Categories: Tips & Trick

4 Cara Mengatasi Jaringan Lemot Saat Hujan

Di era digital seperti saat ini, penggunaan hp pintar bukan hal langka lagi. Hampir semua orang punya hp pintar dari berbagai macam vendor. Sebut saja penguasa android seperti Samsung dan Xiaomi yang punya banyak sekali pengguna yang tersebar di seluruh dunia.

Hp pintar memberikan banyak kemudahan di dalam hidup kita. Hp pintar seperti Samsung A51 mampu mengakomodir segala kebutuhan kita yang diwakilkan oleh hp genggam saja. Hp pintar dari vendor dan seri apa yang anda gunakan?

Ya, terlepas dari betapa canggih dan kerennya hp pintar yang saat ini beredar di pasaran, hp pintar juga punya beberapa masalah yang dikeluhkan penggunanya meskipun terkadang faktor luar menjadi penyebab dari munculnya masalah tersebut. Sebut saja masalah jaringan lemot. Jaringan lemot bukan hal baru lagi di dunia perponselan dunia khususnya di Indonesia dimana para pengguna hp pintar kerap mengeluhkan lemotnya jaringan internet di hp mereka.

Hp yang jaringannya menjadi lemot punya banyak penyebab. Umumnya, pengguna mengeluhkan jaringan lemot saat hujan. Meskipun hp android kekinian sudah disematkan teknologi 4G LTE, tetap saja isu jaringan lemot saat hujan datang masih belum bisa dituntaskan. Jika anda mengalaminya, maka kami rasa artikel ini akan sangat bermanfaat untuk anda.

Penyebab Jaringan Lemot Saat Hujan

Siapa yang tak kesal jika jaringan hp menjadi lemot saat hujan? Buat anda yang kerap menggantungkan keseharian di hp pintar kesayanganya anda seperti Xiaomi Redmi Note 8T, tentu jaringan lemot sangat menjengkelkan karena performa hp menjadi kurang maksimal. Ternyata, ada beberapa penyebab mengapa jaringan lemot saat hujan. Di antaranya adalah:

  • Akibat cuaca buruk

Indonesia adalah negara beriklim tropis. Hujan yang kerap datang di periode waktu tertentu punya andil besar dalam menyebabkan jaringan menjadi lemot. Hal ini terjadi karena tower pemancar sinyal terhalang oleh titik-titik hujan.

  • Banyaknya aplikasi yang berjalan

Menggunakan hp pintar untuk mengakses berbagai macam aplikasi memang menyenangkan. Tapi tahukah anda jika aplikasi-aplikasi yang berjalan tersebut memerlukan jaringan internet. Jaringan yang terus dipaksa bekerja ini kemudian membuat jaringan internet menjadi lemot.

  • Mati listrik

Hujan besar yang disertai kilat dan petir terkadang membuat PLN memutuskan untuk melakukan pemadaman listrik di sejumlah titik. Saat listrik mati, hal ini berpengaruh pada kecepatan jaringan internet di hp pintar.

Cara Mengatasi Jaringan Lemot saat Hujan

Setelah mengetahui beberapa penyebab jaringan menjadi lemot saat hujan, anda tidak perlu cemas karena tercatat ada beberapa cara mengatasi jaringan lemot saat hujan yang bisa anda coba dengan mudah untuk memulihkan kualitas jaringan di hp pintar anda seperti Realme. Berikut kami sajikan cara-caranya.

1. Aktifkan Airplane Mode lalu matikan

Airplane Mode adalah fitur yang pastinya ada di tiap hp pintar. Fitur ini sejatinya digunakan ketika anda berada di dalam pesawat terbang. Namun, anda bisa memanfaatkan Airplane Mode untuk memulihkan kualitas jaringan di hp android maupun iOS ada.

Caranya sangat mudah. Anda hanya perlu pergi ke toogle notification bar berisikan ikon Airplane Mode lalu aktifikan fitur Airplane Mode tersebut. Ikon Airplane Mode umumnya berbentuk pesawat terbang. Saat sudah diaktifkan, diamkan beberapa saat lalu matikan fitur Airplane Mode tersebut.

Airplane Mode bekerja dengan mematikan jaringan internet maupun jaringan seluler provider di hp. Saat dimatikan, Airplane Mode akan me-refresh jaringan sehingga anda akan mendapatkan kekuatan jaringan yang sedikit lebih baik sebelum mengaktifkan dan mematikan fitur Airplane Mode.

