Sponsors Link

5 Perbedaan Garansi Resmi dan Distributor Iphone Wajib Diketahui

Sponsors Link

Iphone adalah produk yang sangat laris dipasaran. Karena jenis smartphone ini memiliki tingkat kepuasan konsumen paling tinggi dibandingkan brand smartphone lainnya. Salah satu lembaga survey merilis hasil survery mereka untuk melihat tingkat kepuasan pengguna smartphone pada tahun 2017. Dilansir dalam web portal berita hasil survey menunjukan tingkat kepuasan tertinggi berada pada pengguna iphone dilanjutkan dengan samsung dan blackbery pada urutan ke 3. Meskipun memiliki tingkat kepuasan tertinggi masih ditemukan kelebihan dan kekurangan dari produk iphone. Diantaranya kelebihan dan kekurangan ios 10 di iphone 5, kelebihan dan kekurangan fingerprint pada hp iphone serta kelebihan dan kekurangan ios 11. Hal ini tidak mengurangi para pecinta produk buatan stave job ini. Oleh sebab itu banyak produk iphone yang tersebar dipasaran dengan berbagai harga dan pelayanan purnajual. Pelayanan purnajual inilah yang diharapakan banyak pecinta smartphone ini, salah satunya berkaitan dengan garansi. Di market iphone sendiri terdapat beberapa garansi seperti garansi internasional, garansi resmi dan garansi distributor iphone. Hal tersebut memunculkan pertanyaan tentang perbedaan garansi resmi dan garansi distributor iphone.

ads

Dalam artikel ini akan dibahas secara tuntas tentanga perbedaan garansi resmi dan distributor iphone. Sebelum membahas perbedaan diantara keduanya, sebaiknya kita harus mengerti ciri – ciri dari garansi resmi dan distributor iphone. Berikut ini ciri – ciri mereka:

  • Garansi Resmi Iphone
  1. garansi ini terjamin keasliannya
  2. klaim garansi hanya dilakukan di negara asalnya
  3. tidak ada stiker yang melekat didepan box
  4. charger kaki tiga
  5. plastik pembungkus rapi dan lentur
  6. asesoris asli
  7. tidak ada panduan dalam bentuk bahasa indonesia
  • Garansi Distributor Iphone
  1. ada stiker yang bertuliskan nama distributor
  2. garansi apple yang sudah kadaluarsa
  3. plastik pembungkus tidak rapi dan kaku
  4. asesoris tidak asli atau oem
  5. charger 2 kaki
  6. klaim garansi bisa dilakukan di Indonesia
  7. terdapat panduan dalam bentuk bahasa indonesia

Dari ciri – ciri garansi iphone tersebut, kita dapat menarik beberapa perbedaan diantara keduanya ( garansi resmi dan distributor iphone). Berikut ini perbedaan garansi resmi dan distibutor iphone, antara lain:

  • Harga Iphone

Harga iphone dengan garansi resmi memang lebih mahal dibandingkan dengan garasni distributor iphone. Tingkat kemahalan iphone berkaitan dengan harga di pasar internasional sedangkan harga iphone dengan garansi distributor tersebut tergantung dengan pihak distributor itu sendiri.

  • Cangkupan Garansi

Garansi resmi yang diberikan pasti lebih luas dibandingkan dengan garansi distributor iphone. Untuk garansi resmi biasanya meliputi perbaikan atau reparasi serta penggantian barang sesuai dengan resmi apple. Ketika cek terdapat kecacatan fisik komponen dan termasuk dalam cangkupan garansi resmi maka dari pihak apple akan segera mengganti komponen tersebut diganti dengan komponen baru. Sedangkan garansi distributor hanya memberikan garansi 1 tahun dari waktu pembelian. Cangkupan garansi distributor hanya memberikan pelayanan reparasi atau perbaikan iphone saja. Jarang ditemukan garansi distributor yang memberikan pelayanan penggantian komponen- komponen yang rusak secara keseluruhan. Mungkin hanya distributor – distributor tertentu yang memberikan garansi penggantian komponen yang ringan- ringan saja. Berbeda dengan garansi resmi yang jauh lebih baik dan lengkap

  •  Klaim Garansi

Klaim garansi resmi hanya bisa dilakukan di tempat reseller resmi atau authorized reseller. Sudah banyak reseller resmi yang ada di Indonesia. Cara klain garansi resmi sangat mudah dengan cara datang saja di reseller resmi. Pihak reseller resmi apple akan senantias membantu untuk memperbaiki atau mengganti komponen – komponen yang mengalami kerusakan.

Sponsors Link

Sedangkan untuk garansi distributor, garansi distributor tidak semudah garansi resmi. Dikarenakan setiap distributor memiliki kebijakan garansi yang berbeda – beda. Hal inilah yang dirasa sulit untuk mengklaim garansi. Selain itu, pembeli yang akan mengklaim garansi harus datang di tempat yang sama waktu dia beli smartphone iphone tersebut.

  • Reputasi Garansi

Garansi resmi iphone pasti memiliki reputasi tinggi dibandingkan dengan garansi distributor.  Komponen ada yang mengalami kerusakan atau kecacatan produksi maka produk langsung diperbaiki secara gratis. Bukan hanya diperbaiki tetapi jika komponen tidak kunjung baik maka pihak reseller resmi akan secara langsung menganti komponen yang rusak tersebut. Sedangkan garansi distributor itu berbeda -beda untuk setiap distributor. Dikarenakan distributor memiliki kebijakan tersendiri berkaitan dengan garansi. Tidak sedikit distributor yang hanya memberikan garansi berupa perbaikan saja tetapi tidak sedikit pula distributor memberikan garansi ke pembeli berupa perbaikan dan pengantian komponen. Tetapi perlu di garisbawahi komponen -komponen yang diganti biasa komponen – komponen yang sepele.

Hal – hal diatas yang patut dan wajib kita cermati sebelum kita membeli produk smartphone iphone. Berhati – hati sebelum membeli akan berdampak positif kedepannya nanti. Jangan ragu untuk bertanya berkaitan dengan garansi, apakah garansi ini garansi resmi atau hanya garansi distributor iphone.  Belajarlah jadi pembeli yang cerdas, Be smart buyer !. Semoga bermanfaat.

, ,
Oleh :
Kategori : Teknologi