Categories: Tips & Trick

5 Cara Charge Baterai LiPo yang Benar

Maraknya penggunaan smartphone di seluruh dunia, mendorong para produsen komponen hp untuk membuat aksesoris yang mampu menunjang penggunaan hp pintar itu sendiri. Salah satu komponen penting yang ada di tiap hp pintar adalah baterai.

Ya, apalah arti sebuah hp canggih seperti Samsung A51 tanpa adanya baterai di dalamnya. Baterai hp saat ini sudah semakin berkembang seiring majunya teknologi. Contohnya adalah baterai berjenis Li-Po.

Li-Po atau yang merupakan kependekan dari Lithium Polymer ini adalah jenis baterai terbaru yang menggantikan baterai Li-Ion biasa. Baterai Li-Po saat ini digunakan di hp-hp yang memiliki unremoveable battery alias baterai tanam seperti Xiaomi Redmi Note 8T.

Baterai Li-Po punya keunggulan dimana ia lebih awet dan punya daya pakai yang terbilang lebih lama ketimbang baterai berjenis Li-Ion. Tak heran jika kemudian baterai Li-Po disematkan di berbagai hp pintar masa kini.

Namun, terlepas dari keunggulan tersebut, baterai tetaplah baterai. Perlu perawatan khusus agar ‘masa hidup’ baterai bisa bertahan lama. Salah satunya adalah dengan memperhatikan bagaimana cara charge baterai LiPo yang benar seperti yang akan kami ulas di bawah ini.

1. Tidak perlu charge terlalu lama saat pertama kali digunakan

Jika dulu membutuhkan waktu 6 hingga 8 jam untuk mengisi ulang daya baterai berjenis Li-Ion, maka teori tersebut dipatahkan dengan hadirnya baterai berjenis baru, Li-Po. Baterai Lipo tidak membutuhkan teori seperti itu lagi.

Ya, baterai hp sudah berkembang sangat maju. Anda tidak perlu lagi mengikuti saran untuk mengisi ulang daya baterai dalam kurun waktu 6 hingga 8 jam di baterai Li-Po karena cara seperti itu tidak akan berguna di baterai Li-Po.

Hp pintar masa kini seperti Asus Zenfone Max Pro M2 sudah dibekali dengan baterai Li-Po yang terbilang canggih. Berbeda jauh dengan hp tanpa sistem operasi di dalamnya dimana baterai yang digunakan berjenis NiCad dan NiMH sehingga membutuhkan proses pengisian 6 hingga 8 jam.

2. Tidak perlu takut overcharge

Salah satu kebiasaan yang umumnya dilakukan para pengguna hp pintar seperti Oppo F7 adalah membiarkan hp mereka melakukan proses charging selama berjam-jam meskipun baterai sudah terisi penuh. Apakah anda salah satunya?

Bukan tanpa alasan kebiasaan ini terjadi. Proses charging yang dilakukan malam hari sebelum tidur membuat para pengguna kelupaan untuk mencabut hp mereka yang sudah terisi penuh. Hal ini kemudian menjadi dilema. Apakah aman membiarkan hp di-charge selama berjam-jam?

Anda tidak perlu cemas karena baterai Li-Po punya kemampuan untuk memutuskan aluran listrik dengan hp saat proses charging sudah selesai. Kemampuan ini akan membuat hp anda terhindar dari overcharging sehingga anda tidak perlu mencemaskannya.

3. Jangan mainkan hp saat charging

Baterai adalah komponen yang krusial. Salah merawatnya, anda bisa mengalami kerusakan baterai yang berujung pada penggantian baterai rusak ke baterai baru. Tentunya, perlu merogoh kocek untuk proses pergantian tersebut.

Tidak ingin hal itu terjadi khususnya di hp anda dengan baterai Li-Po di dalamnya? Maka cara merawat baterai Li-Po yang satu ini jangan sampai anda lewatkan.

Memainkan hp saat proses charging sedang dilakukan sangat tidak direkomendasikan karena suhu baterai akan meningkat sehingga baterai menjadi panas. Jika dilakukan terus-menerus, kebiasaan seperti ini akan memperpendek umur baterai Li-Po anda.

Kenapa? Karena baterai akan kehilangan kapasitasnya sedikit demi sedikit seiring seringnya anda memainkan hp saat proses charging sedang berjalan. Kemungkinan terburuknya, komponen baterai bisa rusak.

4. Selalu gunakan charger original

Salah satu faktor yang membuat baterai Li-Po tidak awet adalah penggunaan charger yang tidak original alias KW. Menggunakan aksesoris KW seperti charger sangat tidak direkomendasikan.

Charger KW punya output yang tidak sesuai dengan hp. Inilah alasan mengapa baterai hp khususnya baterai berjenis Li-Po menjadi rusak setelah penggunaan charger KW selama berkali-kali.

Kami menyarankan anda untuk menggunakan charger hp bawaan yang ada di paket pembelian. Kehilangan charger hp bawaan? Anda bisa menggunakan charger hp pihak ketiga yang terpercaya seperti Aukey, Anker, Ugreen, dan masih banyak lagi.

5. Charge pada kondisi 50%

Beberapa pakar teknologi menyarankan untuk melakukan pengisian ulang daya baterai saat baterai menyentuh 50% bukan 20% atau saat baterai nyaris habis.

Kami menyarankan anda untuk melakukan cara ini karena baterai berjenis Li-Po tidak masalah jika di-charge terus menerus. Hal ini tidak akan merusakan komponennya karena baterai Li-Po memang didesain seperti itu.

Cara Merawat Baterai Li-Po

Setelah membahas cara charge baterai LiPo yang benar, kami punya beberapa cara merawat baterai Li-Po agar hp anda seperti Realme C2 yang sudah disematkan baterai Li-Po di dalamnya ini punya ‘masa hidup’ yang awet.

  • Jangan biarkan hp mati

Beberapa pengguna hp pintar kerap membiarkan hp mereka mati karena kehabisan daya baterai dan terlalu malas untuk mengisi ulangnya. Ini adalah kebiasaan buruk yang sangat tidak direkomendasikan karena baterai akan kehilangan kapasitasnya.

Baterai yang dengan cepat tergerus kapasitasnya akan membuatnya cepat rusak. Tentu anda tidak ingin hal itu terjadi bukan? Jika iya, maka jangan membiarkan hp anda mati total karena kehilangan daya baterai

  • Usahakan baterai ada di suhu yang normal

Hp pintar kerap menjadi andalan untuk mengakses aplikasi maupun game berat. Didukung dengan chipset gahar, tentu hal ini membuat para pengguna hp pintar seakan tak terlepas dari hp kesayangan mereka.

Namun, buat anda yang ingin baterai Li-Po anda awet, anda bisa menerapkan cara yang satu ini. Usahakan untuk menjaga suhu baterai anda pada kondisi normal agar baterai menjadi tidak boros.

Suhu baterai yang terlalu panas punya peluang untuk merusak komponen baterai dan komponen-komponen di sekitar baterai lainnya. Caranya adalah dengan menghindari penggunaan hp di bawah sinar matahari yang terik dan menggunakan aplikasi berat dalam jangka waktu yang terlalu lama.

Itu dia beberapa cara charge baterai LiPo yang benar. Kami merekomendasikan anda untuk menerapkan cara ini agar kualitas baterai Li-Po di hp pintar anda seperti Infinix tetap prima.

Dio Pratama

Recent Posts

7 Cara Mengatasi Sinyal 4G Tiba-tiba Hilang Paling Ampuh

Cara mengatasi sinyal 4G tiba-tiba hilang menjadi topik yang paling sering ditanyakan pengguna smartphone yang mengalami masalah konektivitas ini. Ya,…

2 years ago

Content Creator Wajib Tahu, Ini 5 Perbedaan TikTok dan Snack Video

Seiring berkembangnya jaman, ragam platform media sosial baru pun kian bermunculan. Jika satu dekade lalu Facebook, Twitter, dan Instagram mendominasi,…

2 years ago

6 Cara Mengatasi Kamera Terbalik saat Video Call

Cara mengatasi kamera terbalik saat video call seringkali membuat banyak pengguna kebingungan. Padahal, permasalahan seperti ini bisa diperbaiki dengan mudah.…

2 years ago

6 Penyebab Kamera WhatsApp Ngezoom Saat Video Call

Penyebab kamera WhatsApp ngezoom menjadi pertanyaan banyak orang yang mengalami error pada aplikasi chatting satu ini. Ya, selama ini WhatsApp…

2 years ago

Perbedaan Redmi 4A 5A dan 6A, Pilih Mana?

Penasaran apa saja perbedaan Redmi 4A 5A dan 6A? Ketiganya merupakan seri entry-level besutan Xiaomi yang cukup laris manis di…

2 years ago

7 Aplikasi Jual Beli NFT Paling Untung dan Terpercaya

Aplikasi jual beli NFT menjadi opsi yang menggiurkan untuk menghasilkan uang di interner. Tren NFT yang berkembang membuat beberapa aplikasi…

2 years ago