2. Atur pengaturan jaringan

Mengalami masalah dimana jaringan menjadi sangat lemot saat hujan? Bisa jadi hal ini disebabkan karena anda berada di lokasi yang minim sinyal. Lokasi yang minim sinyal sendiri punya andil besar dalam membuat jaringan menjadi lemot karena di lokasi tersebut belum tersedia tower pemancar sinyal.

Cara simpel dan mudah untuk mengatasi jaringan lemot saat anda berada di lokasi yang minim sinyal dan lebih buruknya lagi di lokasi tersebut sedang hujan adalah dengan melakukan beberapa konfigurasi pengaturan jaringan. Cara ini bisa dicoba di hp android maupun iOS anda seperti iPhone XS Max.

Silakan pergi ke menu Setting atau Pengaturan, lalu bukan opsi untuk mengubah pengaturan jaringan. Di tahap ini, anda bisa mengotak-atik jenis jaringan internet di hp android anda. Jika sebelumnya anda menggunakan jaringan 4G LTE, coba untuk turunkan ke 3G untuk mendapatkan kualitas jaringan yang lebih baik.

3. Buka SIM card tray

Cara mengatasi jaringan lemot saat hujan selanjutnya yang bisa anda coba adalah dengan membuka SIM card. Cara ini bisa anda gunakan jika masalah jaringan lemot saat hujan belum bisa diatasi. Silakan buka SIM card tray hp android anda kemudian keluarkan SIM card tersebut dari hp anda. Diamkan SIM card selama beberapa waktu lalu masukkan kembali dan aktifkan hp anda.

Langkah ini dinilai mampu me-refresh pembacaan SIM card di hp dimana nantinya anda akan mendapatkan kualitas jaringan yang lebih baik dibanding sebelumnya.

4. Siapkan provider cadangan

Sebagai bentuk antisipasi jika sewaktu-waktu jaringan lemot saat hujan, anda bisa menyiapkan kartu atau provider cadangan yang tangkapan sinyalnya tidak akan terganggu saat hujan. Tercacat, ada banyak provider yang menjanjikan kualitas jaringan super ngebut saat ini. Anda bisa menyesuaikannya dengan lokasi dimana anda berada.

Masalah dimana jaringan hp lemot saat hujan memang cukup menjengkelkan. Itu dia beberapa cara mengatasi jaringan lemot saat hujan yang sudah kami ulas dan sajikan untuk anda yang mengalami lemotnya jaringan hp saat hujan datang. Selamat mencoba dan semoga apa yang kami sajikan ini bermanfaat.

Dio Pratama

Recent Posts

7 Cara Mengatasi Sinyal 4G Tiba-tiba Hilang Paling Ampuh

Cara mengatasi sinyal 4G tiba-tiba hilang menjadi topik yang paling sering ditanyakan pengguna smartphone yang mengalami masalah konektivitas ini. Ya,…

2 years ago

Content Creator Wajib Tahu, Ini 5 Perbedaan TikTok dan Snack Video

Seiring berkembangnya jaman, ragam platform media sosial baru pun kian bermunculan. Jika satu dekade lalu Facebook, Twitter, dan Instagram mendominasi,…

2 years ago

6 Cara Mengatasi Kamera Terbalik saat Video Call

Cara mengatasi kamera terbalik saat video call seringkali membuat banyak pengguna kebingungan. Padahal, permasalahan seperti ini bisa diperbaiki dengan mudah.…

2 years ago

6 Penyebab Kamera WhatsApp Ngezoom Saat Video Call

Penyebab kamera WhatsApp ngezoom menjadi pertanyaan banyak orang yang mengalami error pada aplikasi chatting satu ini. Ya, selama ini WhatsApp…

2 years ago

Perbedaan Redmi 4A 5A dan 6A, Pilih Mana?

Penasaran apa saja perbedaan Redmi 4A 5A dan 6A? Ketiganya merupakan seri entry-level besutan Xiaomi yang cukup laris manis di…

2 years ago

7 Aplikasi Jual Beli NFT Paling Untung dan Terpercaya

Aplikasi jual beli NFT menjadi opsi yang menggiurkan untuk menghasilkan uang di interner. Tren NFT yang berkembang membuat beberapa aplikasi…

2 years ago