Sponsors Link

Cara Menyembunyikan IP Address iPhone dengan VPN

Sponsors Link

“Internet tak selamanya aman”

Ya, anda tidak salah dengar. Meski di era digital dengan penggunaan internet yang sudah menjadi kebutuhan sehari-hari ini, internet juga punya dampak negatif disamping dampak positif yang ia berikan. Internet sejatinya memberikan anda kemudahan untuk memperoleh informasi secara cepat dan tanpa batas. Lantas, bagaimana jika internet juga punya resiko besar terhadap keamanan anda.

Jika anda gemar mengunjungi berbagai website menggunakan perangkat android atau iPhone anda seperti Apple iPhone 7 Plus, mungkin anda tidak menyadari jika aktivitas anda sedang dipantau. Ya, dengan IP Address yang ditetapkan di tiap perangkat elektronik yang punya akses untuk terhubung ke internet, apa yang anda lakukan di website tersebut akan tercatat secara real time dan tentu saja akan meninggalkan jejak.

Dengan IP Address, mudah bagi anda untuk melacak suatu lokasi pengguna maupun sebaliknya. Berbagai layanan pengawasan online pun dapat melacak aktivitas para pengguna hp pintar melalui IP Adress yang tertanam di hp mereka. Hal ini memang terdengar canggih. Namun, tahukah anda jika IP Address punya peluang besar terhadap terjadinya kejahatan online? Informasi pribadi anda bisa saja diketahui banyak orang dengan adanya IP Adress ini.

Adanya IP Address yang tertanam di hp anda juga membuat anda kesulitan untuk mengakses website yang diblokir oleh pemerintah karena adanya faktor-faktor tertentu di website tertentu yang kemudian membuat pemerintah memblokir website tersebut. Masalah ini lah yang paling sering dikeluhkan para pengguna gadget baik itu hp pintar bersistem operasi android dan iOS maupun perangkat keras komputer lainnya. Tentu, menyebalkan bukan jika website yang kerap anda kunjungi tiba-tiba diblokir? Contohnya adalah Tumblr, platform media sosial yang diblokir di Indonesia sesuai dengan kebijakan pemerintah.

Jika anda menemui masalah dimana IP Address membuat anda kesulitan untuk mengakses website favorit anda karena sudah diblokir atau anda takut informasi pribadi anda bocor, anda tidak perlu cemas karena tercatat ada banyak cara untuk mengakali IP Address yang tertanam di hp anda. Caranya pun terbilang mudah karena anda tidak memerlukan perangkat tambahan alias hanya memanfaatkan hp anda saja. Cara yang akan dibahas di bawah ini adalah bagaimana menyembunyikan IP Address anda.

Dengan menyembunyikan IP Address anda, lokasi dimana anda mengakses website yang anda tuju tidak akan terdeteksi alias layanan pengawasan online tidak akan memantau aktivitas anda di website yang diblokir sehingga anda bisa membuka website-website yang anda inginkan. Beruntungnya, para pengguna iPhone yang terkenal akan sistem keamanannya yang super kuat dapat mengikuti cara di bawah ini juga.

Buat anda yang masih asing, VPN merupakan kependekan dari Virtual Private Nerwork. VPN memungkinkan anda untuk mengakses berbagai website yang tentunya terhubung dengan internet secara anomim dengan aman dan dimana saja. Singkatnya, VPN akan menyembunyikan lokasi IP Address anda dan menggantinya dengan IP Address lainnya sehingga jika di lokasi anda sebuah website tidak bisa diakses karena sudah diblokir, anda dapat mengakses website tersebut kembali dengan mengganti lokasi alias IP Address anda. Disini lah VPN akan bekerja. Ia akan mengubah IP Adress anda secara otomatis. Ada beberapa kelebihan dan kekurangan VPN.

Untuk mendapatkan fitur dari VPN yang sangat bermanfaat ini, anda bisa menggunakan aplikasi tambahan khusus VPN yang tersedia cukup lengkap di App Store. Aplikasi-aplikasi tersebut umumnya berasal dari developer alias pengembang yang terpercaya sehingga anda tidak perlu khawatir akan keamanan aplikasi tersebut.

Tercatat, ada beberapa aplikasi VPN yang sangat direkomendasikan untuk para pengguna iPhone mulai dari iPhone 5, iPhone 6, iPhone 7, hingga iPhone XR. Dengan mengambil contoh Turbo VPN sebagai salah satu aplikasi VPN terbaik di iPhone, berikut cara Menyembunyikan IP Address iPhone yang bisa anda terapkan.

  1. Pergi ke App Store kemudian ketik dan cari aplikasi bernama Turbo VPN.
  2. Baca sekilas deskripsi aplikasi Turbo VPN, kemudian Install.
  3. Setelah proses pengunduhan selesai, anda bisa membuka aplikasi Turbo VPN yang sudah berhasil terunduh.
  4. Di halaman pertama Turbo VPN, biasanya anda akan diminta untuk mengizinkan akses Touch ID jika ingin menggunakan Turbo VPN dan menikmati fitur VPN. Klik Allow kemudian masukkan Touch ID anda yang sebelumnya sudah anda buat di bagian Setting iPhone anda seperti iPhone 5s.
  5. Jika sudah, maka halaman Turbo VPN akan terbuka yang mana selanjutnya ia akan merekomendasikan lokasi negara terbaik mana yang ingin anda gunakan IP Addressnya. Silakan pilih yang menurut anda paling sesuai dan mampu membuka website yang sebelumnya sudah diblokir jika menggunakan IP Address default anda.
  6. Tunggu beberapa saat sampai Turbo VPN berhasil menghubungkan iPhone anda dengan IP Address yang sudah anda pilih sebelumnya.
  7. Jika sudah berhasil, maka anda akan melihat ikon bertuliskan VPN terpampang di notification bar iPhone anda yang letaknya ada di sebelah kiri di samping ikon signal bar.
  8. Anda bisa pergi ke Safari atau browser third party app yang sudah terunduh di iPhone anda untuk membuka website yang sebelumnya tidak bisa anda akses karena diblokir pemerintah. Contohnya adalah Tumblr.

Menggunakan Turbo VPN sangat direkomendasikan bagi anda yang ingin menyembunyikan IP Address iPhone anda karena Turbo VPN merupakan salah satu aplikasi VPN terbaik dengan tingkat keamanan yang tinggi dimana anda tidak perlu khawatir Turbo VPN akan mencuri data-data pribadi anda atau mengirim walmare ke iPhone anda. Perlu dicatat juga jika ada banyak sekali aplikasi VPN yang membahayakan keamanan iPhone anda. Informasi pribadi anda bisa saja diretas oleh aplikasi VPN yang tidak jelas. Oleh karena ini, menggunakan Turbo VPN sangat direkomendasikan.

Demikian artikel mengenai cara menyembunyikan IP Address iPhone ini kami sajikan untuk anda yang sedang mencari cara bagaimana mengakses website yang sudah diblokir pemerintah atau ingin jejak digital anda tidak terpantau saat sedang mengakses internet. Pastikan anda menggunakan aplikasi VPN yang terpercaya. Selamat mencoba dan gunakan internet secara bijak.

, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Tips & Trick