Sponsors Link

4 Cara Agar Hp Tidak Cepat Penuh Memorinya yang Terbukti Berhasil

Sponsors Link

Bagaimana cara agar hp tidak cepat penuh memorinya? Bagi kita para pengguna android maupun iPhone, terkadang tanpa kita sadari tiba-tiba memori hp penuh. Padahal, kita merasa bahwa file atau aplikasi yang ada di hp kita juga tidak terlalu banyak. Bahkan kita tidak menyimpan file ukuran jumbo. Kondisi seperti ini membuat jengkel karena menjadi salah satu penyebab hp lemot saat membuka aplikasi.

ads

Ya, memori hp yang penuh bisa menghambat kinerja smartphone kita. Kita tida bisa leluasa membuka aplikasi maupun file yang kita inginkan. Bahkan untuk kasus yang lebih parah dimana saking tidak pernahnya membersihkan memori internal, menyebabkan hp restart dengan sendirinya. Lalu bagaimana cara agar hp tidak cepat penuh memorinya?

Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah ini. Yang harus anda lakukan bisa mulai dengan cara menghapus aplikasi yang menurut anda jarang digunakan, sampai dengan cara yang tanpa harus menghapus file atau aplikasi penting anda. Bagaimana caranya? Simak penjelasan kami di bawah ini.

1. Pindahkan aplikasi ke memori eksternal

Cara agar hp tidak cepat penuh memorinya bisa anda lakukan dengan cara memindahkan aplikasi maupun juga file ke SD Card atau memori internal. Tidak sedikit orang yang mengabaikan cara ini. Smartphone mereka sudah dilengkapi dengan kemudahan bahwa bisa memindah data maupun aplikasi yang berasal dari memori internal menuju memori eksternal.

Cara yang harus anda lakukan adalah masuk ke menu Pengaturan atau Settings. Setelah itu, anda masuk ke menu Setelan Tambahan – Manajemen Aplikasi – Di Install. Di sana and sudah bisa mencari nama-nama aplikasi yang ingin anda pindahkan. Jika sudah ketemu, maka anda tinggal tab Pindahkan ke SD Card.

Namun, bagi smartphone yang tidak dilengkapi dengan fitur ini, anda bisa mendownload aplikasi penghemat memori. Di dalam aplikasi tersebut sudah tersedia sebuah fitur yang bisa anda gunakan untuk memindahkan aplikasi dari memori internal ke memori eksternal. Dengan begitu, memori anda yang sebelumnya penuh karena aplikasi nanti bisa langsung berkurang secara drastis. Meskipun begitu, pastikan bahwa SD Card anda juga memiliki kapasitas memori yang besar. Jangan sampai malah pemindahan file atau aplikasi tersebut malah membuat memori eksternal anda yang penuh.

2. Pindahkan file ke memori eksternal

Selain memindahkan aplikasi, anda juga bisa memindahkan file-file anda menuju memori eksternal demi menghemat kapasitas yang ada pada memori internal. File tersebut antara lain seperti dokumen, foto, video, gambar, atau animasi. Terkadang orang mengabaikan kapasitas memori internal mereka dan tanpa sadar semua file yang mereka dapatkan langsung disimpan di memori internal.

Jika memori internal sudah penuh, maka sudah tentu akan mengeluarkan notifikasi di smartphone anda yang tidak bisa dihilangkan kecuali anda sudah mengatasinya. Maka dari itu, cara mengatasi memori internal penuh padahal tidak ada aplikasi adalah dengan memindahkan file-file anda menuju memori eksternal. Namun, sama dengan penjelasan pertama bahwa anda harus memastikan kapasitas memori eksternal anda besar.

Kemungkinan file-file anda ada yang berukuran besar, khususnya video jadi jangan sampai malah membuat memori eksternal anda penuh. Bagaimana cara memindahkannya? Berikut ini cara yang harus anda lakukan:

  • Pertama, anda bukan File Manager di smartphone anda.
  • Kedua, anda buka folder yang di dalamnya berisi file-file yang ingin anda pindah. Tidak terfokus pada satu folder saja karena biasanya letaknya sesuai dengan tempat anda menyimpannya.
  • Ketiga, anda pilih file yang ingin anda pindah tersebut. Anda bisa menandainya agar lebih mudah karena bisa memindahkan beberapa file secara bersamaan.
  • Keempat, pilih Move dan anda Paste ke folder tujuan anda yang ada di memori eksternal.

3. Membersihkan file sampah

Untuk  cara agar hp tidak cepat penuh memorinya yang akan kami jelaskan kali ini mungkin yang paling sering diabaikan. Tidak sedikit para pengguna smartphone mengabaikan bahwa aplikasi yang mereka gunakan bisa menimbulkan file sampah. Selain itu, file sampah juga bisa berasal dari file-file yang tidk anda gunakan atau file yang sudah rusak. Semakin lama smartphone digunakan, maka file sampah juga akan semakin banyak.


Kecuali jika memang hp anda termasuk Hp RAM terbesar di dunia dan ROM besar, maka anda tidak khawatir akan hal tersebut. Akan tetapi, untuk anda yang menggunakan smartphone yang memori internalnya tidak terlalu besar, maka segeralah hapus file sampah tersebut. Bagiamana caranya? Ada dua cara yang bisa anda lakukan, yakni dengna menggunakan bantuan aplikasi atau memanfaatkan fitur pada smartphone anda.

Jika menggunkan aplikasi, maka anda bisa mendapatkannya di Play Store. Ada puluhan aplikasi untuk menghemat memori internal yang bisa anda gunakan. Pastikan anda benar-benar menggunakan aplikasi terpercaya agar hasilnya maksimal. Dengan begitu, file-file sampah yang tidak anda sadari tersebut akan secara otomatis di hapus oleh aplikasi sehingga membuat memori internal anda kembali memiliki space yang besar.

4. Menghapus aplikasi

Cara agar hp tidak cepat penuh memorinya yang juga bisa anda lakukan yaitu dengan menghapus aplikasi. Namun bukan sembarang aplikasi yang anda butuhkan. Tidak mungkin juga anda harus menghapus aplikasi android yang berguna untuk sehari-hari. Akan tetapi, jika memang harus maka anda tetap bisa menghapusnya dan nanti anda install kembali.

Yang menjadi prioritas anda yaitu dengan menghapus aplikasi yang tidak anda gunakan. Untuk kasus yang parah, anda juga harus menghapus aplikasi yang memiliki kapisitas paling besar, seperti game. Cara penghapusan aplikasi tersebut tentu anda sudah tahu semuanya. Yang harus anda lakukan adalah tinggal menekan aplikasi tersebut sampai muncul tanda silang dan anda tekan tanda silang tersebut untuk menghapusnya.

Cara lain yaitu dengan langsung menekan aplikasi dan menggesernya ke layar atas sampai muncul ikon sampah. Untuk aplikasi yang sering anda gunakan, anda bisa menghapusnya dan nanti anda install kembali. Dengan begitu, file-file sampah yang tidak sempat dihapus akan secara otomatis hilang dan membuat aplikasi anda tersebut memiliki kapasitas persis ketika pertama kali anda mendownloadnya.

, , ,



Oleh :
Kategori : Tips & Trick