Sponsors Link

5 Syarat Spesifikasi Hp yang Support VR (Virtual Reality) dan Contohnya

Sponsors Link

Apakah anda tahu apa saja spesifikasi hp yang support VR atau Virtual Reality? Tidak bisa kita pungkiri bahwa hadirnya sebuah teknologi yang bernama Virtual Reality. Teknologi ini akan membuat para pengguna bisa merasakan secara langsung konten yang mereka mainkan. Artinya, mereka seolah-olah sedang memainkan konten tersebut dalam kondisi seperti mereka berada di dalamnya.

Sejak munculnya teknologi yang disingkat menjadi VR ini, banyak pabrik smartphone yang berlomba untuk memproduksi spesifikasi hp yang support VR. Baik Samsung, Xiaomi, Apple, dan lain sebagainya sedang atau telah meluncurkan berbagai merk smartphone yang sudah bisa digunakan untuk memasang Virtual Reality. Biasanya, hp tersebut juga akan menggunakan Google CardBoard maupun juga VR Box.

Meskipun begitu, tidak sedikit para pengguna yang masih belum mendapatkan informasi secara lengkap mengenai teknologi yang satu ini. Namun anda jangan khawatir, kali ini kami akan memberikan informasi lengkap mengenai spesifikasi hp yang support VR. Dengan begitu, anda bisa membeli salah satu dari smartphone tersebut yang spesifikasi atau persyaratannya sudah sesuai agar anda bisa merasakan sendiri seperti apa kecanggihan teknologi yang satu ini.

Spesifikasi HP yang Support VR (Virtual Reality)

1. Harus dilengkapi dengan sensor accelometer

Spesifikasi hp yang support VR yang pertama adalah ia harus sudah memiliki sebuah sensor yang bernama accelometer. Sesuai dari namanya, ia nantinya akan berfungsi sebagai akselerasi. Cara kerja dari sensor accelometer adalah dengan menghitung kecepatan gerakan yang ia terima dari sebuah smartphone dengan menggunakan guncangan yang diperoleh dari smartphone atau perangkat tersebut. Contohnya, jika smartphone anda digerakkan, maka sensor accelometer akan secara otomatis menghitung gerakan yang dihasilkan kemudian ia akan memberikan respons kepada komputer.

Sensor accelometer sering bekerja ketika kita sedang bermain game. Ketika kita goyangkan smartphone kita ke arah kiri, maka sensor accelometer akan mendeteksi jika ia harus bergerak ke kiri. Begitupun ketika anda menggerakkannya ke kanan. Sensor accelometer sangat berguna ketika anda sedang bermain game balap, baik dalam kondisi landscape maupun juga potrait.

2. Hp harus memiliki sensor gyroscope

Tidak sedikit yang beerpendapat bahwasanya gyroscope memiliki tingkat keakuratan yang cukup tinggi dibandingkan dengan accelerometer. Gyroscope merupakan sensor yang sangat canggih dimana ia nanti bisa menangkap dan mengidentifikasi gerakan berputar dan juga gravitasi bumi.

Selain itu, gyroscope juga bermanfaat untuk bisa menentukan arah smartphone. Ia bahkan tahu seperti apa posisi smartphone meskipun tidak ada guncangan. Hal ini dikarenakan sensor gyroscope akan melakukan identifikasi terhadap momentum angular sehingga ia bisa melihat posisi dari sebuah perangkat. Maka dari itu, smartphone yang anda gunakan harus memiliki sensor gyroscope agar supaya ia bisa support Virtual Reality. Sensor ini akan memberikan tingkat keakuratan yang lebih tinggi yang sudah tentu anda bisa benar-benar menikmati teknologi VR tanpa hambatan.

3. Memiliki ukuran layar yang memadai

Spesifkasi hp yang support VR yang ketiga adalah ia harus memiliki ukuran layar yang memadai. Tentu hal ini sangat masuk akal karena tidak mungkin anda menggunakan teknologi Virtual Reality sementara layar pada hp anda minim alias kecil. Meskipun begitu, saat ini sudah banyak pabrik smartphone yang berlomba untuk mengeluarkan sebuah produk hp dengan ukuran layar yang besar.

Saat ini bahkan sudah tidak ditemukan lagi pabrik smartphone mengeluarkan smartphone dengan ukuran layar di bawah 5 inci. Namun, minimal menggunakan teknologi VR ini smartphone anda harus memiliki ukuran layar 6 inci. Semakin besar ukuran layar, maka anda akan semakin nyaman di dalam bermain game atau menonton film dengan memanfaatkan teknologi Virtual Reality.

4. Hp harus memiliki kerapatan layar yang baik

Bukan hanya ukuran layar saja yang menjadi syarat, melainkan hp tersebut juga harus memiliki kerapatan layar atau piksel yang baik. Hal ini tidak lain agar supaya gambar yang dihasilkan bisa lebih tajam sehingga anda bisa lebih puas menikmati aktivitas di smartphone anda tersebut. Lalu bagaimana cara mengetahui apakah hp tersebut memiliki kerapatan layar yang baik atau tidak?

Tentu saja jawabannya mudah sekali. Anda bisa mendapatkan informasi yang berhubungan dengan kerapatan piksel smartphone melalui spesifkasi pada smartphone itu sendiri. Anda bisa mengetahui apakah smartphone tersebut menggunakan teknologi IPC atau AMOLED. Biasanya, smartphone yang menggunakan teknologi AMOLED dapat menghasilkan gambar yang lebih baik dan tajam. Dengan begitu, anda bisa menikmati menonton film maupun bermain game karena gambar yang ditampilkan begitu tajam dan jelas.

5. Hp harus beresolusi HD (720p)

Untuk spesifiksi hp yang support VR kali ini bisa dikatakan semua smartphone memilikinya. Sama halnya dengan ukuran layar, anda juga tidak akan menemukan lagi smartphone yang sudah tidak berseolusi HD (720p). Bahkan, tidak sedikit juga smartphone yang malah memiliki resolusi di atas itu. Makanya, untuk spesifikasi yang kelima ini anda tidak akan bingung atau sulit untuk menentukan karena semua smartphone keluaran baru sudah support dengan resolusi HD.

Contoh HP yang Support VR (Virtual Reality)

Di bawah ini akan kami berikan informasi beberapa merk smartphone harga terjangkau yang sudah support dengan teknologi VR.

1. Xiaomi Redmi 3 Series

Dengan bermodal 1,6 juta, anda sudah bisa menikmati teknologi VR. Xiaomi memang berani mengeluarkan hp dengan spesifikasi tinggi dan harga terjangkau. Ditambah lagi, hp ini sudah ada teknologi gryscope dan Os Lolipop yang sudah pasti sudah cukup untuk menjalankan VR.

2. Lenovo Vibe K4 Note

Siapa yang menyangka jika ada hp Lenovo yang support dengan VR. Lenovo Vibe K4 Note dijual dengan harga di bawah 2 juta. Anda sudah bisa menikmati keseruan menggunakan teknologi VR melalui smartphone yang satu ini.

3. Samsung Galaxy J2 Prime

Mungkin tidak mengherankan jika Samsung juga memiliki hp murah yang support VR. Harga yang harus anda keluarkan untuk membeli Samsung Galaxy J2 Prime adalah 1,5 jutaan. Ditambah lagi, spesifikasi layar dan dukungan sensor gyroscope membuat hp ini telah memenuhi syarat untuk Virtual Reality.

Itulah penjelasan kami tentang spesifikasi hp yang support VR dan beberapa merk smartphone murah yang sudah bisa anda gunakan. Semoga bermanfaat.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi