Sponsors Link

17 Kelebihan dan Kekurangan Android Oreo 8.0

Sponsors Link

Android 8.0 “Oreo” merupakan versi terbaru dari Android Nougat. Android Oreo resmi diluncurkan ke publik pada 21 agustus 2017.  Tentunya, pada Android Oreo terdapat beberapa tambahan fitur, layanan dan pembaharuan lainnya yang mungkin tidak dimiliki oleh Android Nougat. Peluncuran Android Oreo tentu membuat kebanyakan pengguna Android Nougat meng-upgrade sistem operasi android mereka ke Android Oreo.

Tetapi, sebelum meng-upgrade OS android Anda ke Android Oreo, Anda sebaiknya mengetahui beberapa kelebihan dan kelemahannya sebagai bahan pertimbangan. Bukan hanya kelebihan dan kekurangan Android Oreo saja tetapi juga memahami kelebihan Android Nougat. Tapi, pada artikel ini, saya hanya akan membahas tentang kelebihan dan kekurangan dari Android Oreo saja. Jadi, apa sajakah kelebihan dan kekurangan Android Oreo? Yuk, simak penjelasan di bawah ini.

Kelebihan Android 8.0 “Oreo”

Berikut dibawah ini beberapa kelebihan Android Oreo.

1. Notification Dots

Fitur Notifications Dots digunakan untuk menampilkan notifikasi (pemberitahuan) dari aplikasi yang belum dibaca pengguna. Karena notifikasi tersebut, Anda bisa mengetahui sedikit informasi tentang notifikasi aplikasi tersebut tanpa harus membuka aplikasinya. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot-repot mengecek masing-masing aplikasi tertentu hanya untuk mendapatkan informasi atau pemberitahuan.

2. Fitur Picture in Picture (PIP)

Dengan adanya fitur Picture in picture, Anda dapat menonton video/film sekaligus menggunakan aplikasi lain seperti Line atau Whatsapp dengan satu smartphone tanpa merasa terganggu. Bagi Anda yang sering menonton film di smartphone, Anda sebaiknya menginstal aplikasi nonton film gratis tanpa kuota pada smartphone Anda.

3. Penggunaan Baterai Lebih Hemat

Pada Android Oreo, baterai menjadi lebih awet dan tahan lama karena adanya sistem yang membatasi proses latar belakang dari smartphone dengan sangat baik yang disebut dengan Background Limit Process. Jika dibandingkan dengan Android Nougat, Android Oreo lebih hemat dalam penggunaan baterai. Namun, Anda juga sebaiknya harus mengetahui bagaimana cara menghemat baterai Android agar lebih awet selain bergantung pada fitur yang tersedia.

4. Fitur New Emoticon

Dengan adanya fitur New Emoticon, Android Oreo memiliki tambahan lebih dari 60 emoji baru yang tersedia pada keyboard android. Emoji-emoji tersebut dapat digunakan saat chatting, sms, maupun email.

5. Adanya Fitur Google Play Protect

Dengan adanya fitur Google play protect ini, Android Anda akan terlindungi dari aplikasi berbahaya yang ada pada Google Play Store serta menghapus aplikasi berbahaya tersebut. Nah, jika aplikasi yang dianggap berbahaya tidak sengaja terinstal di Android Anda, maka akan muncul notifikasi yang akan memberitahukan bahwa aplikasi tersebut berbahaya.

6. Fitur Codec Audio Bluetooth High-Quality

Fitur Codec Audio Bluetooth High-Quality pada Android Oreo memungkinkan Anda menggunakan headset wireless (tanpa kabel) via bluetooth dengan kualitas dan suara yang lebih bagus karena terdapat sistem filter di dalamnya. Tentu, akan sangat menyenangkan jika suara yang Anda dengar bagus dan jernih. Dibandingkan dengan headset kabel, kelebihan headset bluetooth layak Anda pertimbangkan. Pilih dan belilah headset bluetooth yang bagus dan berkualitas.

7. Proses Booting Lebih Cepat Dari Android Nougat

Proses booting pada Android Oreo terasa lebih cepat daripada versi Android Nougat. Hanya dibutuhkan waktu sekitar 10-15 detik atau kurang dari itu, untuk proses booting Android Oreo.

8. Fitur Auto Log-in atau AutoFill

Dengan adanya fitur Auto Log-in atau AutoFill, pengguna dapat masuk (log-in) ke semua akun aplikasi yang ada di Android Oreo tanpa perlu memasukkan username atau password terlebih dahulu, cukup ketuk tombol “Log-in” saja. Tidak butuh waktu lama untuk Anda log-in ke akun di smartphone Android Oreo Anda.

9. Fitur Smart Text Selection 

Fitur Smart Text Selection ini akan aktif secara otomatis ketika Anda mengetik suatu kalimat dan mengetuk kalimat tersebut hingga kalimat tersebut ter-blok secara otomatis. Setelah kalimat tersebut terblok, akan muncul opsi perintah seperti Maps, Cut, Copy, dan Paste. Dengan adanya fitur ini, aktivitas menyalin ataupun menempelkan kata atau kalimat di smartphone android menjadi lebih mudah.

10. Fitur Neighborhood Aware Networking (AWF)

Dengan adanya fitur Neighborhood Aware Networking (AWF), pengguna dapat berbagi data ke sesama pengguna smartphone Android Oreo via Wifi tanpa membutuhkan aplikasi pihak ketiga (third party) seperti SHAREit. Fitur ini memiliki pengaturannya sendiri di dalam Android Oreo.

11. Fitur Snooze Application Nofitication

Fitur Snooze Application Nofitication digunakan untuk mematikan atau men-snooze suara dan tampilan notifikasi dari suatu aplikasi yang ada di smartphone Android Oreo. Anda dapat memilih dan menentukan aplikasi mana saja yang akan di-snooze sehingga notifikasi dari aplikasi tersebut hanya akan tampil sesuai batas waktu yang ditentukan.

12. Fitur Channel Notification

Fitur Channel Notification berfungsi untuk mengelompokkan notifikasi dari semua aplikasi pada smartphone Android Oreo menjadi sebuah atau beberapa kelompok yang diberi label (name). Nah, ketika terdapat notifikasi dari salah satu aplikasi pada kelompok tersebut maka yang akan tampil adalah nama dari kelompok tersebut.

13. Tampilan Homescreen Lebih Simpel

Pada Android Oreo, ikon-ikon pada layar Homescreen-nya diklaim lebih efisien dan simpel tetapi tetap tebal karena adanya Adaptive Icon.

14. Tampilan Menu Baterai Lebih Informatif

Pada Android Oreo, tampilan menu baterai diklaim berbeda dari Android Nougat. Desainnya akan lebih modern serta memiliki banyak tools baru yang dapat membantu Anda mengelola kinerja baterai smartphone android Anda.

Kekurangan Android 8.0 “Oreo”

Sama seperti yang lainnya, setiap pembaharuan tentu memiliki kelebihan dan kekurangan. Tidak semua pengguna menyukai pembaharuan pada suatu sistem dan lebih menyukai versi yang sebelumnya. Hal ini mungkin terjadi karena versi terbaru dianggap tidak efektif atau ribet, kurang menarik atau pengguna tersebut sudah terbiasa atau nyaman dengan versi sebelumnya.

Nah, berikut dibawah ini beberapa kekurangan Android Oreo.

  • Android Oreo masih memiliki beberapa bug meskipun tidak terlalu mengganggu kenyamanan pengguna.
  • Tidak semua smartphone mendapatkan upgrade ke Android 8.0 “Oreo”.
  • Smartphone android yang memiliki sistem operasi Android Lollipop dan juga versi bawahnya kemungkinan tidak bisa di-upgrade ke Android 8.0 “Oreo”.

Nah, itulah penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan Android Oreo 8.0 yang perlu Anda ketahui sebagai pertimbangan sebelum meng-upgrade sistem operasi Android Anda. Semoga artikel ini dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

, , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi