Sponsors Link

Kelebihan dan Kekurangan Layar Super AMOLED yang Wajib Anda Ketahui

Sponsors Link

Tidak semua orang konsen dengan fitur-fitur yang ada di smartphonenya. Terlebih jika sudah soal hardware, paling yang sering diketahui adalah berapa megapixel kameranya, berapa RAM nya dan berapa Memory penyimpanannya. Sehingga Hp RAM terbesar menjadi incaran penggemar gadget. Wajar saja jika ada satu hardware yang sangat penting, namun kita tak memperdulikan jenisnya apa, bagaimana kualitasnya, yang penting gambarnya bagus dan sensitive saat disentuh. Hardware tersebut adalah screen atau layar smartphone. Panel yang menjadi kendali telepon pintar anda untuk menikmati semua fitur yang ada di dalam handphone.

ads

Ada banyak jenis teknologi screen handphone yang beredar di pasaran. Dari teknologi LCD, TFT, IPS, Retina, AMOLED, hingga SUPER AMOLED keluaran produsen handphone asal Korea SAMSUNG, yang kini produknya sangat sangat popular di Indonesia bahkan di seluruh dunia.

Super AMOLED sendiri merupakan penyempurnaan dari layar AMOLED. Bagi anda yang belum familiar dengan istilah tersebut, bisa kami jelaskan sedikit bahwa AMOLED merupakan kependekan dari Active Matrix Organik Light Emitting Diode yang merupakan teknologi OLED (Organic Light Emitting Diode) yaitu perangkat padat yang terdiri dari film tipis-tipis.  Cara kerjanya adalah jika film-film yang mengandung molekul organik dialiri listrik maka akan menghasilkan cahaya dengan tingkat ketajaman yang lebih bagus, dibanding teknologi layar sebelumnya.

Untuk anda pengguna handphone Samsung mungkin sudah merasakan perbedaan pada kualitas gambar pada handphone Samsung dengan handphone lainnya. Atau perbedaan handphone Samsung untuk kelas low end yang belum menggunakan teknologi layar super AMOLED  dan produk Samsung yang layarnya sudah menggunakan jenis Super AMOLED.

Handphone Samsung dan beberepa produsen handphone yang menggunkan screen produksi Samsung ini akan memiliki kualitas gambar yang lebih bagus karena sudah menggunakan teknologi Super AMOLED, aslinya teknologi ini adalah penyempurnaan dari teknologi layar AMOLED yang paling banyak digunakan di smartphone saat ini.

Baca juga:

Kelebihan Layar Super AMOLED

Menurut beberapa referensi yang kami himpun dapat simpulkan bahwa kelebihan layar Super AMOLED sebagai teknologi layar paling mutakhir adalah sebagai berikut:

  1. Tidak Terpengaruh Kuatnya Sinar Matahari
    Screen Handphone tidak tepengaruh kuatnya sinar matahari secara langsung ataupun ketika digunakan di luar ruangan. Layar Super AMOLED tetap akan menampilkan kualitas gambar yang bagus, jernih dan terang meski berada di luar ruangan.Pada jenis layar teknologi pertama smartphone muncul, kita tidak bisa menggunakan handphone di tempat yang terpapar sinar matahari secara langsung, apa yang ada di layar tidak bisa ditangkap oleh mata kita karena cahaya dari layar kalah dengan sinar matahari.
  2. Menampilkan Gambar Lebih Jernih
    Teknologi layar handphone tercanggih Super AMOLED ini menampilkan kualitas gambar yang sempurna, jernih dengan warna yang tajam dan tampak lebih natural. Kelebihan layar Super  AMOLED yang belum tertandingi oleh model layar lainnya adalah saat menampilkan warna hitam, layar seperti mati, tidak memancarkan sinar sedikitpun.
  3. Desain Tipis
    Sudah menjadi kebutuhan jika desain smartphone semakin kesini semakin slim, ringan namun dengan performa dan kualitas yang lebih bagus dari generasi sebelumnya. Setidaknya layar Super AMOLED mengakomodasi kebutuhan itu. Dengan menghadirkan desain yang sangat tipis, Super AMOLED menjadi incaran pabrikan handphone untuk menggunakan teknologi layar terbaru ini dalam produknya.
  4. Anti Gores
    layar Super AMOLED ini bagian terluarnya dilapisi oleh pelindung khusus,atau tempered glass yang membuat screen super AMOLED ini tahan terhadap goresan. Untuk anda yang menggunakan handphone dengan layar Super AMOLED tak perlu lagi memasang aksesoris tempered glass, pelapis anti gores untuk melindungi layar handphone anda. Anda tak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk melindungi layar smartphone anda aga lebih awet.

Baca juga:

Sponsors Link

Kekurangan Layar Super AMOLED

Tentunya anda pernah mendengar ungkapan, tidak ada yang sempurna di dunia ini, yang sempurna hanya milik Tuhan. Begitu juga teknologi, secanggih-canggihnya teknologi pasti ada kekurangannya. Pada teknologi layar Super AMOLED ini adalah saat menampilkan warna putih maka warna putih tersebut cenderung kekuning-kuningan. Bagi anda yang konsen terhadap kualitas layar handphone maka anda akan merasakan perbedaanya, dan awalnya mungkin sedikit agak terganggu.

Selain itu, desain layar Super AMOLED yang tipis namun mampu menghasilkan gambar berkualitas menjadikan harganya mahal. Smartphone yang menggunakan teknologi layar Super AMOLED harganya lebih mahal jika dibandingkan harga handphone yang masih menggunakan teknologi layar TFT, IPS dan AMOLED.

Demikian kelebihan dan kekurangan layar Super AMOLED yang perlu anda ketahui, semoga bisa menjadi referensi pengetahuan teknologi yang anda gunakan dan anda nikmati saat ini.

 

 

 

, , , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi