensor tidak mengenali

Kita tidak pernah tahu bahwa jari luka, bukan? Dengan sistem sensor fingerprint, jika bagian jari luka atau sobek tepat disidik jari, smartphone tidak akan bisa terbuka karena data tidak terverifikasi atau sensor tidak mengenali sidik jari nya.

Dari kelebihan dan kekurangan fingerprint pada hp, apa masih tertarik untuk membeli smartphone dengan sistem keamanan tersebut? Tentu untuk keamanan hp kita sangat memerlukannya, tapi tetap berhati-hatilah agar data tidak sampai disalahgunakan. Semoga bermanfaat.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi