Categories: Tips & Trick

7 Cara Mengatasi Hp Kemasukan Air Baterai Tanam

Apakah anda tahu bagaimana cara mengatasi hp kemasukan air baterai tanam? Bagi anda yang hobi bepergian atau sering mengoperasikan hp, terkadang mengalami berbagai kejadian yang tidak diinginkan. Beberapa kejadian tersebut seperti hp jatuh dan bahkan untuk kasus yang lebih parah hp anda kemasukan air. Hp yang sudah kemasukan air harus segera diperbaiki karena jika anda biarkan, nanti bisa merusak berbagai komponen yang ada di smartphone anda tersebut.

Saat ini, bisa dikatakan hp terbagi menjadi dua berdasarkan baterainya. Yakni hp dengan baterai tanam atau non removeable batteray dan juga baterai yang bisa dilepas atau removeable batteray. Sebenarnya, cara mengatasi hp kemasukan air baterai tanam tidak jauh berbeda dengan hp yang masih menggunakan baterai yang bisa dilepas. Hanya saja, terkadang membutuhkan usaha yang lebih ketika hp baterai tanam yang kemasukan air.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Berikut ini kami akan menjelaskan selengkapnya mengenai cara mengatasi hp kena air yang bisa anda lakukan. Namun, jika anda tidak memiliki pengalaman, kami menyarankan agar anda lebih baik membawanya ke tempat servis hp dibandingkan anda harus mengatasinya sendiri.

1. Segera jauhkan hp anda dari air

Cara pertama yang harus anda lakukan ketika smartphone anda terkena air adalah dengan langsung menjauhkannya dari air tersebut. Seringkali orang malah bingung ketika hpnya kemasukan air yang ada di kolam maupun di kamar mandi. Padahal yang perlu dilakukan adalah langsung mengangkatnya agar tidak berlama-lama berada di dalam air.

Apalagi jika hp anda tersebut terkena air asin yang malah akan semakin mempercepat kerusakan pada perangkat smartphone karena sifatnya yang korosif. Korosif merupakan sebuah kerusakan pada logam yang disebabkan oleh reaksi radoks yang menyebabkan pengaratan. Jika suatu perangkat smartphone sudah korofis, maka ia cenderung sulit untuk diperbaiki dan malah anda harus segera menggantinya dengan perangkat atau komponen yang baru.

Maka dari itu, jika secara tidak sengaja hp anda kemasukan air maupun terjatuh di kolam maupun kamar mandi, maka anda harus segera mengangkatnya. Dengan begitu, anda bisa meminimalisir kemungkinan-kemungkinan yang bisa semakin menyebabkan kerusakan pada hp anda.

2. Matikan hp anda

Cara mengatasi hp kemasukan air baterai tanam yang kedua adalah anda harus segera mematikan hp anda. Mengapa anda harus melakukannya? Tujuannya untuk mematikan aliran listrik sehingga mencegah hp anda mengalami konsleting yang malah akan semakin merusak hp anda tersebut. Beberapa kerusakan yang sering terjadi akibat konsleting listrik di hp antara lain kerusakan pada baterai, micro chip, resistor, kapasitor, dan lain sebagainya. Apalagi hp anda menggunakan baterai tanam sehingga resiko kerusakan pada baterai cenderung lebih besar.

Dengan mematikan hp, maka anda akan bisa meminimalisir terjadinya kerusakan pada komponen yang lainnya. Oleh karena itu, jika smartphone anda terkena air, maka segera matikan dan jangan anda buka atau nyalakan. Cara ini juga berlaku sebagai cara mengatasi android restart sendiri yang sudah pernah kami bahas beberapa waktu yang lalu.

3. Lepaskan baterai

Perlu anda tahu bahwa meskipun smartphone anda menggunakan baterai tanam, namun bukan berarti baterainya benar-benar tidak bisa dilepaskan. Maka dari itu, jika hp anda kemasukan air, maka yang harus anda lakukan adalah dengan melepaskan baterainya. Namun, cara melepaskannya tentu tidak seperti baterai pada umumnya dimana anda hanya tinggal membuka casing dan langsung melepaskan baterai smartphone anda tersebut.

Untuk melepaskannya, maka sebelumnya anda harus memiliki peralatan yang dibutuhkan. Selain itu, jika anda tidak memiliki peralatan dan pengalaman di dalam melepaskan baterai tanam, maka kami lebih menyarankan agar anda membawanya ke tempat servis hp terpercaya. Setelah anda selesai melepaskan casing, maka anda mulailah melepaskan kabel yang menghubungkan baterai tanam dengan hp.

Jika anda ingin mengetahui informasi yang lebih lengkap tentang bagaimana cara melepaskan baterai tanam, maka anda bisa mendapatkannya di cara memperbaiki baterai tanam yang bocor. Di sana anda akan mendapatkan panduan tentang apa saja yang harus anda lakukan ketika ingin melepaskan baterai tanam anda.

4. Bongkar hp

Cara mengatasi hp kemasukan air baterai tanam yang keempat adalah dengan membongkar hp anda tersebut. Untuk membongkarnya sebenarnya tidak terlalu sulit asalkan anda memiliki segala peralatan yang dibutuhkan. Lepaskan semua baut dan mur yang ada di hp anda. Anda tentunya sudah harus melepaskan baterai tanam yang sebelumnya sudah kami jelaskan.

Kemudian, anda tinggal menjemur atau mengeringkan smartphone anda tersebut agar supaya semua bagian yang terkena air bisa kering. Ingat, anda harus menjemur smartphone anda dan bukan mengeringkannya menggunakan pengering rambut atau hair dryer. Hal ini nanti malah semakin menyebabkan kerusakan pada smartphone anda yang malah akan lebih sulit untuk diperbaiki karena komponen-komponennya malah tidak bekerja. Selain itu, mengeringkan dengan pengering rambut juga bisa menjadi salah satu penyebab hp bootlop atau bahkan mati total.

5. Memasang kembali semua komponen

Jika anda rasa komponen perangkat smartphone sudah kering, maka cara selanjutnya yang harus anda lakukan adalah dengan merakitnya kembali. Tidak perlu merakit terlalu buru-buru karena yang terpenting semua bagian sudah anda pasang. Jangan lupa untuk mengecek semua peralatan apakah sudah terpasang dengan baik dan rapat sebelum anda mulai menutup casing.

6. Timbun smartphone dengan kertas

Tujuan dari menimbun smartphone anda dengan kertas adalah karena kertas memiliki sifat elektrostatis yang berguna di dalam menyerap air yang mungkin masih tersisa pada hp anda. Selain itu, menggunakan kertas juga bertujuan untuk mengurangi tingkat kelembapan yang mungkin menjadi salah satu penyebab hp anda tidak nyala. Namun sebenarnya cara ini sebagai cara tambahan ketika anda masih belum yakin bahwa semua air sudah kering pada saat anda mengeringkan smartphone anda tersebut.

7. Nyalakan kembali

Cara mengatasi hp kemasukan air baterai tanam yang terakhir adalah dengan menyalakannya kembali. Jika anda melakukan sesuai yang sudah kami jelaskan, maka kemungkinan besar hp anda bisa menyala. Selain itu, jika ternyata kerusakannya sudah terlalu parah atau bahkan airnya sudah membuat banyak perangkat yang berkarat, maka anda harus segera membawanya ke tempat servis terpercaya untuk segera dilakukan perbaikan.

Demikian cara mengatasi hp kemasukan air baterai tanam. Semoga bermanfaat.

Mukhammad Efendi

Recent Posts

7 Cara Mengatasi Sinyal 4G Tiba-tiba Hilang Paling Ampuh

Cara mengatasi sinyal 4G tiba-tiba hilang menjadi topik yang paling sering ditanyakan pengguna smartphone yang mengalami masalah konektivitas ini. Ya,…

2 years ago

Content Creator Wajib Tahu, Ini 5 Perbedaan TikTok dan Snack Video

Seiring berkembangnya jaman, ragam platform media sosial baru pun kian bermunculan. Jika satu dekade lalu Facebook, Twitter, dan Instagram mendominasi,…

2 years ago

6 Cara Mengatasi Kamera Terbalik saat Video Call

Cara mengatasi kamera terbalik saat video call seringkali membuat banyak pengguna kebingungan. Padahal, permasalahan seperti ini bisa diperbaiki dengan mudah.…

2 years ago

6 Penyebab Kamera WhatsApp Ngezoom Saat Video Call

Penyebab kamera WhatsApp ngezoom menjadi pertanyaan banyak orang yang mengalami error pada aplikasi chatting satu ini. Ya, selama ini WhatsApp…

2 years ago

Perbedaan Redmi 4A 5A dan 6A, Pilih Mana?

Penasaran apa saja perbedaan Redmi 4A 5A dan 6A? Ketiganya merupakan seri entry-level besutan Xiaomi yang cukup laris manis di…

2 years ago

7 Aplikasi Jual Beli NFT Paling Untung dan Terpercaya

Aplikasi jual beli NFT menjadi opsi yang menggiurkan untuk menghasilkan uang di interner. Tren NFT yang berkembang membuat beberapa aplikasi…

2 years ago