Categories: Tips & Trick

Hp Xiaomi Kena Air Touchscreen Tidak Bisa, Bagaimana Solusinya?

Siapa tak kenal Xiaomi? Sebagai sebuah vendor yang berhasil menguasai pasar ponsel dunia, Xiaomi punya kualitas yang bukan kaleng-kaleng. Terkenal akan varian hp androidnya yang dibanderol sangat murah, Xiaomi sudah punya jutaan pengguna yang tersebar di seluruh dunia. Indonesia adalah salah satu negara dengan pengguna Xiaomi terbanyak.

Berbagai hp pintar kerap dirilis Xiaomi di waktu yang selalu berdekatan. Mulai dari hp entry level hingga high end seperti Xiaomi Mi Note 10 Pro, semua dimiliki Xiaomi. Di Indonesia sendiri, varian entry level dari Xiaomi yang dikenal dengan nama “Redmi” selalu laris manis di pasaran.

Bukan tanpa alasan, Redmi punya fitur menggoda yang uniknya punya harga murah bahkan jauh di bawah harga produk kompetitornya seperti Samsung dan Oppo. Tak heran jika kemudian seri Redmi begitu diidolakan dan selalu ditunggu-tunggu penerusnya. Seiring berjalannya waktu, Xiaomi terus melakukan terobosan terhadap varian Redmi.

Berbicara tentang Xiaomi, terlepas dari bagaimana suksesnya vendor asal China tersebut, para pengguna Xiaomi cukup sering mengeluhkan masalah di hp mereka. Salah satunya adalah masalah dimana touchscreen hp tidak berfungsi. Pernah atau sedang mengalami masalah ini?

Penyebab Touchscreen Hp Xiaomi Tidak Berfungsi

Tercatat, ada beberapa penyebab mengapa touchscreen di hp Xiaomi anda seperti Xiaomi Redmi 7 tidak berfungsi. Ini dia beberapa di antaranya:

  • Menggunakan tempered glass yang terlalu tebal

Tempered glass memang memberikan proteksi tambahan terhadap hp android anda. Terlebih, tempered glass punya material kaca yang tebal sehingga layar hp menjadi lebih aman.

Sayangnya, pada beberapa kasus, tempered glass yang terlalu tebal membuat touchscreen menjadi tidak sensitif sehingga tidak dapat merespon sentuhan.

  • Masalah pada LCD

LCD yang bermasalah menjadi salah satu penyebab mengapa touchscreen hp Xiaomi tidak berfungsi. LCD adalah komponen penting di dalam hp pintar masa kini. Jika rusak, maka touchscreen akan menunjukkan gejala error bahkan tidak berfungsi sama sekali.

  • Menggunakan charger abal-abal

Penggunaan charger yang bukan original sangat tidak direkomendasikan. Charger non original punya aliran listrik yang tidak sesuai dengan hp Xiaomi anda sehingga charger tersebut punya peluang untuk membuat touchscreen di hp Xiaomi loncat-loncat dan yang paling parah, tidak berfungsi sama sekali.

  • Terkena air hujan

Air masih menjadi musuh utama hp Xiaomi jika ia belum dipersenjatai dengan teknologi anti air. Hp yang terkena atau lebih parahnya terendam air akan merusak komponen-komponen penting hp tersebut. Salah satunya adalah touchscreen. Lalu, bagaimana jika hp Xiaomi sudah terlanjut terkena air?

Solusi Agar Touchscreen Hp Xiaomi Berfungsi Kembali

Jika anda menemui masalah dimana touchscreen hp Xiaomi anda tidak berfungsi setelah terkena air, maka anda tidak perlu cemas karena kami punya beberapa cara untuk untuk mengatasi touchscreen tidak berfungsi di hp Xiaomi setelah terkena atau terendam air. Ini dia cara-caranya.

1. Restart Hp

Cara paling mudah yang bisa anda gunakan pertama kali saat hp Xiaomi anda terkena air adalah dengan melakukan restart. Restart hp bekerja dengan mematikan seluruh program yang berjalan di hp sehingga beberapa error ringan bisa diatasi dengan melakukan restart ini. Salah satunya adalah error dimana touchscreen hp tidak berfungsi.

2. Lepas tempered glass

Seperti yang sudah kami sebutkan di atas, tempered glass yang terlalu tebal punya peluang untuk mengurangi tingkat sensitivitas layar. Layar atau touchscreen yang tidak sensitif akan membuatnya tidak berfungsi. Maka dari itu, anda bisa mencoba melepaskan tempered glass di hp Xiaomi anda.

3. Masuk ke Safe Mode

Touchscreen yang tidak berfungsi tentu membuat hp tidak bisa digunakan. Langkah yang bisa anda gunakan adalah dengan masuk ke Safe Mode. Safe Mode adalah fitur yang memungkinkan anda untuk menggunakan hp tanpa software apapun.

Safe Mode bisa diakses dengan menekan dan menahan tombol power hingga muncul pop up opsi untuk pergi ke Safe Mode.

4. Lakukan kalibrasi touchscreen

Sama seperti baterai, touchscreen juga perlu dikalibrasi untuk mengembalikan performa touchscreen. Kalibrasi touchscreen bisa anda lakukan ketika anda menemui masalah dimana touchscreen hp Xiaomi seperti Xiaomi Redmi 4 tidak berfungsi karena hujan.

Caranya cukup mudah. Anda hanya perlu mengunduh aplikasin kalibrasi layar atau touchscreen di Google Play Store. Kami merekomendasikan aplikasi bernama “Touchscreen Calibration”. Jalankan aplikasi tersebut kemudian lakukan test kalibrasi. Setelah itu, restart hp Xiaomi anda.

5. Keluarkan baterai hp

Hp yang terkena air sangat membahayakan komponen-komponen yang ada di hp tersebut. Tak hanya touchscreen, spare parts hp tersebut seperti Xiaomi juga bisa rusak.

Untuk mencegah kemungkinan buruk tersebut, keluarkan baterai hp anda dan biarkan touchscreen dan hp mati selama beberapa saat.

6. Keringkan hp

Sebelum air masuk ke dalam komponen-komponen penting hp Xiaomi, langkah yang harus anda lakukan adalah mengeringkan hp dan pastikan tidak ada lagi air yang terisa.

Cara ini dilakukan dengan tujuan menghindari air masuk ke dalam LCD yang dapat memperparah kondisi touchscreen yang error.

7. Masukkan hp ke dalam beras

Cara mengatasi hp Xiaomi kena air touchscreen tidak bisa yang satu ini mungkin sudah sering anda dengar. Ya, memasukkan hp ke dalam beras adalah cara jitu untuk mengatasi hp yang terkena atau terendam air.

Beras punya kemampuan untuk menyerap partikel-partikel di dalam air sehingga proses pengeringan hp Xiaomi yang terkena air menjadi lebih cepat.

Untuk melakukan cara ini, anda harus membongkar bagian-bagian hp terlebih dahulu agar beras mampu menyerap air di bodi hp dengan mudah.

Hp Xiaomi yang terkena air memang cukup merepotkan dan sering kali membuat para penggunanya panik karena hp beresiko rusak saat sudah terkena air. Itu dia beberapa cara mengatasi hp xiaomi kena air touchscreen tidak bisa yang kami rekomendasikan untuk anda coba. Semoga bermanfaat.

Dio Pratama

Recent Posts

7 Cara Mengatasi Sinyal 4G Tiba-tiba Hilang Paling Ampuh

Cara mengatasi sinyal 4G tiba-tiba hilang menjadi topik yang paling sering ditanyakan pengguna smartphone yang mengalami masalah konektivitas ini. Ya,…

2 years ago

Content Creator Wajib Tahu, Ini 5 Perbedaan TikTok dan Snack Video

Seiring berkembangnya jaman, ragam platform media sosial baru pun kian bermunculan. Jika satu dekade lalu Facebook, Twitter, dan Instagram mendominasi,…

2 years ago

6 Cara Mengatasi Kamera Terbalik saat Video Call

Cara mengatasi kamera terbalik saat video call seringkali membuat banyak pengguna kebingungan. Padahal, permasalahan seperti ini bisa diperbaiki dengan mudah.…

2 years ago

6 Penyebab Kamera WhatsApp Ngezoom Saat Video Call

Penyebab kamera WhatsApp ngezoom menjadi pertanyaan banyak orang yang mengalami error pada aplikasi chatting satu ini. Ya, selama ini WhatsApp…

2 years ago

Perbedaan Redmi 4A 5A dan 6A, Pilih Mana?

Penasaran apa saja perbedaan Redmi 4A 5A dan 6A? Ketiganya merupakan seri entry-level besutan Xiaomi yang cukup laris manis di…

2 years ago

7 Aplikasi Jual Beli NFT Paling Untung dan Terpercaya

Aplikasi jual beli NFT menjadi opsi yang menggiurkan untuk menghasilkan uang di interner. Tren NFT yang berkembang membuat beberapa aplikasi…

2 years ago