Sponsors Link

20 Kelebihan dan Kekurangan iPhone dibanding Android

Sponsors Link

Hp iPhone yang sangat mendunia merupakan smartphone unggulan di era teknologi masa kini. Smartphone yang diciptakan oleh Steve Jobs ini menjadi smartphone paling eksklusif dan belum tertandingi. iPhone yang memiliki arti “I” sebagai kata internet, individual, instruct, inform dan inspire memiliki beragam fitur canggih yang sangat istimewa untuk penggunanya. Berbeda dengan Android yang memiliki berbagai macam perubahan disetiap tipenya, namun iPhone selalu bertahan pada ciri khas yang telah tersemat pada dirinya. Ayo kita lihat apa saja kelebihan dan kekurangan iPhone yang membuatnya menjadi produk unggulan.

ads

Baca juga:

Kelebihan Hp iPhone

1. Memiliki Siri

Siri merupakan fitur ciri khas dari iPhone. Siri diciptakan untuk mempermudah para pengguna iPhone dalam situasi apapun. Banyak hal yang bisa kita lakukan dengan siri. Kita dapat memerintahkan penulisan pesan, memerintahkan mengangkat telpon, memerintahkan mencari informasi tertentu, bahkan memerintahkan siri untuk membacakan pesan yang masuk. Ini menjadi kecanggihan tersendiri bagi pemakai iPhone, pasalnya siri dibuat dengan sangat terperinci.

Siri dirancang untuk dapat mendeteksi suara perintah dengan sangat baik bahkan Apple telah menanamkan sistem deteksi bahasa hingga pada logat yang digunakan. Sehingga kinerja siri dapat lebih peka dalam mengartikan perintah meski tiap bahasa yang digunakan memiliki ciri khas logat yang berbeda. Bahkan siri dirancang untuk bisa mendeteksi perintah suara meski didalam mobil dengan situasi bising jalan sekalipun. Melalui fitur CarPlay maka siri akan lebih tajam mendeteksi perintah suara yang kamu ucapkan.

Baca juga: Aplikasi Pemutar Musik iPhone

2. Memiliki Proteksi Lebih pada Kasus Kehilangan

Sudah tidak perlu diragukan lagi, untuk segi keamanan masihlah iPhone menjadi juaranya. Dengan menggunakan Apple ID yang dimiliki, kamu dapat memproteksi iPhone kamu dari jarak jauh sekalipun. Hal inilah yang akan mempermudah pemilik iPhone dalam menemukan smartphonenya yang hilang. Hanya dengan login melalui website dengan Apple ID maka kamu bisa memantau posisi iPhone yang kamu miliki disaat hilang. Bahkan bukan hanya untuk mendeteksi lokasi namun kamu juga dapat mengontrol iPhone kamu dalam jarak jauh. Meskipun Android juga memiliki device manager, namun tingkat  proteksinya masih jauh dibawah iPhone.

Baca juga: Cara Menghilangkan Iklan di Android

3. Lebih Terkesan Elegan

Bagi pemilik iPhone tentunya mereka memiliki rasa bangga tersendiri karena menggunakan iPhone. Khususnya di Indonesia sendiri, produk iPhone masihlah menjadi barang yang terkesan mahal dan tidak sembarang orang bisa memilikinya. Melalui desain yang apik dan fiturnya yang berbeda dari smartphone lainnya membuat pemiliknya memiliki derajat lebih tinggi dibanding pemakai Android. Terlebih iPhone terkesan menjadi barang yang limited karena produksi tiap tipe barunya  hanya keluar setahun sekali, berbeda dengan Android yang telah menjamur dan kemungkinan keluarnya produk-produk baru disetiap waktu.

Baca juga: Hp Termahal di Indonesia

4. Pelayanan Customer Service Lebih Baik dan Cepat

iPhone juga menjadi smartphone terbaik dalam segi pelayanan kerusakan atau masalah yang terjadi pada iPhone. iPhone service akan selalu siap siaga menangani dan memberi solusi terbaik dari setiap masalah yang terjadi pada iPhone yang kamu miliki. Tentunya pelayanannya pun lebih cepat, tak salah bila iPhone menjadi produk yang terbilang eksklusif karena pelayanannya pun sangat mengutamakan customer. Mereka sangat tau dengan kebutuhan dan keinginan customer dalam penyelesaian masalah. Jauh berbeda bukan dengan Android, dimana kita harus mendatangi service center sesuai merk smartphone yang kita miliki. Pasalnya tidak ada jaminan service khusus yang diberikan oleh Android sebagai sistem operasi. Semua penanganan kasus yang terjadi pada Android kamu hanya bisa ditangani oleh service center masing-masing produk dan tentunya dengan tingkat pelayanan yang berbeda pula disetiap merknya.

5. Harga Jual Bekas yang Stabil

Bila dibandingkan dengan Android, tentu harga jual iPhone bekas lebih stabil dibandingkan dengan harga jual Android bekas. Hal ini kembali lagi ke latar belakang iPhone sebagai smartphone yang elegan dan eksklusif dalam setiap tipe yang diproduksi. Maka harga jual iPhone bekas pun lebih stabil dan tidak menurun sangat jauh dari harga aslinya. Penurunan harga setiap tahunnya pun terkesan sangat minim jika dibandingkan dengan Android yang dalam kurun waktu pemakaian satu tahun saja bisa mengalami penurunan harga hingga seperempat sampai setengah dari harga aslinya. Sangat menguntungkan bagi kamu yang suka bergonta-ganti smartphone.

Baca juga: Tips Membeli HP Android Bekas

Sponsors Link

6. Lebih Tahan Banting

Sudah teruji bahwa iPhone merupakan smartphone yang tahan dalam berbagai gangguan dan memiliki jangka waktu yang lama untuk pemakaiannya dibandingkan Android. Pasalnya akan sangat jarang terjadi kerusakan-kerusakan pada iPhone bila dibandingkan dengan Android yang rentan dalam masalah kerusakan fisik. Seperti touchscreen, retak layar, drop baterai dan lain sebagainya. Maka akan sangat minim kamu akan menemukan masalah ini ketika memakai iPhone. Memang iPhone diproduksi untuk menjadi brand yang eksklusif tak terkecuali dari kekuatan produknya sendiri. Apple sudah merancang iPhone dengan sangat baik sehingga akan minim sekali kerusakan yang terjadi pada iPhone.

Baca juga:

7. Aksesoris Dijual Lengkap

Salah satu hal yang menjadi keuntungan memiliki iPhone adalah kelengkapan aksesorisnya yang dapat kamu temukan dengan mudah dimanapun meski iPhone kamu merupakan tipe terbaru sekalipun. Kamu tidak akan kesulitan untuk memenuhi kebutuhan kamu untuk membeli aksesoris seperti headset, casing, charger, protektor layar dan lain sebagainya yang sesuai dengan tipe iPhone kamu. Karena pasar teknologi sangat mengutamakan penyediaan aksesoris untuk iPhone. Akan sangat terasa berbeda ketika kamu memakai Android, kamu harus mencari ke toko tertentu yang memang lengkap menyediakan aksesoris berbagai jenis dan merk Android. Hal ini dilatarbelakangi karena sudah terlalu banyaknya variasi dan merk yang memproduksi Android dengan berbagai spesifikasi aksesoris yang berbeda. Sehingga tidak semua toko menyediakan aksesoris yang sesuai dengan tipe Android yang kamu miliki, kecuali jika Android kamu merupakan produksi merk-merk ternama.

