Sponsors Link

4 Cara Mengatasi Memori Internal Penuh Padahal Tidak Ada Aplikasi

Sponsors Link

Mungkin hal ini pernah terjadi pada saat kita sedang menggunakan hp Android kesayangan kita. Saat ingin menginstall aplikasi yang kita inginkan di Google Play Store, tiba-tiba ada peringatan dari hp Android kita bahwa tidak bisa melakukan instalasi, dikarenakan tidak ada space tersisa di internal memori. Yang lebih mengesalkan lagi, setelah kita uninstall atau delete semua aplikasi di hp Android kita, ternyata masih dibilang bahwa memori internal hp sudah penuh… apa yang sedang terjadi ?

ads

Padahal kita sudah membeli hp Android dengan internal memori yang cukup lega, yaitu sekitar 8GB misalnya, ukuran yang lebih besar dari 4GB dan lebih kecil dari 16GB. Dengan ukuran sebesar 8GB itu, seharusnya masih banyak memori internal yang tersisa kan ?

Kenali Terlebih Dahulu Memori Internal dan Memori External

Memori Internal ialah memori bawaan yang sudah ada di dalam hp Android, di saat kita membeli hp Android tersebut pertama kali, ukuran memori internal ini tidak dapat diubah, baik di tambah maupun di kurangi. Bila tidak ada memori external yang terpasang di dalam hp Android yang kita miliki, maka memori internal ini lah yang akan di kenali dan di gunakan oleh hp Android. Memori internal tersebut akan digunakan sebagai memori utama nya oleh sistem operasi, maksudnya ialah saat kita melakukan proses penyimpanan file, foto atau dokumen lainnya, maka sistem operasi Android, akan menyimpan file-file tersebut di dalam memori internal.

Memori external, adalah memori tambahan yang bisa di tambahkan pada hp Android, dengan menggunakan microSD Card. Saat ini kapasitas dari MicroSD Card bisa kita pilih mulai dari ukuran 2GB saat ini, hingga 64GB atau 128GB. bahkan kemungkinan dalam beberapa tahun ke depan bakal ada yang ukuran MicrtoSD Card yang lebih besar lagi. Bila kita menggunakan hp dengan posisi microSD telah Card terpasang di dalamnya, maka sistem Android akan memberikan kita pilihan, untuk menggunakannya sebagai penyimpanan utama, atau penyimpanan sampingan. dengan adanya memori external ini, penyimpanan file yang lumayan besar seperti foto yang di ambil melalui kamera hp Android, atau video, bisa di alihkan ke memori external ini, sehingga dapat lebih memberikan ruang yang cukup, untuk hp Android menginstall aplikasi lainnya. Hal tersebut terjadi karena, untuk instalasi aplikasi, sering membutuhkan internal memori yang cukup, dan beberapa aplikasi tidak mau diinstall di memori external.

Beli Memori Internal 16GB, Kok Terdeteksi nya Cuma 10GB ?

Bila kita memiliki hp android dengan memory internal 16GB, terkadang, hanya terlihat bahwa memory kosong nya hanya tersisa 10GB saja, kenapa terjadi hal tersebut ? hal tersebut terjadi karena sistem membutuhkan memori juga untuk mengoperasikan sistem nya, memori sistem os Android ini sendiri bisa mencapai 4GB hingga 5GB. kita bisa mengecek nya dengan masuk ke menu pengaturan, lalu pilih penyimpanan.

Lalu Kenapa Bisa Penuh ? Padahal tidak ada aplikasi yang lagi di instal ?

Sebenarnya, setiap hp Android yang kita gunakan, sitem operasi Android nya akan melakukan penyimpanan cache memori, di dalam hp Android tiap orang. Apa itu cache memori ? cache memori ialah catatan kegiatan, serta file yang pernah di gunakan atau di buka, yang fungsinya untuk history, sebagai pencatatan aktifitas, juga mempercepat proses dengan menggunakan file yang sama dengan file yang pernah di buka, sehingga proses seperti download file dari internet, tidak perlu dilakukan berulang-ulang, yang membuat jadi bisa lebih menghemat biaya kuota internet, maupun waktu untuk prosesnya file yang sering di buka. File cache ini akan disimpan di dalam memori internal hp Android, aktivitas aplikasi yang mendownload video, gambar, suara atau MP3 pun, semuanya akan menghasilkan cache yang tersimpan di memori internal hp Android, sehingga bisa terjadi penuh nya memori internal walaupun belum ada aplikasi baru yang di install.

Sponsors Link

4 Cara Mengatasi Memori Internal Penuh Padahal Tidak Ada Aplikasi

Untuk mengatasi kebingungan dan kesukaran hal tersebut, segera lakukan langkah-langkah di bawah ini :

  1. Pindahkan pengaturan penyimpanan file foto dan video pada aplikasi kamera, dari memori internal ke memori external
    Walau kelihatannya suatu hal yang sepele, tetapi setiap foto dan video yang kita ambil, membutuhkan file yang lumayan besar untuk tempat penyimpanan nya. Untuk satu foto dengan kamera saat ini, bisa membutuhkan hampir sekitar 2MB hingga 5MB untuk setiap foto dengan resolusi maksimum. Untuk pengambilan video lebih heboh lagi malah, setiap pengambilan video bisa memerlukan antara 100MB hingga 1GB sekali ambil video nya. Mengenai pengaturan lokasi penyimpanan foto dan video aplikasi kamera ini, lumayan begitu penting, dikarenakan selain tidak bisa menyimpan foto atau video baru, bila memori internal sudah penuh, kinerja android juga kan mengalami penurunan bila Android mengalami kekurangan space untuk menyimpan cache nya, dikarenakan pembuatan cache dapat membantu mempercepat kerja sistem operasi Android di dalam hp Android yang kita gunakan.
  2. Lakukan Penghapusan Cache Aplikasi
    Cache tiap aplikasi berbeda-beda, akan tetapi fungsinya keseluruhan hampir sama, yaitu sebagai tempat penyimpanan sementara file-file yang sering di akses, untuk mempercepat kerja aplikasi dan mengurangi data kuota yang di perlukan. Aplikasi bawaan hp pun, tidak luput terlepas dari pembuatan cache ini, sehingga bila kita melakukan penghapusan cache, bisa mengurangi cache yang sudah di buat, dan memberikan space yang lumayan banyak di memori internal hp Android yang kita punya. Caranya silakan buka Setting, atau Pengaturan di hp, lalu pilih Aplikasi Manager, buka satu per satu aplikasi yang ingin di hapus cache-nya, dengan cara men-klik tombol clear cahce, atau hapus cache. Dengan begitu data file cache lama yang sudah menumpuk, bisa di bersihkan dan membuat kapasitas memori internal menjadi lebih lega. Bila tidak ingin pusing dengan pekerjaan ini, install saja aplikasi Files Go, yang merupakan aplikasi resmi dari Google untuk os Android, untuk membersihkan file-file cache atau file yang tidak terlalu penting di Android kita.
    Sponsors Link

    Menariknya, file terbesar yang menjadi penyumbang paling gede yang membuat memori internal kita kepenuhan, adalah file cache dari aplikasi messengger, atau aplikasi chatting kita seperti WhatsApp atau Telegram. Mungkin dikarenakan aplikasi tersebut, melakukan penyimpanan cache untuk setiap gambar dan video yang kita baca di aplikasi tersebut.
  3. Hapus File Tersisa Dalam Aplikasi
    Mungkin beberapa dari kita menggunakan aplikasi yang dikirim dari hp Android lain, seperti aplikasi ShareIt contohnya, aplikasi yang kita terima dari hp Android lain tersebut, ternyata masih tersimpan di penyimpanan sementara ShareIt, dan lokasi penyimpanan nya biasanya sama dengan lokasi penyimpanan aplikasi, atau berada di memori internal, sehingga bila kita hapus aplikasi sisa ini, akan memberikan ruang lapang juga untuk memori internal.
  4. Hapus File Aplikasi Offline
    Untuk pengguna aplikasi pemutar video Youtube, mungkin sudah tidak asing dengan fitur tonton Offline nya, atau mendownload terlebih dahulu video yang kita ingin tonton, sehingga bisa kita tonton walau tanpa menggunakan kuota internet saat itu juga. Fasilitas ini, tentu membuat memori internal kita terisi oleh video-video offline ini sehingga cepat penuh. Dengan melakukan pembersihan video offline yang tidak kita perlukan lagi saat itu juga, akan memberikan space tambahan lagi untuk memori internal kita.

Demikian informasi mengenai cara mengatasi memori internal penuh, semoga bisa jadi pengetahuan tambahan dan manfaat untuk bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi