Categories: Tips & Trick

Cara Mengubah Jaringan 3G Menjadi 4G Paling Mudah

Kini semua orang hampir sudah menggunakan smartphone. Apalagi kini sudah banyak hp android buat game di bawah 2 juta. Perkembangan teknologi yang sangat pesat memang pada akhirnya membuat hampir semua orang membutuhkannya. Perkembangan teknologi ini juga yang membuat handphone kini tidak hanya digunakan sebagai alat komunikasi semata. Saat ini smartphone pun digunakan sebagai salah satu cara untuk mengakses internet. Itulah mengapa kini kebutuhan akan akses internet yang cepat menjadi sangat dibutuhkan.

Perkembangan teknologi jaringan komunikasi yang kini sudah memasuki generasi ke 4 (4G) membuat akses kita ke internet menjadi lebih cepat. Meskipun bisa dibilang teknologi baru, namun kini hampir semua perangkat komunikasi yang ada sudah mendukung teknologi ini. Perubahan dari 3G ke 4G ini membuat banyak orang yang mencari cara mengubah jaringan 3G menjadi 4G pada perangkat mereka. Smartphone yang mendukung jaringan 4G  juga menjadi smartphone rekomendasi Hp terbaik untuk remaja.

Salah satu alasan teknologi 4G ini sangat memikat banyak orang adalah karena teknologi ini dianggap memiliki kecepatan akses yang lebih cepat jika dibandingkan dengan para pendahulunya seperti 3G. Pada jaringan 4G, kita bisa mendapatkan kecepatan akses bahkan mencapai 100 Mbps. Ini jelas akan memberikan banyak manfaat bagi para penggunanya. Smartphone yang tidak bisa mengakses jaringan 4G bisa menjadi penyebab koneksi internet lambat di android.

Karena masih tergolong teknologi baru, teknologi 4G ini pun masih memiliki beberapa kelemahan kecil. Beberapa masalah yang ada pada jaringan 4G misalnya adalah belum semua daerah tercover oleh jaringan 4G ini. Hal lain yang juga masih harus diperhatikan adalah belum semua perangkat bisa mengakses jaringan 4G ini. Bahkan di beberapa tempat, jaringan 4G pun masih belum terlalu maksimal dalam penggunaanya. Ketidakstabilan ini membuat kadang sinyal 4G yang ditangkap smartphone kita melemah dan membuat smartphone kita hanya menangkap sinyal 3G. ini merupakan masalah yang sering terjadi. Lalu bagaimana cara mengubah jaringan 3G menjadi 4G pada smartphone kita?.

Sebelumnya, ad hal yang harus kita perhatikan jika akan mengubah settingan jaringan pada perangkat smartphone kita dari 3G ke 4G. Beberapa hal tersebut adalah

  • Pastikan perangkat kita sudah bisa digunakan pada jaringan 4G
  • Pastikan kita berada di tempat yang sudah tercover oleh signal 4G

Setelah memastikan 2 hal tersebut, maka cara mengubah jaringan 3G menjadi 4G pada smartphone kita secara umum ada 2 cara, yaitu :

  • Setting jarigan manual

Cara ini merupakan cara pertama yang bisa kita lakukan. Cara nya pun cukup mudah. Kita hanya perlu masuk ke menu Pengaturan pada smartphone kita. Setelah itu, kita masuk ke menu SIM Cards & Mobile Networks lalu pilih Mobile Networks pilih menu Preferred Network Type kemudian pilih Prefer LTE. Setelah itu maka smartphone kita akan mendapatkan signal 4G. Ini merupakan cara umum yang hampir bisa digunakan pada semua jenis dan merk smartphone.

  • Dial

Selain dengan cara setting jaringan manual, cara lain yang juga bisa kita gunakan adalah dengan cara melakukan dial. Cara nya cukup dengan melakukan dial ke *#*#4636#*#* (tidak usah menekan tombol call) Lalu pilih phone information ( Untuk smartphone yang memiliki dual sim maka akan muncul pilihan phone information 1 dan phone information 2. Pilih sesuai dengan SIM yang akan dirubah settingannya). Setelah masuk ke menu phone information maka pilih LTE only pada kotak tipe jaringan. Secara otomatis jaringan pada smartphone anda pun akan berubah menjadi 4G. Ini juga cara yang umum digunakan pada hampir semua jenis dan merk smartphone.

Selain dengan dua cara umum di atas, masih ada cara lain untuk mengubah jaringan 3G menjadi 4G. Ini merupakan cara mengubah jaringan dari 3G ke 4G berdasarkan merk smartphone. Mungkin cara ini tidak bisa digunakan pada semua merk handphone. Cara tersebut adalah:

  1. Lenovo

Untuk mengubah jaringan 3G menjadi 4G pada smartphone merk Lenovo cara yang bisa dilakukan adalah masuk ke menu Settings, lalu pilih Mobile Networks, setelah itu pilih Preferred Networks lalu pilih LTE.

  1. Samsung

Ada 2 cara untuk mengubah jaringan 3G menjadi 4G pada smartphone merk Samsung. Cara pertama adalah dengan dial ke nomor *#2263# lalu akan muncul LTE band lalu pilih All LTE. Setelah itu hapus semua setting GSM dan WCDMA kemudian klik Apply.

Cara ke 2 adalah dengan menggunakan UI grace. Dengan cara masuk ke menu Settings lalu pilih Connections lalu pilih Mobile Networks. Pada menu Mobile Networks, pilih LTE/3G/2G untuk bisa mengakses jaringan 4G pada smartphone Samsung anda. Ini merupakan salah satu kelebihan dan kekurangan Samsung M2o yaitu mendukung jaringan 4G.

  1. Asus

Pada smartphone merk Asus, cara yang bisa digunakan untuk mengubah jaringan dari 3G ke 4G adalah dengan cara masuk ke menu Setting lalu pilih Setting Seluler lalu pilih Preferred Network Type. Pilih 2G/3G/4G untuk mendapatkan jaringan 4G pada smartphone Asus.

  1. Xiaomi

Salah satu cara mengatasi hp Xiaomi Redmi 4x Lemot adalah dengan mengubah setting jaringanya pada jaringan 4G. Pada smartphone Xioami ada du acara untuk mendapatkan jaringan 4G. Cara pertama adalah dengan masuk ke menu Setting lalu pilih Sim Cards & Mobile Networks lalu pilih SIM 1 atau 2 (tergantung SIM mana yang akan kita ubah) lalu pilih Preferred Networks Type lalu pilih Prefer LTE.

Sementara cara ke dua adalah dengan melakukan dial ke *#*#4636#*#* pilih phone information. Pada kotak Network type pilih LTE only untuk mendapatkan akses 4G pada smartphone xiaomi

  1. Oppo

Cara mengubah jaringan 3G menjadi 4G pada smartphone oppo juga terdiri dari dua cara. Cara pertama adalah dengan menggunakan menu setting lalu pilih preferred network type lalu pilih 2G/3G/4G untuk mendapatkan jaringan komunikasi 4G.

Cara kedua yang bisa digunakan untuk mendapatkan jaringan komunikasi 4G pada smartphone oppo adalah dengan cara dial ke no *#*#4636#*#*. Lalu akan muncul menu informasi telepon. Pada kotak network type pilih LTE only untuk mendapatkan jaringan 4G pada smartphone oppo.

Itulah beberapa cara mengubah jaringan 3G menjadi 4G pada berbagai merk dan jenis smartphone yang bisa kita coba.

Gilang Pratama

Recent Posts

7 Cara Mengatasi Sinyal 4G Tiba-tiba Hilang Paling Ampuh

Cara mengatasi sinyal 4G tiba-tiba hilang menjadi topik yang paling sering ditanyakan pengguna smartphone yang mengalami masalah konektivitas ini. Ya,…

2 years ago

Content Creator Wajib Tahu, Ini 5 Perbedaan TikTok dan Snack Video

Seiring berkembangnya jaman, ragam platform media sosial baru pun kian bermunculan. Jika satu dekade lalu Facebook, Twitter, dan Instagram mendominasi,…

2 years ago

6 Cara Mengatasi Kamera Terbalik saat Video Call

Cara mengatasi kamera terbalik saat video call seringkali membuat banyak pengguna kebingungan. Padahal, permasalahan seperti ini bisa diperbaiki dengan mudah.…

2 years ago

6 Penyebab Kamera WhatsApp Ngezoom Saat Video Call

Penyebab kamera WhatsApp ngezoom menjadi pertanyaan banyak orang yang mengalami error pada aplikasi chatting satu ini. Ya, selama ini WhatsApp…

2 years ago

Perbedaan Redmi 4A 5A dan 6A, Pilih Mana?

Penasaran apa saja perbedaan Redmi 4A 5A dan 6A? Ketiganya merupakan seri entry-level besutan Xiaomi yang cukup laris manis di…

2 years ago

7 Aplikasi Jual Beli NFT Paling Untung dan Terpercaya

Aplikasi jual beli NFT menjadi opsi yang menggiurkan untuk menghasilkan uang di interner. Tren NFT yang berkembang membuat beberapa aplikasi…

2 years ago