8. Selalu Bisa Update OS

iPhone yang memakai operasi sistem iOS telah berkomitmen untuk berlaku adil pada semua pemilik iPhone, baik iPhone tipe terdahulu maupun tipe terbaru. Bagi pemilik iPhone dapat melakukan update pada setiap OS terbaru yang diluncurkan oleh Apple. Hal inilah yang tidak bisa didapatkan oleh pengguna Android. Meski ada beberapa produk smartphone yang menyatakan bahwa penggunaan bisa mengupgrade sistem operasi dari Androidnya namun hal ini tidak menyeluruh pada semua merk smartphone, hanya bagi mereka yang memiliki Android dengan merk ternama. Kapasitas upgradenya pun terbatas, tidak seperti iPhone yang memungkinkan pen-upgrade-an OS versi terbaru untuk jangka waktu yang lama pada seluruh tipe iPhone.

Baca juga:

9. Aplikasi yang Tersedia Lebih Terseleksi

Jika Android memiliki Google Play Store maka iPhone memiliki App Store dalam penyediaan berbagai macam aplikasi. Meski memang dari segi keberagaman aplikasi sangat lebih sedikit dibandingkan yang tersedia pada Google Play Store, namun hal ini dikarenakan App Store sangat menyeleksi berbagai aplikasi yang akan ia sediakan pada App Store.

Hanya aplikasi-aplikasi terpercaya dan berkualitaslah yang akan dipilih oleh App Store. Bahkan terkadang ada beberapa aplikasi yang dapat juga diinstall pada Android namun memiliki fitur yang berbeda dengan yang dapat diinstall pada iPhone. Sehingga iPhone memiliki kesan mutakhir dalam aplikasi yang dapat disematkannya bila dibandingkan dengan Android.

Baca juga: Hp Termurah di Indonesia

Terlebih lagi ada berbagai aplikasi canggih yang hanya bisa diinstall pada iPhone dan tidak terdapat pada Google Play Store. Itulah mengapa iPhone menjadi smartphone yang eksklusif karena ia memiliki standart yang tinggi bahkan untuk aplikasi yang tersedia sekalipun.

Sponsors Link

10. Desain Lebih Berkelas

Berbagai produk smartphone Android selalu berlomba-lomba untuk memiliki keunikan dan menciptakan desain-desain baru disetiap peluncurannya. Ini sangat jauh berbeda dari iPhone yang selalu konsisten dengan desain produknya. Meski nengeluarkan tipe baru setiap tahunnya, namun iPhone selalu mempertahankan ciri khas desainnya yang sederhana. Namun kekonsistenannya ini yang justru membuatnya semakin elegan. Desain tersebut sudah melekat dan menjadi jati diri yang tidak akan lepas pada iPhone.

Kemanapun kamu membawanya, maka setiap orang akan tau bahwa yang kamu miliki adalah iPhone. Sangat berbeda bila kamu memakai Android yang diproduksi oleh berbagai merk dan memiliki desain yang berbeda. Akan sangat sulit untuk mengetahui apa tipe smartphone kamu jika hanya dilihat dari segi fisiknya saja. Desain iPhone yang berkelas ini masih terus bertahan dengan terbuktinya masih banyak produk smartphone lain yang berusaha membuat desain yang mirip dengan iPhone sebagai acuannya.

Baca juga: Kelebihan Hp Android Setelah di Root

11. Touch ID Sistem Proteksi Sidik Jari Terbaik

Saat ini, teknologi yang semakin berkembang telah memungkinkan kita membuat proteksi pada smartphone dengan menggunakan sidik jari. Ini menjadi sistem proteksi yang tercanggih pada saat ini. Namun meski berbagai smartphone Android telah mengaplikasikan sistem proteksi ini pada produknya tentu belumlah bisa menyaingi proteksi sidik jari yang dimiliki oleh iPhone yaitu Touch ID. Dalam tingkat proteksi, Touch ID masih menjadi yang terbaik pada sistem proteksi berbasis sidik jari. Hal ini membuat iPhone berani untuk meluncurkan fitur terbarunya yaitu Apple Pay yang merupakan fitur pembayaran berbasis teknologi hanya dengan melalui iPhone.

Baca juga: Emulator Android Terbaik

12. Apple Pay

Transformasi ekonomi yang bergerak dengan cepat dan semakin canggih membuat iPhone terus mengembangkan fiturnya. Tak terkecuali dalam sistem transaksi jual beli. iPhone meluncurkan fitur Apple Pay sebagai kepekaannya dalam transaksi global yang sudah berbasis internet dan teknologi yang serba praktis. Melalui Apple Pay, iPhone mempermudah pemiliknya untuk melakukan pembayaran belanja hanya dengan melalui smartphone.

Kita hanya perlu mendaftarkan kartu kredit atau debit yang kita miliki kedalam Apple Pay maka kita sudah bisa bertransaksi hanya dengan membawa iPhone tanpa perlu repot menggunakan kartu kredit maupun debit card. Pembayaran hanya dengan melakui sensorik pada perangkat pembayaran yang telah tersedia di kasir. Tak perlu takut dengan keamanan keuanganmu, karena Apple Pay juga menyematkan sistem proteksi sidik jari dalam segala transaksinya. Sehingga akan minim kemungkinan fitur ini akan disalahgunakan oleh orang lain selain pemilik iPhone tersebut.

Meskipun Android pun telah meluncurkan Android Pay sebagai pesaingnya tapi tentulah Apple Pay masih menjadi unggulan. Pasalnya Apple Pay sudah lebih dahulu meluncurkan fitur ini dan memiliki lebih banyak bank yang telah supporting pada fiturnya. Sedangkan Android pay masih dalam tahap pengembangan dan fasilitasnya belumlah merata pada seluruh pengguna.

Baca juga: Aplikasi Android Penghasil Uang

13. Kecepatan Software yang Stabil

Jika kamu memiliki Android, maka hal utama yang kamu pertimbangkan adalah berapa besar kapasitas RAM yang dimiliki oleh smartphone tersebut. Pasalnya dalam menjalankan berbagai aplikasi, Android masih bergantung pada RAM yang besar. Semakin besar RAM yang kamu miliki pada Androidmu maka semakin cepat dan semakin banyak pula aplikasi yang bisa kamu jalankan pada Android. Hal ini jauh berbeda dari iPhone yang memiliki operasi sistem iOS yang sangat ringan dan stabil. Tanpa harus memakai RAM sebesar Android, iOS telah bisa beroperasi dengan kecepatan yang stabil dan tidak ada kata lemot dalam menjalankan aplikasi. Inilah salah satu kecanggihan Apple dalam menciptakan sistem operasi ringan yang belum mampu disaingi oleh siapapun.

ads

14. Family Sharing

Fitur terbaru lainnya dari iPhone adalah Family Sharing. Melalui fitur ini, kamu bisa berbagi berbagai macam aplikasi, buku, video dan lainnya dengan keluargamu yang tentunya juga sama-sama memakai iPhone. Hal ini sangat mempermudah aktivitas dalam keluarga yang saat ini sangat minim waktu bersama dan memiliki tingkat aktivitas melalui smartphone yang tinggi. Selain keunggulan dalam sistem berbagi, Family Sharing ini dapat memungkinkan orang tua untuk mengontrol iPhone anaknya. Melalui fitur ini, orang tua dapat membatasi aplikasi atau fitur apa yang dirasa tidak sesuai untuk anaknya.

Baca juga: Aplikasi Kamera Android Terbaik

15. HomeKit

Semakin canggih fitur yang dikeluarkan oleh iPhone, saat ini iPhone telah merancang HomeKit yaitu fitur yang memungkinkan kita mengontrol alat elektronik rumah hanya dengan melalui iPhone. Meski belum resmi diluncurkan, namun teknologi ini akan menjadi unggulan dimasa depan. Terbukti dengan telah merebaknya alat-alat teknologi yang berbasis smart electronic. Melaui fitur ini, kelak kita dapat mengontrol keadaan rumah hanya dalam satu genggaman iPhone saja. Tentunya ide mutakhir Apple ini juga selalu mendapatkan respon dari para pesaing yang juga ingin mengembangkan teknologi tersebut. Namun kita tunggu saja apa yang akan dilakukan Apple sehingga fitur iPhone ini akan kembali menjadi fitur berkualitas nomor satu dibanding smartphone lainnya.

16. Lebih Aman dari Ancaman Malware

Telah kita ketahui bahwa tidak sembarang aplikasi dapat tersedia pada App Store. Hal inilah yang menjamin pengguna iPhone menjadi lebih aman dari serangan malware yang sangat mudah merebak dalam akses internet tak terkecuali dari penyematan aplikasi. App Store hanya menyediakan aplikasi yang terpercaya dan teruji keamanannya. iPhone sangat memprioritaskan penggunanya dalam sistem proteksi. Tentunya hal ini tidak kita dapatkan pada Android yang sangat menjamur berbagai jenis aplikasi, baik yang legal maupun ilegal. Sehingga pengguna Android memiliki tingkat ancaman malware lebih tinggi dibandingkan dengan iPhone.

Baca juga: Aplikasi Edit Video iPhoneAplikasi Edit Foto Terbaik iPhone.

Kekurangan Hp iPhone

1. Tampilan Tidak Bisa Variasi

Jika Android memiliki berbagai macam variasi tampilan homescreen disetiap versinya. Ini sangat berbeda jauh dengan iPhone yang memiliki kesan monoton. Hal itu karena iPhone memang tidak hanya mempertahankan tampilan desain luarnya, namun juga tampilan softwarenya. Bagi sebagian orang yang memang tidak begitu suka berganti-ganti tampilan mungkin akan merasa senang dengan kebijakan iPhone tersebut. Tetapi bagi kamu yang lebih suka mengganti-ganti variasi tampilan tentunya akan menjadi cepat bosan dengan memakai iPhone meski berganti tipe terbaru sekalipun tampilannya akan tetap sama.

2. Harganya Mahal

Bukan menjadi rahasia jika iPhone merupakan brand yang mahal bagi sebagian besar masyarakat. Bagi kalangan menengah kebawah tentunya akan sangat berat untuk mengimbangi harga iPhone di pasaran terlebih lagi dengan harganya yang sangat stabil dan sangat sulit untuk mendapatkan harga yang jauh lebih murah dari harga aslinya meski membeli iPhone bekas sekalipun. Karena fitur yang diberikan iPhone memang eksklusif dan elegan, tentulah akan sebanding dengan harganya yang mahal.

Baca juga: Kelebihan Hp Cina

3. Aplikasi Tidak Sebanyak Android

Untuk kalian yang suka bereksplorasi dengan berbagai macam aplikasi di smartphone, mungkin kalian harus berfikir dua kali untuk membeli iPhone. Karena App Store sangatlah membatasi dan menyeleksi aplikasi-aplikasi yang disediakan. Hal ini pastinya akan berdampak pada kamu.yang memakai iPhone. Tak jarang aplikasi yang mungkin kamu butuhkan justru tidak bisa kamu install karena tidak memenuhi kriteria yang ditetapkan App Store. Maka pikirkanlah baik-baik sebelum kamu memutuskan pilihan.

Baca juga:

4. Email yang Permanen

Jika kamu memiliki akun email yang sangat penting dalam keberlangsungan aktivitasmu, akan tidak disarankan untuk mengaktifkannya di iPhone. Kamu harus berfikir dua kali jika memang ingin memakainya sebagai akun email utama pada iPhone. Pasalnya dibeberapa kasus membuktikan bahwa email yang sudah tersemat pada iPhone tidak akan bisa diganti. Jadi jika kelak kamu menjual iPhonemu, email yang kamu miliki tetap berada pada iPhone. Sangat berbahaya bagi kamu yang banyak melakukan aktivitas penting melalui email tersebut. Maka berhati-hatilah.

Itulah kelebihan dan kekurangan iPhone, serta beberapa kekurangannya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk memberi referensi bagi kalian yang sedang berniat membeli iPhone.

, , , , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi