Sponsors Link

Cara Menampilkan Tanggal di Kamera HP Android

Sponsors Link

Cara menampilkan tanggal di kamera adalah hal umum yang jarang sekali orang-orang ketahui, hal ini karena banyak yang hanya fokus pada aplikasi kamera dengan fitur-fitur modern. Banyak yang bahkan sampai-sampai memasang aplikasi pihak ketiga hanya untuk mendapatkan tanggal pada hasil jepretan foto kamera hp mereka. Padahal saat ini smartphone-smartphone ada yang sudah memiliki fitur untuk menampilkan tanggal di foto hasil jepretan kamera tanpa harus menggunakan aplikasi pihak ketiga karena smartphone sekarang memiliki teknologi kamera yang canggih.

ads

Cara menampilkan tanggal di kamera juga terbilang sangat mudah untuk dilakukan sehingga kamu bisa dengan mudah menggantinya jika kamu ingin jepretan kamera dengan tanggal atau jepretan kamera tanpa tanggal. Jika kamu bingung mengenai bagaimana cara menampilkan tanggal di kamera kamu bisa mengetahui caranya disini dan mengaplikasikannya pada jepretan foto dari kamera hp kamu nantinya, yang tentunya akan membuat kamu ingat foto tersebut diambil tanggal berapa.

Cara menampilkan tanggal di kamera dengan mudah tanpa perlu aplikasi pihak ketiga yakni sebagai berikut:

  1. Tahap pertama yang perlu kamu lakukan adalah dengan membuka kamera yang ada pada hp kamu.
  2. Masuk ke dalam menu setting kamera hp kamu, biasanya terdapat simbol gerigi di bagian ujung layar pilih menu tersebut.
  3. Scroll ke bawah hingga kamu menemukan menu Time Stamp, lalu centang menu tersebut sehingga kotak yang tersedia muncul tanda ceklist yang menandakan menu tersebut aktif.
  4. Setelah itu kembali atau keluar dari pengaturan dan kemudian ambil lah jepretan foto tersebut nanti tanggal akan otomatis tertulis pada foto hasil jepretan yang kamu ambil.
  5. Beberapa hp mungkin memiliki penamaan yang berbeda intinya kamu hanya perlu mencarinya dalam menu pengaturan tersebut.
  6. Jika masih tidak ketemu, artinya hp kamu tidak memiliki fitur untuk menambahkan format tanggal pada foto hasil jepretan yang kamu ambil, namun hal seperti ini jarang terjadi karena hp-hp sekarang sudah support dalam hal ini walaupun masih ada beberapa yang mengabaikan fitur yang satu ini.
  7. Untuk menonaktifkan fungsi Time Stamp ini kamu hanya perlu melakukan hal yang sama dan kemudian pada bagian Time Stamp hilangkan tanda centang atau ceklist dan ke luar dari menu pengaturan.
  8. Dengan begitu foto yang kamu ambil akan tidak menampilkan format tanggal.

Sangat mudah bukan untuk mengatur tanggal agar bisa tampil pada hasil foto jepretan yang kita ambil, dengan demikian momen-momen kamu entah itu momen kamu sendiri, bersama keluarga, bersama teman, atau bersama orang tersayang bisa kamu ingat dengan hadirnya tanggal pada foto-foto tersebut. Agar hasil foto bagus, kamu juga perlu mempelajari bagaimana cara membersihkan debu didalam lensa kamera hp.

Fitur seperti ini sebenarnya sudah ada pada kamera terdahulu dimana memang kebanyakan kamera dahulu menghasilkan hasil jepretan foto disertai dengan gambar di dalamnya sebagai pengingat mengenai kapan foto tersebut diambil. Hingga sekarang fitur seperti itu masih saja populer dan mendapatkan penilaian tersendiri oleh banyak orang, bahkan dapat bersaing dengan hp kamera terbaik yang harganya cukup mahal.

