Sponsors Link

4 Cara Mengatasi HP Mati Total Tidak Bisa Dicas

Sponsors Link

Apakah anda sudah mengetahui cara memperbaiki HP yang gagal root? Jika sudah, maka kali ini anda juga harus tahu mengenai bagaimana cara mengatasi HP mati total tidak bisa dicas yang tentu saja masalah ini akan membuat siapapun merasa khawatir dan tidak jarang membuatnya merasa frustasi.

ads

Kondisi handphone dalam keadaan mati total lebih dikenal dengan istilah matot, dimana kondisi ini mengindikasikan bahwa handphone anda dalam kondisi mati dan tidak mau menyala meskipun dipencet tombol apapun. Masalah handphone yang mati total kerap kali dialami oleh mereka para pengguna smartphone android maupun iOS yang mana salah satu masalah yang sering timbul adalah karena terkena virus atau memang handphonenya selesai menginstall aplikasi yang tidak berizin.

Sekedar informasi bahwa pada dasarnya kerusakan yang dialami oleh smartphone terbagi menjadi dua hal, yakni kerusakan komponen dan juga kerusakan sistem. Untuk informasi lebih lengkap mengenai kedua hal tersebut, maka akan kami jelaskan di bawah ini:

  • Rusak komponen: Kerusakan yang dialami pada bagian dalam handphone yang bisa disebabkan oleh faktor internal seperti berupa panas, usia, atau defect, atau juga bisa disebabkan karena faktor eksternal yaitu terkena air, jatuh, atau bahkan dibanting.
  • Rusak sistem: Kerusakan tipe ini biasanya akan disebabkan oleh serangan virus, salah install aplikasi, atau juga bisa disebabkan karena salah di dalam perbaikan handphone.

Seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya bahwa tentu saja kondisi ini akan membuat semua orang yang memiliki handphone akan merasa jengkel dan juga frustasi, terlebih lagi jika orang tersebut merupakan orang penting yang akan membuatnya kesulitan menghubungi atau dihubungi oleh rekan-rekannya.

Maka dari itu, berikut ini akan kami berikan informasi mengenai bagaimana cara mengatasi HP mati total tidak bisa dicas yang bisa anda pelajari. Sebelum itu, kami juga ingin membagikan informasi mengenai cara memperbaiki port charger HP dan juga mengenai cara memperbaiki speaker HP yang suaranya pecah.

1. Ganti charger handphone

Langkah awal yang harus anda lakukan adalah dengan mencoba untuk menggunakan charger atau caz yang lain. Biasanya handphone mati total karena charger yang digunakan sudah rusak sehingga tidak bisa mengalirkan daya ke bateri handphone anda. Oleh karena itu, maka langkah awal yang harus anda lakukan adalah dengan menggunakan charger lainnya.

Yang harus anda perhatikan bahwa anda harus menggunakan cas atau charger HP ori alias asli karena jika anda menggunakan charger yang tidak asli, maka bisa menyebabkan handphone anda mengalami masalah. Jika cara ini masih belum berhasil, maka kami sarankan agar anda menggunakan cara selanjutnya.

2. Wiping data, cache, dan recovery

Jika cara pertama tidak mampu menghidupkan handphone anda, maka anda harus mulai dengan cara kedua yang akan kami jelaskan berikut ini. Jika handphone anda mati total biasanya karena disebabkan oleh banyaknya sampah atau bug yang tidak anda bersihkan sehingga kemudian akan semakin menumpuk dan mengganggu kinerja handphone anda.

Salah satu cara yang harus anda lakukan adalah dengan membersihkan cache yang tidak jarang menjadi penyebab handphone anda juga lemot. Adapun cara membersihkan cache ketika smartphone dalam kondisi mati adalah dengan masuk ke wiping data atau juga bisa masuk ke system recovery.

System ini akan memudahkan anda di dalam melakukan penghapusan maupun juga melakukan perubahan pada android anda. Untuk masuk kedalam mode atau system ini, biasanya membutuhkan tombol kombinasi yang biasanya setiap smartphone memiliki tombol kombinasi yang berbeda.

Namun secara umum tombol kombinasi yang harus anda takan adalah tombol power, volume up, dan juga menggunakan tombol Home. Dengan cara ini maka anda bisa melakukan pembersihan terhadap sampah atau cache yang menjadi salah satu penyebab smartphone anda mati total.

3. Melakukan flashing smartphone

Langkah yang ketiga yang harus anda lakukan yaitu dengan mem-flashing smartphone anda. Sebenarnya melakukan flash terhadap smartphone tidak terlalu sulit, asalkan anda paham langkah-langkah yang harus anda lakukan. Namun memang untuk amannya kami sarankan agar lebih baik anda membawa smartphone anda tersebut ke konter yang memang sudah terpercaya.

Sponsors Link

Melakukan flashing HP bisa dikatakan merupakan cara tercepat ketika smartphone anda mengalami permalasahan yang berat, seperti terkena virus, atau ketika smartphone anda mati total dan tidak bisa dicharge. Maka dari itu, anda hanya perlu membawa smartphone anda tersebut ke konter dan kemudian anda menunggu beberapa saat atau mungkin anda harus menunggu satu hari jika pada waktu itu sedang banyak pesanan.

Namun sekali lagi kami ingatkan kepada anda bahwasanya anda hanya boleh membawa smartphone anda tersebut ke konter yang memang sudah terpercaya. Jika anda membawanya ke sembarang konter yang anda tidak kenal dan tidak pernah ke sana sebelumnya, dikhawatirkan smartphone anda akan diotak-atik dan diganti komponen-komponen yang penting.

4. Membawa ke service center

Jika semua cara sebelumnya sudah tidak memberikan hasil apapun dan masih tetap membuat smarpthone anda mati total, maka langkah terkahir yang harus anda lakukan adalah dengan membawanya ke tempat perbaikan resmi alias service center. Perlu anda perhatikan sebelum anda membawanya ke service center, bahwa anda harus menyiapkan beberapa dokumen yang memang diperlukan seperti dosbook, buku service, dan juga garansi jika memang masih ada masa garansinya.

Ketika dokumennya sudah lengkap, maka anda hanya perlu membawanya ke service center untuk kemudian diperbaiki. Membawa ke service center merupakan cara yang paling tepat dan terpercaya karena memang di sinilah tempat perbaikan merk smartphone anda. Namun anda harus sabar karena ketika smarphone anda dibawa ke service center, membutuhkan waktu yang lama untuk penyelesaiannya. Minimal waktu yang dibutuhkan adalah satu bulan dengan mengeluarkan biaya yang juga tidak bisa dikatakan murah. Namun anda akan mendapatkan smartphone dengan kondisi yang sama seperti baru.

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan kepada anda mengenai bagaimana cara mengatasi HP mati total tidak bisa dicas. Kami juga menyarankan agar anda mempelajari tentang cara ngeflash HP android sendiri dan juga cara memperbaiki baterai tanam yang bocor.

,



Oleh :
Kategori : Tips & Trick