Sponsors Link

Perbandingan Samsung A30 dan Samsung A30s, Lebih Bagus Mana?

Sponsors Link

Samsung-Galaxy-A30s Vs Galaxy A30Salah satu vendor yang geliatnya selalu menarik perhatian, Samsung baru-baru rajin merilis hp android andalan mereka. Nampaknya, vendor asal Korea Selatan ini ingin menggempur pasar ponsel dunia dengan jajaran seri-seri hp terbaru mereka yang pastinya berkualitas dan punya spesifikasi yang menggiurkan. Sebagai pesaing besar vendor hp android lainnya seperti Xiaomi dan Oppo, tentu butuh keuletan bagi Samsung agar tak ketinggalan para kompetitornya.

Maka dari itu, Samsung pun merilis seri A terbaru milik mereka yang tediri dari Samsung Galaxy A30, A50, A70, dan A80. Menilik dari pattern Samsung, seri A tersebut jika diurutkan dari nomor terendah hingga tertinggi, Samsung Galaxy A30 merupakan varian termurah dari seri A dan Samsung Galaxy A80 merupakan varian termahalnya. Lantas, mana yang paling recommended untuk dibeli?

Anda tak perlu cemas karena seri A terbaru milik Samsung tersebut terbukti oke untuk dibeli. Tentu saja dengan menilik beberapa reviewer hp di YouTube, maka kami bisa simpulkan bahwa keempat varian hp Samsung seri A tersebut layak untuk anda miliki. Terlebih, Samsung sepertinya ingin bermain di sektor menengah ke bawah hingga sektor menengah dengan serius.

Selang beberapa bulan setelah rilisnya seri A terbaru Samsung yang sukses menjadi perbincangan para gadget mania, Samsung kembali menggoda para calon konsumennya dengan merilis varian seri A terbaru yang sebenarnya mengadopsi nomor seri sama seperti rilisan sebelumnya namun dengan menambahkan embel “S” di ujung nomor serinya yang merupakan versi penyempuna dari seri sebelumnya. Salah satu di antaranya adalah Samsung A30s yang merupakan versi baru dari A30 biasa dimana tentu saja ada perbedaan signifikan antara Samsung A30 biasa dan Samsung A30s. Pattern seperti ini mungkin sudah tidak asing bagi anda jauh sebelum Samsung, Apple dengan iPhone-nya sudah lebih mengusung konsep seperti ini dimana ada dua varian untuk satu seri. Contohnya adalah iPhone X dan iPhone XS.

Publik pun kerap dibuat bingung karena rentang harga di antara Samsung A30 dan Samsung A30s terbilang tidak jauh berbeda. Maka dari itu, kami menghadirkan artikel ini guna memberikan anda referensi mengenai perbandingan Samsung A30 dan A30s yang akan sangat berguna buat anda yang berencana untuk meminang hp terbaru Samsung ini. Perbandingan ini akan membuktikan mana yang lebih bertenaga dari segi spesfikasi, Samsung A30 atau Samsung A30s dan apakah salah satu di antara mereka worth to buy atau tidak. Berikut adalah perbandingan Samsung A30 dan A30s.

Layar

Layar merupakan salah satu komponen terpenting di dalam suatu smartphone. Nah, Samsung selalu memperhatikan sektor ini dengan baik. Mengadopsi layar bezel-less dengan desain Waterdrop Display bak hp android kebanyakan, terdapat perbedaan besar di antara Samsung A30 dan Samsung A30s.

Samsung A30 yang merupakan varian lebih lama ketimbang sang adik, Samsung A30s ternyata punya resolusi layar yang lebih tinggi dibanding Samsung A30s dimana resolusi yang ditawarkan adalah 2340×1080 Full HD+. Sedangkan Samsung A30s hanya beresolusi 1560×720 HD+. Dari segi layar, Samsung A30 lebih unggul ketimbang Samsung A30s. Meski begitu, baik Samsung A30 maupun Samsung A30s sama-sama mengadopsi layar Super AMOLED yang khas Samsung sekali.

Dapur Pacu

Dapur pacu yang baik adalah dapur pacu yang mampu menyokong penggunaan hp android dengan pintar sehingga hp akan terhindar dari masalah lemot dan lag. Sama-sama mengadopsi chipset Exynos yang merupakan chipset buatan Samsung sendiri yang sudah diaplikasikan ke berbagai hp android besutan Samsung, chipset ini menjanjikan peforma yang baik sehingga baik Samsung A30 maupun Samsung A30s dapat berjalan ngebut dan efisien. Oh ya, chipset Exynos yang digunakan di kedua hp android dengan desain yang sama ini adalah Exynos 7904.

Meski begitu, setelah melakukan beberapa test percobaan, Samsung A30s terbukti lebih ngebut ketimbang Samsung A30 biasa. Perbedaan ini dapat dirasakan saat anda menggunakan Samsung A30s untuk bermain game dimana Samsung A30s lebih bertenaga ketimbang Samsung A30. Dari segi dapur pacu, Samsung A30s mengungguli Samsung A30.

Kamera

Perbedaan besar yang dapat anda temukan di Samsung A30 dan Samsung A30s adalah dari segi kameranya. Meski sama-sama mengadopsi kamera depan beresolusi 16 MP yang mampu menghasilkan foto selfie berkualitas baik, terdapat perbandingan besar di antara Samsung A30 dan Samsung A30s khususnya di bagian kamera belakang yang sukses mencuri perhatian. Samsung A30 yang sudah lebih dulu dilempar ke pasar punya dual kamera di bagian kamera belakang beresolusi 16 MP, sedangkan Samsung A30s tampil lebih gahar dengan triple kamera di bagian kamera belakang dengan resolusi 25 MP yang dikombinasikan dengan konfigurasi fotografi terbaik Samsung.

Dari sektor kamera, jelas Samsung A30s jauh mengungguli Samsung A30 biasa. Sebagai hp android golongan mid-end, Samsung A3os adalah varian yang sangat layak untuk dibeli jika anda merupakan pecinta fotografi.

Baterai

Tak ada perbedaan besar di antara Samsung A30 dan Samsung A30s karena keduanya hp android terbaru Samsung yang dihadirkan untuk melawan sang kompetitor, Xiaomi dan vendor lainnya ini sama-sama menyematkan baterai berkapasitas 4000 mAh yang mampu menyokong penggunaan hp dengan baik dan efisien.

Fitur Tambahan

Satu hal yang membedakan Samsung A30 dan Samsung A30s adalah adanya fitur NFC di Samsung A30s dimana fitur ini absen di varian Samsung A30 biasa. Fitur NFC ini adalah fitur yang paling banyak dicari para calon konsumen dan nampaknya dalam beberapa bulan ke depan hp android yang mengadopsi fitur NFC di dalamnya akan lebih banyak anda temukan di rilisan hp android keluaran vendor-vendor ternama selanjutnya.

Kesimpulan

Setelah melakukan perbandingan singkat mengenai Samsung A30 dan Samsung A30s, bisa disimpulkan jika Samsung A30s adalah versi penyempurna dari Samsung A30 biasa yang dirilis untuk menjawab pertanyaan para calon konsumen yang sedang mencari hp dengan fitur NFC di dalamnya. Samsung A30s jelas lebih unggul dibanding sang kakak dengan peningkatan signifikan di sektor kamera.

Demikian artikel mengenai perbandingan Samsung A30 dan A30s ini kami sajikan. Semoga bermanfaat.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Review