Sponsors Link

3 Cara Multi Windows di Android Tanpa Root Paling Mudah

Sponsors Link

Dewasa ini penggunaan smart phone berbasis android memang sudah sangat menjamur dimana – mana ya sobat. Menjamurnya android ini bukan hanya pada kalangan yang berduit atau kelas atas, tetapi masa sekarang ini android sudah menjamur pada semua kalangan ya sobat, baik tua, muda , remaja, semua sudah menggunakan perangkat atau aplikasi dari android ini.

ads

Selain memang karena fiturnya yang lebih nyaman dan canggih untuk dipakai, sistem pada android inipun tidak sulit untuk digunakan seperti pada kebanyakan perangkat atau aplikasi mahal yang lainnya. Selain keunggulan seperti yang sudah penulis sebutkan diatas, ternyata ada lagi loh sobat keunggulan lainnya yang bisa anda maksimalkan dari android  kesayangan anda sobat. Baca juga mengenai fitur terbaru android.

Cara Multi Windows di Android Tanpa Root

Salah satu fitur yang mengesankan dari android adalah sistem multi window yang baru – baru ini ditawarkan oleh salah satu brand smartphone ternama. Namun sobat, sayangnya tidak semua jenis smartphone bisa merasakan keunikan dan kecanggihan dari android multi window ini, yaitu hanya bisa digunakan pada jenis smartphone yang memilki spesifikasi tertetu saja ya sobat.

Selain pengertian multi window, penulis juga akan membahas apa itu root. Nah sobat, root sendiri merupakan akar ( sesuai dengan arti kata root tersebut ). Sedangkan root android dapat dikatakan sebagai akar dari sebuah sistem android. Baca juga mengenai kelebihan dan kekurangan fingerprint pada hp.

Sedangkan yang dimaksud dengan akar dari sistem android adalah dimana terdapat kendali atau akses penuh dari seseorang pengguna pada ponsel atau android yang dimilkinya. Root pada android biasanya tidak diatur sebagai menu default dan tidak akan bisa anda akses tanpa memenuhi langkah atau prosedur tertentu untuk membuka aplikasi tersebut.

Sebagai suatu akar, root android ini juga diartikan sebagai inti dari sistem, dimana seseorang atau pemilik android tersebut bisa untuk menghapus, menambah, mengurangi isi dan melakukan hal yang lainnya atau dengan kata lainnya yang lebih simpel pengguna android tersebut memiliki akses penuh tanpa batas pada perangkat android yang dimilikinya. Baca juga mengenai fungsi mode pengembang.

Nah sobat, jadi jikalau misalnya ada aplikasi tertentu bawaan dari pabrikan android tersebut, tetapi menurut anda belum maksimal atau belum sesuai dengan yang anda inginkan dan anda butuhkan, anda bisa saja mengubah atau menambakah aplikasi tersebut sesuai dengan keinginan  anda yaitu dengan cara melakukan root.

Karena seperti yang sudah penulis jelaskan diatas, pemilik android tersebut memilki hak penuh atau akses penuh untuk mengubah aplikasi pada android milkinya. Atau bisa juga disimpulkan bahwa jika android anda sudah di root, anda bisa menjadi seorang administrator pada android anda dan bebas melakukan apapun yang anda inginkan.

Tetapi hal ini tidak bisa dilakukan pada semua jenis android ya sobat, tentunya ada spesifikasi tertentu agar perangkatnya bisa support. Adapun istilah multi window ini telah dikenal terlebih dahulu pada sisitem operasi windows. Smartphone kini lebih canggih dan fitur multi window seperti yang ada pada perangkat windows kini dapat diterapkan pada perangkat android juga. Fitur multi window sendiri merupakan fitur yang bisa menjalankan lebih dari satu aplikasi dalam satu layar. Gimana keren kan sobat, apakah anda ingin mencobanya?

Nah sobat, bagi anda yang tertarik untuk memasang multi window di android anda tetapi bahakan tanpa di root terlebuh dahulu, ada baiknya sobat semua simak ulasan berikut ini ya sobat, agar anda bisa mempraktekkanya sendiri nantinya di android kesayangan anda. Yuk sobat mari kita simak ulasan berikut ini.

1. Menggunakan Multi Window Dengan Leena Laucher

Cara multi windows di android tanpa root yang pertama ialah dengan menggunakan leena launcher. Adapun Leena Laucher merupakan aplikasi multi window android yang dapat dipasang di android anda tanpa perlu root terlebih dahulu. Pada dasarnya, aplikasi ini memungkinkan pengguna menemukan aplikasi melalui split screen yang dapat terbuka lebih dari satu.

Sponsors Link

Selain itu, anda juga bisa membukanya melalui aplikasi apps drawer dengan tampilan yang bisa di kostumisasi. Selain itu sobat, anda juga dapat menggunakannya melalui dua metode yang berbeda yaitu landscape dan portrait. Baca juga mengenai cara agar hp android tidak lemot saat internetan.

Berikut ini cara mengaktifkan multi window dengan menggunakan leena laucher

  • Langkah pertama, download dan instal aplikasi leena desktop UI ( multiwindows ).
  • Setelah itu langkah selanjutnya buka dan jalankan aplikasi leena launcher anda
  • Setelah aplikasi terbuka, tap menu leena laucher tersebut
  • Selanjutnya, buka aplikasi atau file hiburan dengan melakukan tap 2x maka akan terbuka dalam window baru.

2. Menggunakan Multi Window di Android Nougat

Cara multi windows di android tanpa root yang kedua ialah menggunakan multi window di android nougat. Adapun langkah untuk mengaktifkan multi window tanpa root yang selanjutnya adalah dengan menggunakan Nougat. Berikut langkah – langkahnya sebagai berikut :

  • Langkah pertama, aktifkan developer options dengan cara tap nomor build android pada aplikasi settings lalu about device.
  • Selanjutnya, setelah muncul notifikasi yang mengatakan jika anda sudah mengaktifkan mode developer, langsung buka developer options yang baru muncul.
  • Selanjutnya scroll kebawah dan cari opsi “ Force activities to be resizeable “. Kemudian aktifkan
  • Setelah itu lakukan reboot pada android anda.
  • Setelah langkah reebot sudah selesai, amka anda dapat membuka dua aplikasi sekaligus tanpa batasan, dan melihatnya beroperasi bersamaan dalam split view.
Sponsors Link

3. Mengaktifkan Multi Windows Tanpa Root di Smartphone Xiaomi

Cara multi windows di android tanpa root selanjutnya ialah dengan mengaktifkan multi windows tanpa root di smartphone xiaomi. Untuk mengetahui caranya, maka anda bisa simak langkah – langkah berikut ini ya sobat.

  • Langkah pertama, download dan instal modil Xposed multi window
  • Setelah itu sobat, bukalah aplikasi Xposed tersbeut setelah itu buka module kemudian centanglah module xHFW3
  • Setelah itu, maka langkah selanjutnya adalah buka aplikasi xHFW3, kemudian enable moveable window. Cari pengaturan whitelist apss lalu tambahkan tanda plus ( + ) pada aplikasi yang sebelumnya anda inginkan untuk dijadikan multi window.
  • Kemudian, langkah selanjutnya adalah rebootlah perangkat Xiaomi anda
  • Setelah itu, langkah pemasangan atau pengaktifan multi window dianggap selesai. Kemudian bukalah aplikasi yang telah ditambahkan whitelist apps yang tadi langsung dengan mode multi window secara otomatis.

Oke sobat semua, sampai disini dulu pembahasan artikel kali ini mengenai cara multi windows di android tanpa root. Semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat semua. Sampai ketemu di artikel selanjutnya ya sobat tentunya dengan pembahasan yang lebih menarik. Terima kasih, dan salam hangat selalu .

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi