Sponsors Link

5 Jenis Lampu Flash Hp Untuk Fotografi

Sponsors Link

Kali ini kami kami akan menjelaskan informasi tentang apa saja jenis lampu flash Hp kamera terbaik yang mungkin banyak dari anda yang sampai sekarang belum mengetahuinya. Lampu flash atau yang juga disebut sebagai lampu kilat merupakan salah atau aksesoris yang ada pada kamera utama atau Front Camera. Adapun fungsi dari lampu flash adalah untuk memberikan cahaya ketika seseorang mengambil gambar di tempat yang minim cahaya.

ads

Selain itu, fungsi lain dari lampu flash adalah sebagai artistik agar nantinya dapat menghasilkan foto yang baik sehingga membuat siapapun yang melihat hasil foto anda akan merasa kagum. Terlebih lagi jika anda menggunakan aplikasi edit foto android maka tentu saja hasil foto anda akan semakin bagus. Di bawah ini kami akan memberikan penjelasan kepada anda mengenai apa saja jenis lampu flash Hp yang biasanya digunakan untuk foto. Dengan mengetahui ini diharapkan anda bisa mengetahui jenis lampu flash apa yang ada pada handphone anda.

1. Flash Built-in

Jenis lampu flash Hp yang pertama adalah Flash Built-in. Jenis lampu flash yang satu ini bisa dikatakan sebagai jenis lampu yang standar yang hampir dimiliki oleh setiap smartphone yang dijual di Indonesia. Termasuk juga handphone yang masuk ke dalam daftar hp android buat game di bawah 2 juta yang sudah kami bahas beberapa waktu yang lalu. Dan karena versinya standart, maka tentu saja Flash Built-in memiliki banyak kekurangan atau keterbatasan.

Salah satu fungsi utama dari Flash Built-in adalah untuk mengambil gambar di malam hari maupun tempat yang minim cahaya. Namun, cahaya yang akan dihasilkan dari Flash Built-in bersifat frontal dan anda juga tidak melakukan pengaturan terhadap lampu flash jenis ini sehingga anda hanya perlu mengarahkan kamera anda sesuai selera. Selain itu, kekurangan dari Flash Built-in adalah ia akan membuat baterai smartphone anda cepat habis.

Dan bagi anda yang nantinya menggunakan lensa zoom atau lensa tele, kami sarankan untuk tidak menggunakan Flash Built-in. Alasannya adalah anda nantinya malah menghasilkan sebuah foto dengan gambar hitam pada bagian bawah foto tersebut. Tentu saja hal ini akan membuat hasil foto anda menjadi jelek. Maka dari itu, gunakan Flash Built-in dalam kondisi sewajarnya saja.

2. Flash Eksternal

Flash Eskternal juga memiliki nama lain yaitu Speedlite dimana nanti Flash Eskternal akan menggunakan daya baterai secara terpisah alias independen. Bagi anda yang menggunakan Flash Eskternal, anda nanti akan memperoleh kemudahan di dalam mengatur lampu flash tersebut karena memang sudah disediakan pengaturan sehingga anda bisa mengatur sesuai selera anda. Salah satu kelebihan dari Flash Eskternal adalah bisa digunakan untuk lensa tele atau yang juga disebut dengan zoom.

Anda juga tidak perlu khawatir karena ketika anda menggunakan Flash Eskternal, maka hasil foto anda akan bebas dari adanya bayangan yang tentu saja berbeda ketika anda menggunakan Flash Built-in. Dan karena sifatnya eksternal, maka Flash Eskternal bisa dipisahkan dari smartphone anda sehingga bisa dikatakan bahwasanya lampu flash ini menjadi aksesoris tambahan pada smartphone. Tidak heran jika banyak fotografer yang lebih menggunakan Flash Eskternal dibandingkan jenis kamera yang lainnya.

Akan tetapi, ada satu kekurangan yang ada pada Flash Eskternal. Kekurangan tersebut adalah dayanya yang bersifat terbatas. Hal ini kemudian akan membutuhkan waktu kurang lebih 3 detik untuk bisa anda gunakan dalam memotret gambar setelahnya.

3. Lampu Studio

Mungkin untuk lampu flash yang satu ini sudah sering anda temukan ketika anda sedang melakukan foto studio. Lampu Studio memiliki ukuran dan juga tenaga yang lebih besar sehingga di dalam pemasangannya pun tidak bisa dipasang langsung bersama kamera. Hal ini tentu berbeda dengan ketika anda menggunakan Flash Built-in atau juga Flash Eksternal yang masih bisa dipasang langsung pada kamera.

Sebenarnya ada dua jenis Lampu Studio yang ada saat ini. Kedua jenis tersebut adalah Monoblock dan juga Powerback. Untuk Monoblock, ia merupakan jenis lampu yang digunakan secara individu dengan cara langsung dicolokkan ke listrik karena memang sumber utamanya berasal dari listrik. Sementara untuk Powerback, sumber tenaganya berasal dari baterai dan ia merupakan jenis lampu yang memiliki ukuran lebih kecil.

Kedua jenis lampu ini sama-sama memiliki kecepatan yang tinggi ketika digunakan untuk memotret. Dengan kata lain, lampu flash tipe Powerback meskipun kecil, namun kekuatan dan kemampuannya tidak jauh berbeda dengan Monoblock. Selain itu, hasil foto ketika menggunakan Powerback akan terlihat lebih natural, bagus, dan akan memiliki kualitas yang lebih baik.


4. Flash Manual

Untuk jenis lampu flash Hp yang keempat ini bisa dikatakan sebagai versi yang paling standar diantara ketiga jenis lampu flash yang sudah kami jelaskan kepada anda. Lampu ini ketika digunakan nanti akan melepaskan sebuah kilatan yang berasal dari flashtube. Oleh sebab itu, lampu flash manual membutuhkan waktu yang cenderung lebih lama seblum bisa digunakan kembali.

Untuk pencahayannya sendiri pun hanya bisa diatur melalui diafragma lama karena memang ia tidak dibekali dengan pengaturan intensitas cahaya internal. Dan juga, flash manual hanya menyediakan tombol on dan juga off. Lampu indikatornya pun juga hanya memiliki satu kontak listrik yang ada pada telapak hosthoe.

5. Lampu Flash Semi Auto

Lampu flash semi auto atau yang juga memiliki nama lain Thyristor adalah sebuah jenis lampu flash yang merupakan sebuah versi baru atau pengembangan dari flash manual. Lampu flash jenis ini akan menempatkan sebuah kilatan yang bersifat otomatis yang terletak pada bagian depan lampu kilat. Namun, untuk menggunakan Thyristor, anda tidak dianjurkan mengambil gambar dengan jarak yang lebih dari 3 meter. Alasannya adalah karena nanti sensitivitas pada Thyristor akan lebih melebar sehingga dikhawatirkan dapat tertutup oleh kecerahan atau warna pada background.

Itulah penjelasan yang bisa kami berikan kepada anda berkaitan dengan jenis lampu flash Hp. Di bawah ini kami juga mengajak anda mempelajari informasi lain yang masih berhubungan dengan dunia fotografi:

, , , ,



Oleh :
Kategori : Teknologi