Sponsors Link

Geotagging Android dan iPhone : Fungsi, Cara Penggunaan dan Bahayanya

Sponsors Link

Kecanggihan HP saat ini sudah menjadi hal yang wajar, peningkatan teknologi yang signifikan tiap tahunnya sudah bukan menjadi hal yang mengherankan. Apalagi sekarang bermunculan teknologi yang modern dengan ukuran segenggaman tangan saja yaitu HP/smartphone. Saking canggihnya sekarang sudah terdapat fitur Geotagging. Apa itu Geotagging? Yuk kita bahas fungsi dan tips menggunakan geotagging.

ads

Geotagging adalah sebuah proses identitas metadata terhadap suatu media seperti gambar, video, foto maupun sebuah website yang akan diselipkan titik koordinat suatu tempat secara detail. Fungsi koordinat tersebut adalah:

  • Sebuah koordinat yang mempunyai keterangan tentang sebuah letak di bumi dengan satuan bujur dan lintang.
  • Selain memberikan koordinat dengan bujur dan lintang, geotagging juga memberikan informasi berupa keterangan kapan waktu koordinat tersebut diambil, jadi sangat akurat untuk mengabadikan suatu gambar atau foto atau tempat dengan tepat.
  • Serta mempunyai fungsi untuk menyimpan data sebuah letak dan tempat sehingga mudah untuk dicari dalam peta.

Pada jaman awal komputer ditemukan, geotagging sudah mulai banyak digunakan, apalagi pada saat adanya jaringan internet dan satelit, perkembangan teknologi geotagging sungguh berkembang pesat. Fungsi dan tips menggunakan geotagging akan kita ulas lebih dalam lagi.

Balik lagi ke topik awal, dengan kecanggihan HP saat ini, sudah dapat dipastikan hampir semua HP dan aplikasi dalam HP pasti mempunyai geotagging, tentunya untuk menggunakan geotagging anda harus menyalakan GPS dahulu. Apa itu GPS? GPS adalah singkatan dari Global Positioning System, yang merupakan sistem navigasi berbasis satelit yang dikembangkan oleh Amerika Serikat dan dioperasikan dengan 27 jaringan satelit di dunia. Jadi informasi tentang peletakan sebuah posisi dapat saling terkait dengan satelit dan GPS akan mudah diproses.

Dengan menyalakan GPS pada HP anda, maka satelit akan bekerja untuk menerima sinyal dari HP anda dan menyimpan koordinat dimana HP anda berada. Memang sangat praktis apabila anda sedang berpergian yang harus menggunakan peta. Fungsi lainnya yaitu untuk mencari sebuah lokasi berdasarkan penamaan jalan, alamat, atau suatu daerah dengan menggunakan GPS. Misal apabila anda menggunakan Instagram atau Foursquare dengan menggunakan share location, maka akan secara otomatis akan menyimpan juga koordinat dimana gambar atau lokasi tempat dimana anda mengakses kedua aplikasi tersebut, tentunya anda harus mengaktifkan GPS terlebih dahulu. Bahkan GPS juga bisa digunakan sebagai cara melacak hp yang hilang.

Namun mempunyai kelemahan apabila anda mengaktifkan GPS secara terus menerus, dapat menyebabkan baterai hp anda cepat panas. Maka dari itu Anda perlu mempelajari cara menghemat baterai Android. Selain baterai boros, terkadang juga dapat menyebabkan kuota anda cepat habis dan sebaiknya anda mengetahui cara menghemat kuota supaya tidak boros. Hal ini Fungsi dan tips meggunakan geotagging benar-benar berguna supaya HP anda tetap terawat.

Cara Penggunaan Geotagging

Setelah kita bahas pengertian dan fungsi tentang geotagging, sekarang akan kita ulas bagaimana cara menggunakan geotagging dengan baik dan benar. Bila anda mempunyai aplikasi-aplikasi media sosial seperti Instagram, Foursquare, penggunaan geotagging Android dan iPhone dapat digunakan dengan mudah, anda hanya tinggal mengaktifkan GPS dan untuk mengakses aplikasi tersebut juga anda harus mempunyai jaringan internet. Perlu anda tahu juga bagaimana cara mempercepat kinerja hp Android agar tidak lemot supaya aplikasi yang berat dikarenakan loading image yang banyak seperti Instagram dapat berjalan dengan lancar.

Sponsors Link

Contoh aplikasi lainnya selain media sosial adalah aplikasi untuk komersil seperti aplikasi buatan Indonesia yang saat ini sedang ngehitz yaitu:

  • Go-jek (perusahaan transportasi lokal yang berdiri pada tahun 2010)
  • Grab (perusahaan transportasi internasional yang berdiri pada tahun 2012, dahulu dikenal dengan nama MyTeksi)
  • Uber (perusahaan transportasi San Fransisco yang telah diadaptasi ke Indonesia pada tahun 2012)

Ketiga aplikasi ini merupakan aplikasi transportasi massal yang sangat memudahkan penggunanya dalam bidang transportasi. Dengan menggunakan sistem geotagging, ketiga aplikasi ini memuat data-data dimana client, driver serta lokasi yang ditujukan. Dan aplikasi selain media sosial dan komersil, ada pula aplikasi yang pada zaman sekarang yang pasti menggunakan geotagging yaitu aplikasi hiburan game, dan hampir segala jenis game yang online pasti menggunakan geotagging agar sesama player (pemain) dapat saling mengetahui lokasi player lainnya.

Dan sudah tidak mengherankan lagi pada jaman sekarang, dengan teknologi geotagging kita dapat mengetahui lokasi-lokasi tempat makan, tempat nongkrong, tempat hiburan dan bahkan tempat-tempat lainnya yang ada di dunia maya. Bahkan bisa juga digunakan sebagai cara mengetahui posisi seseorang melalui Google Map atau mengintai langsung lokasi yang anda inginkan secara 3D layaknya anda berada disana. Lokasi tersebut dengan mudah anda temukan hanya dengan menginput nama jalan, alamat atau koordinat yang anda inginkan, hebat sekali bukan?

Sponsors Link

Bahaya Geotagging

Geotagging sangat membantu kehidupan manusia. Namun geotagging juga dapat sangat berbahaya apabila disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Berhati-hatilah pada saat anda memposting foto anda pada aplikasi media sosial yang menggunakan geotagging. Pada foto tersebut akan menyimpan informasi seperti lokasi, waktu dan keterangan-keterangan anda yang dapat disalahgunakan oleh orang yang tidak berkepentingan.

Selain foto, informasi tentang nama, misalnya nama keluarga atau teman yang sering anda upload ke media sosial dapat memicu dan memancing perbuatan kejahatan. Begitu pula dengan foto tentang barang-barang berharga (maksudnya pamer, tapi malahan memancing malapetaka). Oleh sebab itu sungguh anda harus berhati-hati dalam menggunakan geotagging. Apabila tidak diperlukan, lebih baik anda non-aktifkan saja fungsi geotagging tersebut daripada dapat menimbulkan hal yang tidak diinginkan. Caranya sangat mudah, yaitu:

  • Non-aktifkan Location Services pada HP berjenis iPhone.
  • Untuk berjenis Android, masuklah ke setelan lalu Location Services dan Uncheck kedua option GPS Satellites dan WLAN & Mobile Network Location.
  • Lalu untuk HP diluar jenis-jenis diatas, berbeda-beda caranya, dan untuk cara ringkasnya anda tinggal non-aktifkan saja GPSnya. Beres deh.

Demikian pengertian, fungsi dan tips menggunakan geotagging Android dan iPhone serta bahayanya menggunakan geotagging. Gunakan dengan bijaksana ya.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi