Sponsors Link

5 Cara Mengatasi Memori Internal Penuh Pada Android Tanpa Root

Sponsors Link

Perkembangan teknologi mempunyai dampak positif untuk kehidupan manusia. Salah satunya adalah perkembangan teknologi komunikasi dan informasi. Lebih dari 1 dekade ini kemajuan teknologi komunikasi dan informasi sudah merambah ke berbagai lapisan masyarakat Indonesia. Berkembangnya teknologi komunikasi dan informasi terciptanya produk yang dikenal dengan smartphone.

ads

Jenis-jenis smartphone saat ini banyak sekali, dan banyak juga permasalahan yang terjadi di smartphone, dari yang mudah diatasi sampai yang sulit. Kali ini akan dibahas mengenai cara mengatasi memori internal penuh pada Android tanpa root. Root adalah cara agar pengguna mendapatkan akses untuk memodifikasi smartphone. Walaupun ada kelebihan Hp Android setelah di root, namun keamanannya jadi berkurang. Maka dari itu Anda perlu install aplikasi antivirus Android Terbaik agar hp tetap aman.

Memori internal sangat penting penggunaannya untuk menyimpan berbagai aplikasi, foto, video, dokumen, dsb. Bagaimana bila memorinya penuh, padahal masih ingin menyimpan berbagai file? Maka dari itu, akan diberikan cara mengatasi memori internal penuh pada Android tanpa harus melakukan root. Berikut caranya:

1. Pindahkan Aplikasi dari Memori Internal ke Eksternal

Cara yang pertama adalah mencoba memindai aplikasi-aplikasi yang semula di memori internal ke eksternal membantu memberikan ruang yang cukup untuk menyimpan file atau data dan aplikasi yang lebih banyak. Karena biasanya aplikasi yang terdownload dari Play Store akan langsung tersimpan langsung pada memori internal. Caranya mudah, yaitu:

  • Pindah lokasi penyimpanan aplikasi. Cara memindah lokasi penyimpanan dari internal ke eksternal adalah silahkan buka Pengaturan => Manager Aplikasi => Pilih aplikasi anda => Cari tulisan Pindah Ke Penyimpanan Kartu / Move to SD Card.
  • Selanjutnya Anda harus ganti media penyimpanan kamera Anda ke penyimpanan memori eksternal Anda. Hal ini akan membantu memori internal smartphone Anda agar tidak cepat penuh.

2. Hapus Cache/Sampah yang Dihasilkan dari Aplikasi

Cara mengatasi media penyimpanan Android penuh adalah dengan menghapus cache dan file sampah dari aplikasi-aplikasi yang terinstall. Mungkin terkadang masalah ini sering disepelekan banyak orang karena dapat dikira ini masalah yang sangat tidak berdampak negatif bagi hp Anda, namun apabila terlalu lama dibiarkan maka dapat menyebabkan hal yang lebih parah.

Oleh sebab itu cara menghapus cache yakni ada cara manual dan menggunakan aplikasi. Pada cara Manual dengan pilih Pengaturan/Setting lalu ke Manajer Aplikasi dan selanjutnya Anda buka aplikasi yang ingin dibersihkan kemudian klik Hapus Memori. Sedangkan Cara dengan menggunakan Aplikasi yang dapat menghapus cache secara otomatis, sebagai contoh aplikasi andalan seperti Clean Master dll.

3. Hapus Aplikasi/Game yang Jarang Dipakai atau Tidak Penting

Mayoritas dari Anda menginstall aplikasi Play Store Android tanpa mengetahui fungsi utama dari aplikasi tersebut. Anda pilih aplikasi yang tidak pernah dipakai atau aplikasi bawaan hp yang tidak butuhkan. Hal ini dapat mengurangi memori RAM.

4. Hapus File Foto, Video atau Musik yang Duplikat atau Tidak Perlu

Jenis file terbanyak yang memenuhi SD card adalah foto atau video. Kualitas file foto yang memiliki jumlah resolusi yang tinggi serta kuantitas foto yang banyak maka akan cepat memakan ruang memori yang Anda miliki. Oleh sebab itu hapus file yang tidak dibutuhkan dan pindahkan file-file penting Anda. Hal ini juga merupakan cara mengatasi memori internal penuh padahal tidak ada aplikasi.

Sponsors Link

5. Menghapus Data Logcat

Data logcat atau sering disebut data Log ini tersimpan di memori internal dan letaknya ada di folder data/log file tersebut dan sebenarnya data ini adalah sampah aplikasi. Data log ini tidak dapat dengan mudah dihapus secara langsung dan harus menggunakan aplikasi khusus. Sebagai contoh smartphone Samsung menghilangkan data logacat dengan menggunakan aplikasi khusus Dumpstate.

Logcat Samsung dengan menekan *#9900# pada tombol panggilan. Usahakan jangan klik tombol panggil sehingga akan muncul halaman baru SysDump. Kemudian muncul tampilan beberapa pilihan dan Anda harus pilih Delete Dumpstate/logcat untuk menghapus data logcat ini.

Nah begitulah cara mengatasi memori internal penuh pada Android tanpa root dengan mudah dan cepat. Bagi Anda yang memiliki memori internal hampir penuh pasti membuat hp Android Anda akan lemot. Silahkan Anda coba dan semoga berhasil. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan aplikasi penghemat memori internal agar memori tidak cepat penuh.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi