Sponsors Link

5 Cara Mengatasi Handphone Mati Total Karena Jatuh Untuk Orang Awam

Sponsors Link

Semahal apapun dan secanggih gadget yang ada miliki bukan berarti tidak akan pernah rusak. Kerusakan itu bisa bermacam sebabnya, bisa karena handphone memang sudah cukup berumur, terkena air, jatuh atau insiden lainnya. Jika anda menemui handphone anda rusak atau bahkan mati total jangan panik dulu. Lakukan beberapa tips dan trik dibawah ini, siapa tahun handphone anda yang mati total masih bisa diselamatkan dan anda tak perlu membeli handphone yang baru sebagai alat komunikasi anda sehari-hari.

ads

Berikut ini cara untuk mengatasi handphone yang mati total, bisa langsung anda praktikkan, sangat mudah

1. Cek Kondisi Fisik Handphone Anda

Jika handphone anda terjatuh dan kemudian mati, satu hal yang mesti anda lakukan adalah mengecek kondisi fisik handphone anda. Apakah ada kerusakan secara fisik, di body handphone, pada layarnya. Kemudian coba hidupkan handphone anda. Jika menyala dan tidak ada masalah, anda perlu bersyukur karena handphone anda tidak kenapa-napa setelah anda jatuhkan. Jika tidak bisa menyala maka anda bisa ikuti langkah selanjutnya untuk menemukan solusinya agar handphone anda hidup kembali.

2. Lepaskan Baterai dari Handphone

Kemungkinan berikutnya jika smartphone anda mati total adalah karena bootloop atau proses booting yang tak kunjung usai. Anda bisa melepas baterai smartphone anda untuk mengatasi hal ini. Jika handphone anda termasuk handphone yang menggunakan teknologi baterai tanam anda bisa menekan tombol khusus yang biasanya ada di handphone yang menggunakan baterai tanam. Atau anda bisa menekan tombol power lebih lama sekira 20-30 detik. Jika masalahnya karena bootloop bisanya masalah anda akan terselesaikan dengan cara ini, dan anda bisa menggunakan handphone anda seperti sedia kala.

Baca juga:

3. Hanya Muncul Layar Hitam

Jika handphone anda terjatuh dan setelah anda hidupkan hanya muncul layar hitam, mungkin permasalahannya terletak pada layar handphone anda. Layar handphone ini bisa mati karena tekanan, mungkin karena terhimpit atau mengalami kerusakan saat jatuh. Ciri-cirinya adalah layar handphone anda hanya menampilkan warna hitam dan dan saat anda tekan tombol power handphone anda bergetar ini artinya suplai listrik masih anda dan handphone sebanarnya masih hidup, hanya layarnya saja yang mungkin bermasalah. Untuk menyelesaikan permasalahan ini anda bisa membawa handphone anda ke service center untuk direparasi komponen layarnya.

Baca juga:

4. Factory Reset

Untuk mengatasi handphone mati total yang bootloop akibat jatuh adalah dengan melakukan factory Reset atau mengembalikan ke settingan semula atau setelan pabriknya. Cara melakukan factory reset dengan recovery mode ini akan menghapus data dalam handphone anda dan handphone seperti layaknya handphone barus setelah direset, hanya aplikasi bawaan saja yang terinstall di sytem android anda.

Untuk melakukan hal ini anda mesti melakukan backup data-data penting yang anda miliki. Namun jika memang handphone anda dalam keadaan mati total yah mungkin anda harus mengikhlaskan data anda terutama yang tersimpan dalam memori internal. Anda bisa melepaskan memori eksternal anda sebelum melakukan hal ini.

Kemudian nyalakan lagi dengan menggunakan tombol volume atas+ volume bawah yang dikombinasi dengan tombol power. Kombinasi tombol in bervarisai tergantung dari jenis dan merek hanpdhonenya. Jika sudah dalam posisi recovery mode, proses navigasi yang anda lakukan adalah dengan menggunakan tombol volume kemudian carilah factory riset. Setelah kamu menemukan opsi ini maka langkah selanjutnya adalah gunakan tombol power untuk eksekusi.

Sponsors Link

Step by step factory reset dengan recovery mode:

  • Tekan kombinasi tombol volume atas dan volume bawah dan tombol power.
  •  Setelah masuk di recovery mode, letakkan kursor pada pilihan “Factory Reset/Wipe Data”
  •  Untuk memilih OK anda bisa menggunakan tombol power.
  • Tunggu hingga proses reset handphone anda usai.
  • Dan handphone android anda kembali pada setingan pabrik.

Setelah itu anda perlu melakukan setting ulang handphone android anda, layaknya handphone anyar yang baru saja anda beli.

Hal yang perlu anda perhatikan saat melakukan factory reset adalah kondisi baterai usahakan dalam keadaan terisi minimal 70% untuk melakukan proses ini.

Baca juga:

5. Jika Semua Cara Tidak Berhasil

Namun jika dengan cara ini handphone anda tetap tidak bisa menyala, bisa dipastikan ada kerusakan pada hardware seperti komponen IC yang bergeser atau masalah lainnya akibat guncangan dan benturan yang terjadi saat handphone anda terjatuh.

Untuk mengatasi masalah ini anda membutuhkan teknisi handphone untuk memperbaikinya. Jika masa garansi handphone anda masih tersedia anda bisa membawa handphone anda ke service resminya untuk direparasi. Anda juga bisa memperbaiki kerusakan tersebut di jasa service handphone terdekat dari rumah anda.

Demikian cara mengatasi handphone yang mati total karena jatuh, semoga bisa anda praktikkan saat anda mengalami permasalahan ini.

, , , ,



Oleh :
Kategori : Teknologi