Jika cara di atas tidak bisa kamu lakukan, hal ini kemungkinan karena smartphone yang kamu gunakan tidak memiliki kamera yang support untuk hal demikian sehingga menu Time Stamp tidak terdapat pada pengaturan kameranya. Namun jangan khawatir pasalnya kamu masih bisa dibantu dengan aplikasi kamera Android terbaik yang tentunya bisa kamu download secara gratis di Play Store kesayangan kamu. Ada banyak aplikasi pihak ketiga yang khusus memberikan fitur Time Stamp pada hp kamu agar setiap kamu mengambil jepretan foto maka akan hadir tanggal didalamnya. Cara untuk mengaturnya juga sangatlah mudah yakni dengan cara seperti berikut ini

  1. Pertama-tama siapkan hp kamu, tentunya hp kamu harus memiliki ruang yang tersedia karena kita akan memasang sebuah aplikasi yang tentunya memerlukan ruang.
  2. Setelah itu buka Play Store kesayangan kamu seperti biasa, dan cari aplikasi seperti biasa, aplikasi yang kita pakai kali ini bernama Open Camera.
  3. Setelah kamu berhasil menemukan aplikasi yang dimaksud lanjut ke tahap download aplikasi dengan klik pilihan install yang ada disana.
  4. Setelah itu tunggu beberapa saat hingga proses download selesai, setelah proses download selesai lanjut ke tahap pemasangan aplikasi secara otomatis yang dilkukan Play Store itu sendiri.
  5. Kemudian setelah aplikasi terpasang secara sempurna, tahap selanjutnya yakni dengan cara membuka aplikasi
  6. Setelah aplikasi terbuka masuk ke menu setting yang memiliki simbol gerigi.
    Sponsors Link

  7. Setelah itu pilih kategori Time Stamps Photos pada menu setting tersebut.
  8. Setelah kamu memilih kategori Time Stamps Photos, kamu akan disuguhkan dengan pengaturan tanggal yang bisa kamu sesuaikan sesuai keinginan kamu baik itu hari/bulan/tahun atau tahun/bulan/hari dan sebagainya sesuai dengan selera kamu sendiri.
  9. Apabila sudah silahkan coba untuk mengambil gambar seperti biasa yakni dengan menjepret menggunakan kamera.
  10. Setelah itu foto akan otomatis memiliki format tanggal dan waktu sesuai yang dengan apa yang kamu atur sebelumnya.
  11. Untuk menonaktifkan fitur time stamp ini kamu hanya perlu melakukan hal yang sama yakni menghilangkan tanda centang yang telah kamu berikan tadi sehingga menu time stamp menjadi tidak aktif.
  12. Dengan begitu foto kamu tidak akan menampilkan tanggal setiap kali kamu mengambil jepretan.

Gimana mudah bukan cara untuk memasang tanggal pada foto hasil jepretan hp kamu, dengan demikian hasil jepretan kamu akan memiliki format tanggal yang mengingatkan kamu kapan foto tersebut diambil. Tentunya foto-foto yang kita ambil tersebut tidak akan pernah sama walaupun kita berada dalam posisi yang sama, karena itulah keunikan dari sebuah kenangan.

Ketika kamu mengatur pengaturan untuk menampilkan tanggal di foto hasil jepretan kamera tentunya tidak akan terjadi hal-hal buruk seperti hp menjadi lemot atau mengurangi kualitas fokus kamera dan hal buruk lainnya karena fitur ini tidak akan mempengaruhi kinerja hp kamu sehingga kamu tidak perlu takut untuk mengaktifkan fitur yang satu ini. Cara memotret yang baik dengan kamera handphone sebenarnya cukup mudah, yaitu sering-sering memotret dengan objek tertentu dan pelajari cara mengeditnya agar lebih bagus. Mengedit foto agar terlihat bagus, bisa menggunakan aplikasi edit foto Android.

Dari cara menampilkan tanggal di kamera hp yang telah dipaparkan diatas tentunya sekarang kamu bisa menyesuaikan apakah kamu ingin foto dengan format tanggal yang tertera pada foto setiap kali kamu berfoto atau bahkan menonaktifkan fitur tersebut sehingga saat kamu mengambil foto maka tidak ada format tanggal yang tertera pada foto.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi