Sponsors Link

10 Perbedaan iOS dan Android OS Paling Lengkap

Sponsors Link

Dewasa ini, smartphone bukanlah hal yang asing dan menjadi suatu trend tersendiri dimana setiap orang yang memilikinya pastinya merasakan dapat menjangkau segalanya dengan smartphone. Untuk saat ini, operation system pada smartphone sendiri terbagi menjadi 2 macam, keduanya sama-sama terkenal dan sangat berpengaruh pada perkembangan dunia ponsel yaitu iOS dan Android. Keduanya menjadi bahan perbincangan masyarakat luas bahwa setiap OS memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Bagaimana pendapat anda?

ads

Baca juga:

Sebelum memiliki smartphone pastinya anda harus tahu apa manfaat dan kegunaannya, jangan karena ikut-ikutan saja atau supaya terlihat keren mempunyai smartphone mahal tapi tidak sesuai dengan kebutuhan yang anda inginkan. Disini kita akan bahas perbedaan antara iOS dan Android supaya anda paham, operating system yang seperti apa yang anda butuhkan. Berikut ini beberapa perbedaan iOS dan Android yang perlu anda ketahui:

1. Harga

Untuk membeli sebuah smartphone, umumnya hal ini yang sangat dibandingkan oleh masyarakat. Perbandingan dari segi ini sangatlah mencolok dan signifikan, dan kebanyakan semua orang tau bahwa iOS yang diproduksi oleh Apple sangatlah berbeda dengan Android yang pada mulanya diproduksi oleh Google dan sekarang merambah ke berbagai macam pabrik. Sebetulnya sangat tidak sebanding jika membandingkan antara kedua iOS ini, namun untuk saat ini perlu kita bahas supaya anda lebih mengerti.

Dari segi harga, pastinya iPhone memiliki harga yang luar biasa tinggi ketimbang Android, yaitu sekitar 5 juta keatas sedangkan Android sendiri bisa dijangkau oleh masyarakat luas, sekitar 1,5 juta ke atas. Hal ini dikarenakan produk dari Apple yang hanya merilis satu hingga dua model/tipe baru tiap tahunnya, berbeda sekali dengan Android yang sangat beraneka ragam jenis dan tipenya tergantung dari pabrik-pabrik yang beroperasi. Secara harga juga iPhone masih ditentukan oleh Apple, sedangkan Android tergantung dari pabrik mereka masing-masing dan cenderung lebih murah daripada produk Apple.

Baca juga: Hp Termahal di IndonesiaHp Termurah di Indonesia.

2. Kualitas

Kualitas iPhone sudah tidak diragukan lagi, lebih tahan banting dan terpercaya. Smartphone merek iPhone sendiri hanya diproduksi oleh Apple dan tidak pernah diproduksi oleh pabrik lainnya. Produk yang ditawarkannya pun hanya merek iPhone saja. Dan aplikasi yang ada  pada iPhone sangat terbatas dan dikaji ulang oleh Apple. Hal ini yang menyebabkan aplikasi-aplikasi pada iPhone lebih berkualitas dan lebih baik. Berbeda dengan Android yang memudahkan para developer aplikasinya untuk mendaftarkannya di Play Store. Bisa saja anda mengunduh aplikasi yang jelek dan tidak sesuai dengan keinginan anda sampai membuat anda menjadi jengkel karenanya. So, terlihat sangat jelas dari segi kualitas kan? Yang mana yang anda butuhkan?

Baca juga: Prosesor Android TerbaikKelebihan dan Kekurangan iPhone.

3. Penampilan

Dari segi ini, sebetulnya keduanya tidak jauh berbeda, dengan penampilan yang sama-sama menarik dan bagus, hanya saja dikarenakan faktor harga dan kualitas iPhone cenderung lebih berkesan eksklusif dibandingkan Android. Hal ini dikarenakan Apple sendiri mempunyai Quality Checker pada pabriknya, mulai dari bahan-bahan yang dipakai, aplikasi-aplikasi yang diterapkan, sampai pada perangkat-perangkat tambahan yang dijual di iPhone Store. Sangat berbeda dengan Android yang biasanya diproduksi lebih massal dan dikerjakan oleh banyak pabrik-pabrik di dunia. Hal inilah yang menyebabkan Android berkesan lebih murah.

Baca juga:  Aksesoris HP yang Paling Laris di Pasaran.

4. Share Data

Bagi pengguna iPhone, pasti cukup kesal dengan hal yang satu ini bukan? Malahan banyak penggunanya yang mengenal produk satu ini sebagai produk yang UnSos atau tidak sosial. Dikarenakan data dari iOS tidak bisa di share melewati bluetooth ke smartphone lainnya yang berjenis Android. Kelemahan inilah yang mungkin menyebabkan iPhone eksklusif dan menjadi keunggulan tersendiri karena pada umumnya ponsel iPhone lebih sukar untuk terkena hal semacam virus, malware atau hal-hal lainnya yang bersifat dapat merusak file, data maupun sistem dari OS tersebut. Apabila anda pengguna Android pasti tau akan hal-hal seperti ini, dimana anda sedang membuka sebuah situs lalu secara tiba-tiba terbuka situs lain yang tidak diinginkan dan membuat smartphone anda terkena virus, dll.

Baca juga: Aplikasi Antivirus Android Terbaik.

Sponsors Link

5. Memori

Perbedaan iOS dan Android selanjutnya dari segi memori. Pada saat anda memilih produk dari iPhone, anda pasti lebih berhati-hati dalam memilih memorinya karena pada produk ini tidak mengeluarkan tambahan seperti memori eksternal. Semuanya internal dan tersedia berbagai macam kapasitas yaitu 8 GB, 16 GB, dan 32 GB. Beda halnya dengan Android yang setiap masing-masing produk mempunyai memori internal dan dapat ditambahkan dengan memori eksternal hingga mencapai 32 GB. Dalam hal ini, produk Android memang lebih unggul dibandingkan iOS.

Baca juga:

6. Kamera

Yak, untuk yang satu ini, pastinya pengguna smartphone-smartphone sudah bisa merasakan perbedaannya. Untuk hasil foto dari iPhone lebih bagus dan tajam dikarenakan pihak Apple sendiri selalu menghadirkan kamera yang beresolusi tinggi dan sensor penangkapan cahaya yang sangat berpengaruh pada kualitas gambar yang difoto. Selain itu iPhone juga dilengkapi dengan Digital Signal Processor yang berfungsi untuk mengatur warna pada gambar, mengatur tingkat kecerahan gambar dan tone mapping. Teknologi inilah yang menyebabkan kamera pada iPhone digunakan untuk pengganti kamera DSLR yang sama-sama menggunakan teknologi ini dan karena dirasa sangat mudah dan praktis untuk digunakan. Berbeda dengan Android yang pada umumnya diproduksi tergantung pada kebutuhan si pengguna, misal pada produk Android Oppo F1s, yang menonjolkan kamera depan untuk selfie. Dan tidak semua produk dari Android Oppo memiliki fitur kamera depan yang dimiliki oleh seri F1s.

Baca juga: Aplikasi Kamera iPhone TerbaikAplikasi Kamera Android Terbaik.

7. Game

Siapa yang tidak tahu game Clash of Clan ? atau mungkin ada yang mengenal game Mobile Legends ? Yak, game-game tersebut dapat anda mainkan pada kedua platform ini. Contoh saja game Clash of Clan yang pada awalnya hanya ada pada iPhone saja, kemudian karena saking terkenalnya, para developernya merilis kedalam versi Androidnya. Game CoC tersebut yang semula berawal di iOS yang diaplikasikan pada iPhone yang memiliki standart dan kualitas pada penilaian game yang akan diterapkan di App Store.

ads

Dan seiring dengan berjalannya waktu, dan menjamurnya Android di pasaran dunia, game-game yang bagus layaknya dari iOS pun bermunculan, seperti game Mobile Legends yang saat ini digandrungi oleh banyak masyarakat luas. Namun dari semua itu, iOS memiliki daya tahan lebih baik dibandingkan dari Android, terlihat bahwa pada saat akan memasang sebuah game yang cukup berat pada ponsel anda, anda tidak perlu memperbaharui versi dari iOS yang lebih tinggi dikarenakan standart iOSnya sendiri sudah tinggi.

Berbeda halnya dengan Android yang terkadang setelah memasang game tidak dapat dimainkan karena tidak cukupnya spesifikasi untuk menjalankan aplikasi game tersebut. Untuk dapat memainkan game yang cukup berat pada Android, anda harus setidaknya mengganti sistem Android anda ke level yang lebih atas, atau mengganti smartphone anda dengan spesifikasi yang cukup agar dapat memainkannya.

Baca juga:

8. Kompatibel Terhadap Komputer

Dalam segi ini, iPhone termasuk sangat manja karena apabila memori sudah terpakai habis harus mencari jalan keluar agar data-data yang ada dapat di backup ke memori lain ataupun ke komputer. Aplikasi di dalam komputer yang digunakan sudah pasti hanya satu saja yaitu iTunes. Sebuah aplikasi milik Apple yang dioperasikan di komputer dan berfungsi sebagai perantara file, image, video, musik, maupun data-data lainnya kedalam komputer. Hal ini sebetulnya cukup merepotkan penggunanya karena harus memasang aplikasi khusus tersebut, berbeda dengan Android yang cukup hanya menyambungkan dengan kabel USB saja, sudah terhubung langsung dengan smartphone.

Baca juga: Emulator Android TerbaikCara Menjadikan Android sebagai Modem.

9. Update Versi

Bagi pengguna iOS yang terbiasa menggunakan produk-produk dari Apple pasti sudah mengetahui hal ini. Apple sendiri memanjakan konsumennya dengan cara mempermudah dalam mengakses data update versi iOS terbaru. Hanya dengan menampilkan notifikasi bahwa adanya new version dari iOS tersebut. Berbeda halnya dengan Android, yang tidak semudah itu dalam memperbaharui versi OSnya. Cukup memakan waktu untuk mencari versi terbarunya di situs-situs umum maupun situs resmi dari Android.

Baca juga: Kelebihan Android NougatKelebihan Android Marshmallow.

10. Sparepart & Ekstension

Siapa yang smartphonenya sering kecelakaan? Ya, untuk yang satu ini pasti anda bisa menebak kan? dari segi harga tiap-tiap produk juga sudah terlihat dengan jelas bahwa produk besutan Apple ini memiliki sparepart yang tidak murah alias mahal. Banyak pengguna iPhone yang mengeluh akibat mahalnya sparepart yang harus diganti, dan terkadang yang menjengkelkan lagi untuk mencari sparepart dari produknya pun menjadi sulit, karena iPhone sendiri merupakan produk yang tahan banting dan bandel menjadikan sedikitnya sparepart yang beredar di pasaran.

Lain halnya dengan Android yang harganya relatif lebih murah dan terjangkau, sehingga sparepartnya mudah untuk dicari. Lalu bagaimana dengan ekstensionnya atau dikenal sebagai perangkat tambahan? untuk Android sendiri, dikarenakan banyaknya pabrik yang membuat sejenis ini, kebanyakan bersifat universal, jadi semisal charger dari produk Oppo bisa digunakan untuk produk Vivo, meskipun beda pabrik. Beda dengan pabrik Apple yang hanya mengeluarkan charger khusus untuk produk yang di produksi oleh Apple saja.

Baca juga: Cara Membedakan Charger Asli dan Palsu.

Demikian informasi mengenai perbedaan iOS dan Android yang perlu diketahui sebelum memutuskan membeli hp baru. Pastikan anda membeli hp sesuai kebutuhan ya.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi