Sponsors Link

Perbandingan Prosesor Intel Atom vs Snapdragon Terlengkap

Sponsors Link

Tak diragukan lagi, kecanggihan jaman sekarang membawa dampak positif dalam dunia kehidupan manusia, khususnya dalam dunia telekomunikasi. Dengan ditemukannya smartphone, atau ponsel pintar, kehidupan manusia berubah menjadi sangat menarik dan mudah. Nah, sebentar lagi kita akan bahas prosesor dari Android-Android yang sudah ada di pasaran dunia. Terutama perbandingan prosesor Intel Atom vs Snapdragon.

ads

Prosesor Intel Atom

Prosesor Intel Atom adalah sebuah chipset prosesor yang telah diproduksi oleh Intel. Dengan teknologi yang paling mau yaitu menggunakan teknologi 45 nanometer. Dimensi dari prosesor ini yakni dengan memiliki luas kurang lebih 26mm persegi dan berisi sekitar 47 juta transistor, hebat sekali bukan ? untuk saat ini merupakan dibilang sebagai ukuran transistor paling kecil yang pernah diciptakan di dunia.

Dengan ukurannya yang kecil, begitu pula dengan konsumsi daya yang dibutuhkan, kecil sekali sehingga dapat dikatakan hemat energi yakni sekitar 1 sd 2 watt saja. Maka dari itu, kebanyakan prosesor intel atom ini sering dijajarkan dengan perangkat smartphone yang hemat baterai. Mungkin anda juga memerlukan cara agar iPhone tidak cepat panas dan hemat baterai.

Walaupun telah mendapatkan pamor sebagai prosesor terkecil di dunia, prosesor ini kebanyakan digunakan untuk smartphone yang cara bekerjanya tidak seberat laptop ataupun netbook. Jadi kebanyakan mereka yang sudah mengerti mengenai Intel Atom, mereka hanya menggunakan untuk surfing di internet dan difungsikan secara sederhana. Sebagai contohnya smartphone, tablet, netbook maupun merk netbook yang menggunakan prosesor intel atom yaitu seperti Aspire, Acer, Samsung, HP Mini, dll.

Kelebihan dari prosesor Intel Atom

  • Pemakaian daya yang dibutuhkan untuk penggunaan prosesor intel atom dinilai sangat hemat, yakni 1-2,5 watt. Dimana selalu dikembangkan dengan model desain yang baru dan performa yang cukup baik untuk dimanjakan oleh penggunanya.
  • Daya yang digunakan untuk mengoperasikan Intel Atom sangat rendah, apalagi pada saat sudah dalam posisi Idle.
  • Harga yang murah dan terjangkau oleh masyarakat adalah alasan utama mengapa menjadi kelebihan tersendiri, bahkan dalam versi desktop, sudah include satu bagian dengan motherboard.
  • Ada beberapa jenis dan tipe dari prosesor ini yang tidak menggunakan kipas, namun menggunakan heatsink karena dinilai lebih tidak polusi udara, dan lagi tidak begitu berisik.

Baca juga mengenai prosesor Android terbaik dan aplikasi enghemat memori.

Kekurangan dari prosesor Intel Atom

  • Singlecore pada umumnya, namun untuk saat ini sedang dikembangkan lebih baik sehingga dapat multicor, dank arena singlecore, tingkatan kinerjanya tidak begitu tinggi.
  • Hanya diperuntukan aplikasi yang ringan dan bukan untuk aplikasi berat.
  • Aplikasi-aplikasi yang menggunakan gambar grafis yang tinggi pada umumnya tidak disarankan menggunakan prosesor intel atom.
  • Karena semua perangkatnya tergabung menjadi satu dengan motherboardnya, maka kemungkinan apabila terdapat satu komponen saja yang rusak berarti harus mengganti semuanya. Repot sekali bukan ? apalagi bila anda membeli dengan harga yang cukup tinggi, sangat disayangkan.

Yak, pada umumnya prosesor intel atom digunakan untuk kegiatan ringan saja, apabila anda sudah beralih ke aplikasi yang membutuhkan spesifikasi tinggi, lebih baik tidak menggunakan intel atom. Prosesor ini biasanya digunakan pada merk-merk smartphone juga seperti ASUS, ZTE, Lenovo, dan masih banyak lagi. Oke, barusan saja kita bahas tentang prosesor intel atom dalam Perbandingan prosesor intel atom dan prosesor snapdragon, sekarang kita akan bahas topik selanjutnya yaitu mengenai prosesor snapdragon.

Sponsors Link

Prosesor Snapdragon

Mendengar namanya saja, tampaknya prosesor ini sangat keren bukan ? pastinya canggih. Namun jangan salah persepsi dlu, mari kita bahas mengenai prosesor snapdragon dibawah ini.

Kelebihan dari Prosesor Snapdragon

  • Merupakan chip mobile yang dikhususkan untuk smartphone, dan untuk saat ini merupakan model teratas dan bakal diaplikasikan ke jenis-jenis smartphone high-end
  • Dapat diaplikasikan dan digunakan untuk grafis tinggi dan biasanya digunakan untuk designer maupun
  • Mempunyai kemampuan rendering gambar 3D cukup baik dibandingkan dengan prosesor intel atom.
  • Selain itu, prosesor snapdragon juga sebagai salah satu prosesor terbaik yang digunakan dalam dunia telekomunikasi modern.
  • Daya yang digunakan juga sangatlah kecil supaya prosesor snapdragon ini dapat beroperasi.

Kekurangan dari Prosesor Snapdragon

Ada kualitas baiknya pasti ada dampak negatifnya ya. Berikut kekurangan dari prosesor snapdragon.

Sponsors Link

  • Saking canggihnya prosesor ini, Overheating menjadi salah satu penyebab yang membuat kurangnya prosesor snapdragon yang satu ini.
  • Harga yang ditawarkan untuk produk yang mempunyai prosesor snapdragon cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan yang lainnya.
  • Mudah cepat panas, dan apabila digunakan tidak beraturan misalkan membuka suatu aplikasi yang aktif (tidak idle) dapat menjadi salah satu penyebab baterai cepat panas.

Perbandingan prosesor intel atom vs snapdragon terlihat begitu jelas. Untuk prosesor snapdragon biasanya digunakan pada merk-merk seperti Samsung, Vivo, LG, Oppo, XiaoMi, dll. Dimana Prosesor intel atom yang pada umumnya digunakan untuk keperluan yang ringan, tidak dapat digunakan untuk aplikasi-aplikasi berbasis grafis yang berat seperti desain dan game.

Sangat berbanding terbalik dengan prosesor snapdragon yang dapat digunakan untuk aplikasi yang berat. Walaupun keduanya sangat berukuran sangat kecil, keduanya tampak sangat hebat dalam spesialisasinya. Untuk prosesor snapdragon yang hebat ini pun mempunyai kelemahan yang pada umumnya banyak masyarakat luas mengerti bahwa mudah panas menjadi kelemahan utamanya. Khusus XiaoMi, banyak penyebab HP Xiaomi cepat panas, dan berikut cara mengatasi HP Xiaomi cepat panas.

, , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi